Rabu, 19 Oktober 2016

[ FOR FUN ] Oregairu : Isshiki Iroha's Love Story




  Artikel ini sebenarnya by request, dari Yui hingga Yukino. Anda juga bisa memeriksa kebenarannya lewat keterangan chapter berapa dan volume berapa info tersebut ada. Jadi, kali ini saya akan menjelaskan seperti apa kisah cinta dari Isshiki Iroha, namun versi sederhananya.

  Seperti biasanya, anda tidak harus percaya sepenuhnya. Karena karakter Isshiki Iroha ini baru dikenalkan dalam 5 volume terakhir (8-11), maka jangan harap pembahasannya sepanjang Yui. Jadi, apakah anda sudah siap?



Sebenarnya, Hachiman mengenal Iroha itu di bulan Juni, tepatnya Turnamen Judo Untuk Pemula, vol 7.5 side B. Hachiman tidak tahu siapa gadis tersebut. Waktu itu, Yui memanggilnya "Iroha-chan", dan juga jabatannya sebagai manajer Klub Sepakbola.

Yang membuat ini menjadi janggal, di vol 8 chapter 2, Hachiman tahu kalau nama lengkapnya adalah Isshiki Iroha. Mudah sekali menarik kesimpulan kalau setelah Turnamen Judo, Hachiman stalker Iroha dengan mencari nama lengkapnya. Sekedar info, lapangan latihan Klub Sepakbola mudah sekali dilihat dari jendela Klub Relawan. Juga, Hachiman selalu parkir sepedanya melewati gerbang samping, vol 2 chapter 4, dan gerbang samping berdekatan dengan lapangan sepakbola, vol 10 chapter 4. Jadi, Hachiman ini sebenarnya sering melihat Iroha dalam kesehariannya, tapi tidak tahu namanya, lalu mencaritahu nama lengkapnya setelah Turnamen Judo.

Dalam vol 8 chapter 4, Hachiman membuat sebuah gerakan yang mengejutkan. Hachiman berjanji kepada Iroha jika situasinya sudah mendesak, maka Hachiman akan melakukan sesuatu untuk Iroha. Bandingkan dengan semua keterangan Iroha, tidak ada satupun orang yang peduli kepadanya, para gadis di kelasnya membully-nya dan menyebutnya gadis genit. Faktanya, di vol 8 chapter 2 sendiri, Hachiman melabeli Iroha sebagai gadis genit dan berbahaya.

Disini, timbullah 'feeling' Iroha kepada Hachiman. Hachiman terlihat sebagai pria yang akan berkorban demi dirinya, sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya. Namun, bukankah ini sama saja dengan kesan Yui ke Hachiman? Lalu untuk apa Watari membuat karakter ini? Well, kita simpan dulu jawabannya.

Di vol 8 chapter 5, Hayama memberikan petunjuk yang menarik, yaitu Iroha itu adalah gadis yang sedang mencari cintanya. Artinya, kandidat siapa prianya bisa saja lebih dari satu...



Teka-teki mengapa Iroha menerima saran Hachiman untuk terus maju menjadi kandidat Ketua OSIS, terjawab, vol 9 chapter 1. Disini, Iroha benar-benar memanfaatkan posisinya sebagai Ketua OSIS untuk meminta bantuan si pria, masalahnya si pria itu adalah Hachiman. Mari kita pikirkan secara logis.

Dengan membiarkan Yukino maju menjadi kandidat, maka request terpenuhi. Masalahnya, Iroha tidak punya alasan logis untuk bertemu setiap hari dan mendekati Hachiman jika posisinya sebagai manajer Klub Sepakbola. Untuk mendekati Hayama, cukup mudah, karena dia masih menjabat manajer Klub Sepakbola.

Mudah saja bagi Iroha menebak untuk siapa Hachiman membujuknya. Yui pasti kalah dalam pemilihan, serius, jurkamnya Miura, dan semua gadis dan pria di SMA Sobu ketakutan dengan Miura. Jelas Hachiman melakukannya untuk Yukino. Menjadi masuk akal di vol 11 chapter 1 Iroha berbisik-bisik ke Hachiman untuk melaporkan kalau Yukino selama ini tidak menyukainya. Iroha tahu kalau Yukino ada perasaan ke Hachiman.

Termotivasi oleh kata-kata Hachiman kalau dirinya menginginkan orang yang bisa dipahami (genuine stuff), Iroha mengungkapkan perasaannya ke Hayama, berpikir kalau gadis yang terbuka akan perasaannya kepada si pria akan mendapatkan nilai tambah tersendiri. Iroha ditolak oleh Hayama, vol 9 chapter 8, menurut Hayama cinta Iroha bukan untuknya, tapi benarkah begitu?

Alasan Hayama jelas bohong, ini baru terjelaskan di vol 10 chapter 7. Hayama menolak Iroha agar hubungan baik dengan Miura terjaga, Hayama butuh Miura agar tidak ada gadis yang berani menembaknya.

Di vol 9 chapter 9, terjadi sebuah kejanggalan. Untuk ukuran seorang gadis yang ditolak, Iroha cepat sekali move on, esok harinya langsung sembuh. Ini artinya, hanya ada satu kemungkinan: Hayama bukanlah satu-satunya pria yang disukai Iroha.

Di titik ini, kita bisa ambil kesimpulan kalau memang benar Hachiman adalah pria yang lain, maka tidak lama lagi Hachiman akan ditembak oleh Iroha.



Volume 10 chapter 3, ada kejanggalan disini. Iroha menanyakan ke Yukino tentang kebenaran gosip pacaran Yukino-Hayama. Apa yang janggal? Bukankah ini normal? Jika anda dalam posisi Iroha dan sudah tahu Yukino seperti apa, bukankah paling logis jika bertanya ke Hayama daripada Yukino soal gosip itu? Bahkan Hachiman menyebut tindakan Iroha ini seperti menginjak ranjau darat.

Sebenarnya, kesimpulannya mudah. Iroha datang ke Klub Relawan dan bertanya tentang gosip itu ke Yukino, hanyalah alasan semata. Buktinya, Iroha sebenarnya datang lebih dulu dan berduaan dengan Yukino, tapi memilih untuk menanyakan pertanyaan itu setelah Hachiman datang. Artinya, Iroha hanya menjadikan itu sekedar alasan untuk bertemu Hachiman. Tujuan utamanya datang ke Klub Relawan, menjebak Hachiman untuk membuat janji kencan dengannya. Masalah Yukino pacaran atau tidak, persetan dengan itu. Iroha punya koneksi ke Tobe dan Hayama melalui Klub Sepakbola, mudah sekali mencari informasi valid apakah Hayama pacaran dengan Yukino atau tidak. Maksud saya begini, Iroha bisa saja langsung tanya ke Tobe, tapi dia memilih untuk mendatangi Yukino.




Disini perbedaan Iroha dengan Yui, Iroha membiarkan Hachiman lead kencannya, sehingga Iroha tahu apa saja yang disukai Hachiman. Banyak info bagus disini, misalnya Hachiman suka makan di warung-warung terpencil, favoritnya ramen, suka main pingpong, suka mendatangi toko buku dan perpustakaan, dll. Anda bandingkan dengan kencan Yui-Hachiman di vol 5 chapter 6. Bahkan, ini masih lebih baik daripada kencan Yukino-Hachiman di vol 3 chapter 4.

Sebenarnya perbedaannya terlihat jelas, Iroha sebelum 'menembak' Hachiman, mencoba mengenal lebih jauh siapa Hachiman yang sebenarnya. Bandingkan prosesnya dengan Yui yang hendak menembak Hachiman di vol 5 chapter 6, kesan Yui ke Hachiman sama persis dengan kesan Yui terhadapnya di volume-volume awal.

Kadang saya berpikir, mengapa Iroha melakukan sampai sejauh ini? Mudah jika kita melihat vol 8 chapter 8. Ketua OSIS berwenang mengesahkan anggaran Klub-Klub di SMA Sobu. Artinya, Iroha punya akses untuk melihat data Klub Relawan. Disitu diketahui, Klub Relawan baru dibentuk ketika Hachiman kelas 2, Yukino masuk lebih dulu dan menjadi ketuanya, lalu Hachiman bergabung. Karena beda kelas, mudah saja menyimpulkan Hachiman dan Yukino kenal dari Klub Relawan. Artinya, Iroha harus mengejar 'kalah startnya' dalam mengenal siapa Hachiman yang sebenarnya, dengan memanfaatkan kencan ini sebaik-baiknya.

Bagaimana jika Klub Relawan sudah berdiri sejak kelas 1? Mustahil, pasti ditutup karena member hanya satu (Yukino). Minimal member adalah tiga orang. Kesimpulannya, Klub Relawan berdiri sejak Yukino dan Hachiman menginjak kelas 2.

Impian Hachiman ketika kuliah akan berpacaran, jelas tidak membuat Iroha curiga, vol 10.5 chapter 1, karena Iroha tidak tahu kalau Yukino-Hachiman sudah membuat janji untuk kuliah bersama. Soal Yukino yang ragu akan masa depannya sebagai Ibu Rumah Tangga? Iroha juga sudah berbisik ke Hachiman, menyarankannya untuk menjadi editor. Tidak lupa juga, Iroha ingin menikah dengan editor nantinya.



Volume 11, event memasak coklat, skenario terbesar Iroha...

Banyak sekali kejanggalan dan kebetulan dalam event ini. Misalnya, kekurangan instruktur, malah meminta bantuan Haruno, padahal Iroha sendiri jago membuat kue. Okelah, mungkin karena Haruno memang memesan slot jika ada event melibatkan Hachiman-Yukino.

Kejanggalan kedua, Iroha mengundang SMA Kaihin, dengan alasan uang retribusinya bisa membantu keuangan panitia event. Ini jelas bohong, karena di  vol 10.5 chapter 3, Iroha butuh event untuk buang-buang uang anggaran OSIS.

Kejanggalan ketiga, kenapa hanya Kaori yang kekurangan cetakan coklat? Serius, dari seluruh peserta di event, hanya Kaori? Kita tahu dari vol 11 chapter 3, ada dua orang yang bertanggungjawab dalam distribusi peralatan memasak: Yukino dan Iroha. BTW, kedua-duanya tahu kalau Kaori adalah musuhnya juga.

Jika ketiga kejanggalan tersebut digabungkan dengan fakta kalau coklat Iroha adalah coklat yang pertamakali diterima oleh Hachiman, vol 11 chapter 6, maka semuanya menjadi jelas. Karena Yukino menjadi instruktur, jelas coklat Yukino akan jadi paling akhir. Kaori sengaja diundang untuk memastikan kalau Hachiman tidak menerima coklat Valentine selain dari dirinya. Iroha tidak akan tahu kapan Kaori akan memberikan coklatnya ke Hachiman. Tapi jika diundang ke event memasak coklat, siapapun akan berpikir untuk membuat coklatnya sekaligus di event ini, termasuk Kaori. Jadi Iroha sengaja sabotase dengan tidak memberi Kaori cetakan coklat, sehingga coklat milik Kaori tidak akan menjadi yang pertama, karena harus meminjam cetakan coklat dari peserta yang lain.

Harus kita akui, sabotase ini berjalan sukses, dan coklat Valentine dari Isshiki Iroha  adalah coklat Valentine pertama yang pernah Hachiman terima. Ini sama saja dengan mengatakan kalau Iroha menyukai Hachiman, masalahnya...Apakah Hachiman sadar?

Sialnya, esok harinya Hachiman sadar dan tahu kalau dia akan menerima coklat Valentine dari Yukino, vol 11 chapter 7.

Mungkin, coklat Valentine Iroha ini satu-satunya hal yang bisa menjadi rintangan di volume 12. Yui? Kita semua tahu kalau Watari sudah membuat ending alternatifnya. Tapi yang saya nantikan jika benar-benar terwujud, adalah Haruno vs Hachiman! Duel dari dua Raja Tiran!

5 komentar:

  1. sangat sangat menarik min ^^

    BalasHapus
  2. Min hachiman yang sekarang(vol10keatas) apakah sama dengan hachiman yang waktu pas kelas 2smp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hachiman yang sekarang, mulai mirip dengan Hayama yang ada di pikiran Hachiman di awal novel.

      Hapus
  3. Iroha love story...
    Kek nama dojinshi hentai

    BalasHapus