Minggu, 02 Oktober 2016

[ FOR FUN ] Oregairu : Kebenaran motif para kandidat Ketua OSIS




  Kembali di artikel for fun, dimana kebenarannya akan selalu dipertanyakan, dan akan selalu membuat kontroversi dalam pikiran kita semua.

  Kali ini, kita akan membahas tentang kebenaran pencalonan ketiga gadis ini sebagai kandidat Ketua OSIS. Tepatnya Isshiki Iroha, Yukinoshita Yukino, dan Yuigahama Yui.

  Kadang, saya bash alias menghajar karakter karena motif terselubung, terasa sangat kasar dan terlalu memojokkan. Saya yakin pembaca semuanya merasakan hal itu. Tapi, saya selalu memberikan dasar-dasar alasannya mengapa bisa begitu. Bukan sekedar mengatakan ini tapi tidak memiliki alasan yang jelas.




  Alasan Hachiman untuk bergerak di Pemilihan Ketua OSIS sebenarnya sudah terjadi di vol 8 chapter 6, di ruang guru setelah Hachiman mendengarkan info dari Hiratsuka-sensei. Hachiman memutuskan kalau dirinya tidak ingin Yukino mencalonkan dirinya menjadi Ketua OSIS. Hachiman merasa tindakan Yukino tersebut bukanlah Yukino yang dia kenal selama ini.






JADI, APA KEBENARAN DI BALIK MOTIF PARA KANDIDAT?





Apa alasan Yukino mencalonkan dirinya menjadi kandidat Ketua OSIS?

Ini terjawab dengan sendirinya di vol 9 chapter 8. Yukino hendak mencegah Hachiman untuk menjadi jurkam hitam Iroha. Jika rencana Hachiman terwujud, nantinya ketika Iroha berkampanye, Hachiman yang akan berpidato dan mengusulkan program-program buruk di depan seluruh siswa SMA Sobu. Meski nama Iroha nantinya menjadi buruk, disepakati kalau Iroha akan menyangkal di depan publik dengan mengatakan kalau "juru kampanye saya bertindak di luar kontrol".

Sederhananya, Yukino hendak mencegah Hachiman menjadi pembohong yang lebih besar. 





Apa kebenaran dari pencalonan Yuigahama Yui menjadi kandidat Ketua OSIS?

Jika anda mempercayai kata-kata Yui 100% kalau demi Klub yang dia cintai, maka anda tidak membaca dengan cermat novelnya.

Di volume 3 chapter 1, ketika Yui bermasalah dengan Hachiman, Yui berhenti datang ke Klub, lalu membohongi Yukino. Yui bergabung dengan Klub Relawan hanya untuk mendekati Hachiman. Jika Yui mengatakan demi Klub Relawan, ini jelas bullshit.

Yang benar, pastinya demi Hachiman. Tepatnya lagi mencegah Hachiman menjadi jurkam hitam Iroha. Tapi berbeda dengan Yukino yang hendak mencegah Hachiman menjadi pembohong yang lebih besar, Yui mencegah Hachiman untuk melukai dirinya sendiri (lagi), persis alasan yang pernah Yui ceritakan ke Hachiman paska penembakan Ebina, vol 7 chapter 9.

Juga, ada dugaan kalau Yui melakukan ini agar dia bisa 'menembak' Hachiman dengan kata 'suka'. Mari kita pakai logika saja. Juru kampanye Yui adalah Miura. Jaminan pemilih perempuan akan tidak memilihnya. Sedang Tobe saja yang dekat dengan Miura menganggap Miura menakutkan, bagaimana dengan pemilih pria lainnya? Yui sudah tahu kalau dirinya pasti kalah, tapi mengapa Yui tetap memilih maju? Untuk ini, saya serahkan kepada pembaca.

Jika kita mencermati situasi ini, satu gadis hendak mencegah Hachiman menjadi pembohong, satunya mencegah Hachiman untuk melukai dirinya sendiri. Satunya tahu kalau itu bukanlah Hachiman yang dia tahu, tapi satunya demi memuaskan egonya sendiri.





Lalu, bagaimana kebenaran dari Isshiki Iroha?

Semua keuntungan yang pernah Hachiman katakan seandainya menjadi Ketua OSIS, benar-benar dipraktekkan oleh Iroha. Masalahnya, kelinci percobaannya adalah Hachiman. Tapi ini membuktikan sesuatu: Iroha menjadi manajer Klub Sepakbola hanya untuk mendekati Hayama. Setelah mendapatkan jabatan Ketua OSIS, dimana jabatan tersebut memungkinkan untuk memiliki alasan yang jauh lebih logis untuk mendekati Hayama, Iroha sangat jarang ke Klub Sepakbola.




  Ini juga skill penulisan yang bagus dari Watari. Tidak ada satupun kandidat yang benar-benar murni mendaftar menjadi calon Ketua OSIS demi mengabdikan dirinya ke OSIS itu sendiri. Semua punya agenda masing-masing.

1 komentar:

  1. saya mau bertanya, apa maksud perkataan yukino "kupikir karena itu kamu, kau akan mengerti", saat hachiman menyelesaikan masalah request ketua osis iroha?

    BalasHapus