Sabtu, 15 Oktober 2016

[ FOR FUN ] Oregairu : Marathon Chiba




  Kembali lagi di for fun, kita membahas tentang Marathon Chiba! Seperti biasanya, saya bukan Watari, jadi anda tidak perlu percaya sepenuhnya. Beda seperti afterwords [A] Watari mengatakan Hachiman menolakkan request Isshiki tentang Event Natal demi Yukino, maka sabda sudah diturunkan.

  Meski namanya melibatkan Chiba, sebenarnya ini hanyalah event tahunan untuk siswa SMA Sobu. Biasanya diadakan di tengah Februari, namun karena ujian masuk penerimaan siswa baru SMA Sobu jatuh pada 14 Februari, maka Marathon Chiba dimajukan, tepatnya akhir Januari. Uniknya, satu hari setelah Marathon Chiba, adalah batas akhir pengumpulan kuisioner siswa yang menyatakan tentang jurusan kelas tiga nanti antara IPA atau IPS bagi kelas 2.

  Bagi sebagian orang, ini tidaklah penting karena takdir mereka di kelas tiga sudah jelas. Yukino akan terus berada di Kelas Budaya Internasional, Hachiman pasti di IPS (benci matematika), Yui pasti di IPS (IYKWIM), Zaimokuza di IPA (sedikit gadis), dll. Namun bagi sebagian orang lainnya, ini seperti hidup dan mati. Katakanlah contoh terbaik untuk itu...Miura Yumiko.

  Miura belum sepenuhnya mendapatkan Hayama, selama ini masih mengandalkan keberadaan Tobe untuk membuat Hayama tetap berkumpul dengannya. Ini terjadi karena Hayama juga sengaja menjaga jarak dengan Miura. Dari vol 10 chapter 8, Miura ternyata tidak memiliki nilai akademis yang memadai, alias kemungkinan besar Miura akan memilih IPS. Tapi, yang membuat Miura tidak segera menentukan jurusannya, karena jurusan Hayama masih abu-abu alias tidak mau memberitahunya. Bagaimana jika Hayama di IPA, lalu Miura di IPS, mereka berbeda satu lantai!

  Di lain pihak, ada gosip yang mengatakan kalau Hayama dan Yukino berpacaran. Masalah lainnya, Yukino tidak mau memberitahukan jurusan kuliahnya nanti kepada Ibunya sendiri.


"Jadi, apa yang sebenarnya terjadi?"






  Ada sesuatu yang unik ketika Hachiman memikirkan tentang jurusan Hayama di kelas tiga nanti, mengapa Hachiman masih mempertanyakan kemana Yukino akan kulia nanti?

  Ini admin bego apa bagaimana, kan jelas Yukino dan Hayama ada hubungannya, dua-duanya siswa terpintar!?

  Tenang dulu, maksud saya begini. Yang Hachiman pikirkan adalah tentang jurusan kelas tiga Hayama nanti, antara IPA atau IPS. Namun yang Hachiman pikirkan adalah kemana Yukino akan kuliah nanti. Apa anda menangkap maksud saya?

  Hachiman dalam monolognya mencoba membuat pengingkaran kalau dirinya sebenarnya memikirkan kemana Yukino akan kuliah nantinya, dengan mencoba mengaitkan kasusnya dengan kasus Hayama. Tapi agak fail, karena jika kita jeli, perbandingannya tidak sama.

  Juga ada pertanyaan mengapa Totsuka dilibatkan untuk sabotase marathon, itu karena Totsuka sendiri yang meminta Hachiman di vol 9 chapter 4, agar melibatkan dirinya dalam operasi ilegal.





  Ternyata, kata-kata Hayama kalau dirinya tidaklah sebaik yang Hachiman kira, memang benar adanya. Hayama ketahuan oleh Hachiman kalau dirinya merahasiakan jurusan di kelas tiga, agar bisa mencampakkan Miura secara wajar. Di kelas IPA, gadisnya sedikit dan berada di lantai terbawah sekolah, Hayama akan aman dari kejaran para gadis SMA Sobu. Juga, intelegensi Miura memang cukup untuk di IPS.

  Disini juga, Hayama mengakui kalau selama ini dia menyanjung Hachiman dengan tinggi demi memuaskan kekalahannya. Merasa kalah karena wajar, Hachiman orangnya begini dan begitu. Tapi jika ini menyangkut kalah, maka kalah dalam perlombaan apa, memperebutkan apa, dll? Oke, kita semua tahu apa itu, benar tidak?

  Juga, disini Hachiman mengakui ke Hayama kalau dia terganggu dengan gosip pacaran tersebut. Alibi Hachiman demi situasi Klubnya jelas-jelas fail. Karena yang terkena gosip cuma Yukino. Akhirnya Hachiman mengakui kalau dirinya secara pribadi terganggu.

  Kita semua tahu perasaan Hachiman-Yukino, namun disini ada hal yang jauh lebih menarik lagi: "Mengapa Hayama memberitahu Hachiman kalau jurusannya bukanlah IPA?"

  Maksud saya begini, Hayama bisa saja diam dan tidak menjawab. Hayama tahu kalau pemberi requestnya adalah Miura, artinya Hayama secara sadar tahu jawabannya akan diteruskan ke Miura. Mengapa Hayama memberitahu jurusannya ke Miura? Apakah Hayama mempertimbangkan perasaan Miura? Ataukah...? HxH!!!!





  Adegan di atas adalah adegan yang harusnya Hayama lakukan ketika ada gosip serupa waktu SD dulu, yaitu berusaha menghentikan gosipnya. Namun Hayama mengira Yukino sebenarnya menyukai dirinya, dan melebih-lebihkan bully yang diterimanya untuk sekedar mencari perhatian.

  Kesalahan Hayama dalam mengambil keputusan di masa lalu, harus dibayar mahal, dan Yukino direbut rivalnya. Lucunya, inilah pengandaian yang Hayama katakan di dalam kabin perkemahan Chiba di vol 4 chapter 7 ke Hachiman, 'bagaimana seandainya jika Hachiman satu SD dengannya'..





  Sebenarnya, kita semua tahu ada apa disini, namun kenapa saya harus membahasnya (lagi)?

  Dalam vol 10 chapter 3, 4, 5, dan 6, Hachiman bertekad untuk menanyakan kebenaran masa lalu antara Hayama dan Yukino. Kebenaran yang bagaimana? Itu terjawab di vol 11 dengan sendirinya. Dulu, Yukino membuat coklat pertemanan untuk Haruno dan Hayama. Masalahnya, Haruno di SMP, Hayama dan Yukino di SD, jadi yang terlihat adalah Yukino memberikan coklat valentine ke Hayama. Para gadis membully Yukino, dan Hayama tidak mau membantunya.

  Ini juga menjawab pertanyaan Hachiman di vol 4 chapter 3 dimana Yukino tidak menjelaskan alasannya mengapa memilih untuk menjadi siswi pertukaran pelajar selama SMP. Yukino dibully habis-habisan dalam satu bulan terakhirnya di SD (karena Valentine adalah Februari, tahun ajaran baru kelas 1 SMP di bulan April).

  Hachiman dalam adegan di atas, entah mengapa memilih untuk tidak menanyakan masa lalu Yukino, dan malahan bertanya tentang masa depan Yukino. Tebakan saya, jawabannya ada di ending vol 10 chapter 2: 'Masa lalu seseorang itu yang menjadikan orang itu seperti saat ini. Jika Hachiman memang menyukai Yukino yang seperti ini, maka Hachiman harusnya menerima apapun masa lalu Yukino'.

  Hachiman mengira kalau Yui akan ikut juga di jurusan Liberal Art kuliah nanti. Apakah Hachiman akan mengajak Yui? Jawabannya tidak, sampai vol 11 tidak. Artinya, Hachiman mengira kalau Yukino akan mengajak Yui, karena mereka berdua adalah teman. Faktanya, Yukino tidak mengajak Yui, alias itu memang janji untuk mereka berdua.

  Ini juga menjawab alasan Yukino tidak mau memberitahu jurusannya ke Ibunya, karena Yukino butuh kepastian dari Hachiman apakah akan kuliah bersama atau tidak. Karena Yukino-lah yang akan menyesuaikan jurusannya dengan Hachiman, poin dimana Haruno salah paham dan mengira Yukino merahasiakan jurusannya agar Hachiman merubah jurusannya demi Yukino.

  
*) Sebelum adanya seri[A], pembahasan antara Yui dan Yukino di volume 12 menjadi menarik. Namun dengan adanya ending Yui di seri [A], membuat ending cerita originalnya semakin jelas. Saya awalnya berharap seri[A] itu berisi cerita antara Kaori-Hachiman, ataupun Taishi-Komachi...Dan saya yakin kalau saya bukanlah satu-satunya orang yang berharap ceritanya seperti itu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar