Senin, 03 Oktober 2016

[ REVIEW ] Gundam Iron Blooded-Orphans Episode 26 : New Bloods



  Kali ini, saya memutuskan untuk mereview dua anime musim ini (Fall 2016), salah satunya adalah Gundam Iron Blooded-Orphans (IBO). Menurut saya, ini adalah anime yang menarik karena memberikan pijakan yang benar kepada fans Gundam setelah 'kecewa' atas seri Gundam AGE dan G-Reco. Sebenarnya episode 1 season 2, tapi ini adalah kelanjutan dari episode 25 season 1, jadi saya menyebutnya episode 26 untuk sekedar memudahkan saja. Tidak tanggung-tanggung, Sunrise mempercayakan anime ini untuk disutradarai oleh Tatsuyuki Nagai dan penulis skenario Mari Okada. Jadi, apa sih sebenarnya Gundam Iron Blooded Orphans?


  Gundam adalah sebuah seri franchise dari anime originalnya yang mengudara tahun 1979. Seperti franchise Macross, Gundam memiliki tema uniknya sendiri yang membuat anime ini menjadi khas. Jika anda mengira kalau ini hanyalah pertunjukan adu jotos antar robot, maka itu tidak sepenuhnya benar. Jadi, apa yang membuat franchise ini unik?

  Pertama, anda pasti akan disuguhi cerita politik. Ya, anda akan mendapatkan kalau banyak sekali politik dalam plot Gundam. Mengapa begitu? Cerita original Gundam sendiri mengambil dasar cerita dari Perang Dunia II, tidak heran jika pemirsa IBO akan disuguhi politik dalam plotnya. 

  Kedua, perang adalah salah satu alat utama dalam politik. Akan banyak sekali pertempuran disini, maksud saya, banyak sekali orang yang akan tewas disini.

  Ketiga, Gundam disini adalah sebutan terhadap unit yang dipakai pilot utama. Tidak sebatas pilot utama, mungkin ada beberapa karakter support dan musuh yang memakai Gundam. Tidak ada penjelasan yang baku terhadap definisi Gundam. Dalam IBO, Gundam didefinisikan adalah unit mobile suit (robot) yang memakai dua ahab-reaktor, diciptakan 300 tahun lalu oleh Gjallahorn. Sekedar info, mobile suit jaman kekinian memakai satu unit reaktor ahab, pola dua reaktor dinilai terlalu sulit untuk disinkronkan, sehingga sulit untuk diproduksi massal. Gundam hanya ada 72 unit, dan konon katanya hanya 26 unit saja yang masih bisa berfungsi.

  Gundam dalam seri IBO memakai sistem nama Iblis yang tertulis dalam buku Ars Goetia. Gundam Barbatos, sebenarnya memakai nama Iblis ke-8 dalam buku tersebut. Uniknya, cara kontrak pertama kali Mikazuki dengan Barbatos mirip dengan bagaimana manusia biasa melakukan ritual untuk memanggil Iblis Barbatos. Oke, ini kita kesampingkan dulu. Kali ini, Barbatos mendapatkan upgrade oleh Teiwaz dan namanya menjadi Barbatos Lupus (Lupus = serigala).

  Keempat, hal unik dari Gundam adalah Sang Putri. Yeah, akan ada wanita/gadis yang memiliki hubungan dengan pilot utama, dan gadis ini yang membawa pergolakan ataupun perubahan besar dalam plot  cerita. Ini seperti princess and her white knight. Karakter utama dan Gundamnya adalah pelindung Sang Putri.

  Kelima, penjahat utama di franchise Gundam ini adalah pria bertopeng. Dia sangat intelektual, dan ahli menggunakan mobile suit. Di season 1, McGillis memakai topeng untuk melancarkan aksinya. Tapi, apakah season 2 McGillis masih akan tetap memakai topengnya?

  Lalu, apa yang unik dari Gundam IBO ini? Saya mencermati tentang pilot utamanya, Mikazuki Augus. Berbeda dengan pilot-pilot sebelumnya yang bertempur dengan dakwah plus aksi, Mika langsung to the point. Mika terkenal sadis, psikopat, dan dingin. Mungkin, ini MC tersadis yang pernah anda lihat di anime seri Gundam. Terakhir sebelum masuk ke review, pertempuran disini tidak menggunakan teknologi beam. Jadi anda akan melihat pertempuran barbar dan penggunaan peluru proyektil.

  Gundam IBO merupakan Gundam dimana anda tidak perlu menonton seri-seri sebelumnya untuk bisa memahami ceritanya. Anda bisa langsung bergabung dan tahu sama banyaknya dengan penonton yang fans Gundam garis keras. Genre anime ini adalah politik, drama, mecha, dll.






Sekitar 50 orang dari Tekkadan tewas dalam misi mereka, termasuk favorit kita semua, Biscuit Griffon. Orga memberitahu tujuan akhir mereka, yaitu bisa menjadi sebuah perusahaan yang besar dengan bisnis yang legal, dan menggerakkan ekonomi Mars. Yang mengerikan, Mika mengatakan akan tetap setia bersama Orga.

Dalam wawancaranya, Mari Okada, penulis skenario IBO mengatakan kalau dia mendesain Mika sebagai karakter yang memiliki lubang di hatinya. Tapi, itu ketika season 1. Apakah Mika akan berubah, dari sekedar menjadi 'anjing' Orga dan tumbal Barbatos, menjadi 'manusia' kembali?



Kudelia mendirikan Perusahaan Admoss, dimana Teiwaz, mafia luar angkasa, mempercayakan pengelolaan tambang Half-Metal di koloni Chryse  kepadanya. Kudelia juga mendirikan panti asuhan bagi anak-anak Mars yang yatim piatu.

Dalam season 1, Kudeli membuat 'deal' dengan Teiwaz mengenai half-metal jika berhasil negosiasi dengan Abrau. Makanai, perdana mentri Abrau memberikan itu sebagai jasa pengamanan dirinya.

Yeah, dia adalah Sang Putri dalam seri ini.



Pengelolaan half-metal yang diperoleh oleh Chryse membuat koloni Mars lainnya yang menjadi sapi perahan negara Bumi, memunculkan pergerakan untuk menuntut hak yang sama. Rakyat sipil mempersenjatai diri mereka dan menuntut kesetaraan hak ekonomi. Ini memunculkan konflik lainnya. Sedang, kepopuleran Tekkadan yang sukses melawan Gjallahorn dengan pasukan anak di bawah umur, membuat penggunaan anak-anak sebagai prajurit semakin membesar. Imbasnya, penjualan anak-anak di pasar gelap semakin meningkat.



Mikazuki yang tangan kanan dan mata kanannya lumpuh, karena 'diminta' oleh Barbatos, tetap berlatih dengan giat. Melihat ini saja anda akan tahu kalau pria ini sangat berbahaya.

Atra tetap menemani Mika. Ini menarik, karena mirip dengan situasi Feldt - Setsuna - Marina di seri Gundam 00. Tapi kita semua tahu, romance bukanlah sisi terkuat dari Gundam, jadi kita nikmati saja apa adanya drama dari Atra - Mika - Kudelia ini.



Hash Midi. Dia mirip dengan karakter utama manga IBO, Argi Mirage. Tapi, Argi punya tangan kanan palsu sedang Hash tidak. Mika dijuluki Iblis oleh teman-temannya sendiri. Tapi saya tidak heran, karena Mika memang terkenal sebagai tukang jagalnya Orga.

Entah mengapa, saya merasa kalau Hash Midi akan menjadi salah satu karakter penting di anime ini. Entah dia akhirnya akan dipromosikan menjadi pilot, dimana akan ada karakter Tekkadan yang mati, atau bagaimana...



Tekkadan memiliki mobile suit sendiri, bernama Shiden. Merupakan pengembangan dari Hyakuri yang dimiliki oleh Turbine. Tapi saya tidak heran, karena Naze Turbine dan Orga Itsuka sudah mengikat hubungan saudara.



Sungguh ironis. Para rekrutan baru ingin agar diri mereka dioperasi sistem Alaya Vijnana, untuk memperoleh kekuatan. Mereka tidak tahu dengan fakta kalau kesuksesan operasinya hanya 60%, jika gagal maka mereka akan lumpuh selamanya.

Gilanya, Mikazuki melakukan operasi itu hingga tiga kali!



Daripada pusing memikirkan Atra - Mika - Kudelia, saya malah lebih suka melihat kedekatan Merribit dan Orga. Ngomong-ngomong, pengisi suara Merribit ini adalah wanita yang sama mengisi suara Lacus Clyne di Gundam Seed.

Orga benar-benar melakukan tugas kantoran dengan serius. Meski, kita tahu kalau tugas lapangan jauh lebih cocok dengan Orga.



Datang pria bernama Gyojan, meminta Kudelia untuk melibatkan dirinya dalam kunjungan bisnis beberapa pengusaha ke tambang half metal dua minggu lagi. Gyojan ini pemimpin dari semacam ormas, bernama Terra Liberialis. Yang mengagetkan Kudelia, rencana kunjungan ke tambang half-metal itu adalah hal rahasia.

Baik, mari kita pikirkan dampak politiknya terlebih dahulu. Kunjungan para pengusaha ini, bisa membuat investasi Half Metal di Mars semakin menggeliat. Ini artinya, koloni Chryse bisa semakin makmur. Chryse adalah koloni milik negara Abrau, Bumi. Ini bisa menimbulkan kecemburuan sosial bagi negara koloni Mars milik EU dan African, dan akhirnya para negara koloni akan menuntut hak yang sama atau menuntut kemerdekaan.

Apapun itu, dua negara bumi memiliki kepentingan untuk menghentikan Kudelia. Juga, tentunya Gjallahorn. Mereka adalah organisasi militer yang bertanggungjawab atas keamanan dan ketertiban koloni bumi di Mars. Dicurigai, permintaan Gyojan untuk diibatkan dalam bisnis Kudelia ini bermaksud untuk mengontrol aktivitas Kudelia.



Tentunya Kudelia menolak, lalu mengatakan quote yang berasal dari pengalamannya sendiri. "Hanya sekedar kata-kata saja tidak akan menggerakkan sesuatunya".

Sikap Kudelia yang seperti ini sama saja mengundang masalah untuk datang kepadanya. Pasti akan ada pembunuh yang dikirim untuk menghabisinya. Jika saya menjadi musuh Kudelia, saya akan menunggu hingga pertemuan bisnis 2 minggu lagi, dan bunuh semua orang disana sekaligus.



Ironis, para siswa SD menyebut Biscuit sebagai pahlawan Mars, kematiannya sebagai awal Mars yang lebih baik. Tapi mereka tidak tahu rasanya kehilangan saudara mereka, hanya demi situasi yang seperti ini.



Mika yang dihentikan oleh Biscuit dan Crackers, menjadi tertegun. Sebenarnya, apa yang ada di pikiran Mika?

Tentunya ini akan bentrok dengan idealisme Mika. Dia adalah mesin pembunuh, tukang jagal, sadis dan tanpa kompromi. Mika sudah menyerahkan tangan dan matanya kepada Iblis. Kedua adik Biscuit yang peduli kepadanya, tentu membuatnya tertegun. Mengapa masih ada yang mau peduli kepadanya? Bahkan teman-temannya sendiri di Tekkadan menyebutnya Iblis.

Gangguan terorisme seperti itu tentu membuat reputasi Gjallahorn buruk. Kita semua bisa menebak, mungkin itu dilakukan oleh milisi koloni daerah lain untuk menjatuhkan Gjallahorn dan memudahkan mereka untuk menuntut kemerdekaan.



Kudelia meminta bantuan Tekkadan untuk pengawalan dua minggu lagi. Orga pastinya bisa membaca ini. Ada organisasi dengan bekingan kuat mengincar nyawa Kudelia, ini artinya akan ada pertempuran mobile suit. Orga meminta Mika untuk mengambil Barbatos yang sedang berada di bengkel Teiwaz, Saisei dan siap datang di pertemuan dua minggu lagi.

Menurut manual gunpla, Barbatos paska pertempuran di Edmonton, mengalami banyak sekali kerusakan, sehingga harus masuk bengkel di Saisei.



Menurut pertemuan ini, McGillis yang bertindak sebagai kepala keluarga Fareed, langsung sigap dan tetap menjaga hubungan dengan tiga negara besar di bumi, sehingga tiga negara besar tersebut masih percaya ke Gjallahorn, meski Abrau sekarang mempekerjakan Tekkadan sebagai penasehat militernya.

McGillis yang sebelumnya sebagai pimpinan Polisi Militer, kini naik Jabatan sebagai pimpinan armada orbital bumi. Sederhananya, dia kepala pasukan penjaga perbatasan atmosfer bumi, jabatan yang pernah dimiliki oleh Carta.



McGillis masih sama liciknya dengan dirinya di season 1, dia mencari cara agar bisa masuk secara legal ke Mars. Mengapa McGillis menginginkan itu?

Tugas utama Gjallahorn menurut episode 4 season 1, adalah menjaga ketertiban dan keamanan Mars. Sekarang, Mars sedang bergejolak karena banyak koloni menuntut kemerdekaan dan hak ekonomi yang sama dengan Chryse. Ini peluang emas untuk menertibkan Mars dan mendapatkan pengakuan atas kemampuannya. Iok Kujan, memprotes sikap McGillis karena itu diluar kewenangannya. Tapi, Rastal Elion yang memiliki kewenangan atas Mars, mempersilakan hal itu.

Kita bisa membaca maksud politik McGillis disini. Elion sekarang adalah pemilik armada terbesar di Gjallahorn, juga pemilik kewenangan di Mars. Jika McGillis mampu membuktikan kalau dia lebih layak dari Elion untuk menertibkan Mars, maka McGillis mendapatkan dukungan dari negara bumi, dan ini berimbas dengan dirinya naik pangkat lagi menjadi  setara atau lebih tinggi dari Elion.

Biasanya, tatapan mata yang seperti ini adalah yang berniat untuk menghabisi lawan politiknya. Ada kemungkinan McGillis akan memanfaatkan 'tukang jagal' alias Mika untuk menghabisi Elion dan Iok.



Elion menenangkan Iok, dia mengatakan sudah tahu maksud terselubung McGillis yang hendak menjungkalkan dirinya di Gjallahorn. Elion menerima tantangan McGillis. Ada karakter baru, Julieta. Dari sikapnya yang memakan kupu-kupu, mudah saja menebak kalau gadis ini juga memiliki gangguan kejiwaan.

Tapi jujur saja, bahkan McGillis ini psikopat pedofil. Mika ini psikopat pembunuh berdarah dingin. Apa kita mesti heran kalau ada gadis yang psycho muncul?



Tapi siapa kenalan di Mars yang dimaksud McGillis?

Mungkinkah Gyojan? Atau jangan-jangan Mika? Kita tahu kalau Gaileo dan Carta di season 1 sengaja dipancing oleh McGillis untuk menghadapi Mika agar dibunuh oleh Mika.



Kekacauan subuh-subuh ini mirip di episode 1 season 1. Pasukan Bajak Laut (harusnya Bajak Luar Angkasa) atau tepatnya pasukan bayaran yang disewa Tera Liberialis datang untuk membunuh Kudelia.



Hash ingin mendapatkan penghargaan di pertempuran pertamanya, jadi dia memutuskan untuk lebih dekat ke musuh dan menghabisi mereka.



Sayangnya, musuh memiliki mobile suit. Mobile worker tidak akan bisa melawan mobile suit.



Shino dengan tim Ryusei-nya muncul.

Menariknya, ini persis seperti episode 17 season 1, teman-temannya juga komplain dengan nama Ryusei.



Meski sedang unggul, anak-anak ini tetap meminta Hash dan Zack waspada. Anak-anak ini sangat berpengalaman di Tekkadan, terutama dalam pertempuran melawan Gjallahorn. Pertempuran pulau di episode 21 memberi mereka pelajaran berharga. Meski sedang unggul, tidak boleh santai-santai begitu saja, Biscuit menjadi tumbal di episode tersebut.



Para tentara bayaran ini meminta Tekkadan untuk mengeluarkan Iblis mereka.

Sebutan Iblis bagi Gundam sendiri memang pernah populer di seri-seri sebelumnya. Selain disebut sebagai 'White Knight', gundam yang dipiloti karakter utama juga sering disebut dengan White Devil!



Kemungkinan terburuk ternyata muncul, mereka meminta Tekkadan untuk mengeluarkan Iblisnya karena mereka sudah menyiapkan 6 mobile suit untuk menangani Barbatos.



Buat yang belum tahu, tanda Barbatos di layar itu adalah tanda asli untuk mensummon Iblis Barbatos di dunia nyata. Mika juga kehilangan lengan kanan dan mata kanan karena tumbal. Tapi, fungsi mata dan tangannya akan kembali selama Mika terhubung ke Barbatos.

Ini juga ada hubungannya dengan petunjuk tentang kondisi Barbatos ketika pertamakali ditemukan di gurun Mars. Barbatos tidak memiliki kokpit normal. Jika melihat bagaimana Ein yang hanya tersisa kepala dan tubuh dan terhubung lewat sistem Alaya, besar kemungkinan pilot Barbatos sebelum Mika hanyalah kepala dan tubuh saja. Barbatos meminta satu-persatu fungsi tubuh Mika jika Mika meminta kekuatan lebih ke Barbatos. Mika hanya bisa memperoleh fungsi tubuhnya kembali jika menjadi satu dengan Barbatos.


Ini adegan yang sangat keren.



Who call the devil?



Yang menarik disini, Mika mengatakan menghabisi 5 mobile suit yang tersisa seperti pekerjaan rutin harian baginya.



McGillis, What The Fvck Are You Doing With 9 years old girl?



Siapa sebenarnya pria bertopeng kali ini. Melihat seragam dan badge 7 stars, artinya berasal dari salah satu keluarga seven stars. Pakaian ungu tidak lantas menjadikan identitas pria ini adalah Gaelio, karena pakaian ungu juga dipakai oleh petinggi Gjallahorn di rapat episode ini. Mobile suit berwarna biru. Mobile suit Gaelio warnanya ungu.

Tapi, image di atas adalah image dari Gundam Vidar, nama baru dari ASW-G-66, dimana nama sebelumnya adalah Gundam Kimaris, milik Gaelio. Apakah pria ini benar-benar Gaileo? Bisa juga McGillis yang sekarang menjadi menantu keluarga Bauduin, karena ASW-G-66 adalah Gundam turun temurun keluarga Bauduin. Namun peluang terbesar ada di Gaelio atau McGillis. Jika benar Gaileo, pertanyaan terbesarnya adalah di pihak mana dirinya?



Mika yang merangkak dan meraih Barbatos dengan tangan kirinya ini juga menarik. Karena itu artinya kedua kakinya sudah lumpuh, yang tersisa hanya tangan kiri untuk ditawarkan ke Barbatos sebagai tumbal.


Saya harap, Mika tidak diminta tumbal lagi oleh Barbatos. Cukup mengerikan melihat adegan penutup animenya menggambarkan tangan kiri Mika yang berubah menjadi tangan kiri Barbatos.

Saya berharap di season 2 ini, Mika secara perlahan mulai menjadi manusia, tidak menjadi mirip Iblis. Kita semua tahu kalau yang bisa menjadikannya manusia lagi adalah Kudelia. Saya berharap akan banyak interaksi antara Kudelia dan Mika di masa depan. Atra? Kita semua tahu selama ini Atra selalu menemani Mika, dan faktanya Mika masih sama seperti dulu, psikopat berdarah dingin.


*) Saya berencana akan mereview satu anime lagi musim ini, saran dan usulan dipersilakan. Reviewnya akan saya mulai akhir pekan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar