Rabu, 19 Oktober 2016

[ FOR FUN ] Oregairu : Love story of Yuigahama Yui





  Saya membuat for fun kali ini by request, ada yang meminta saya untuk menjelaskan lebih singkat dan pendek, mengenai cerita cinta dari Yui. Okelah, permintaan anda dikabulkan...

  Buat yang bertanya kapan saya mulai translate Biblia chapter 2, setelah tanggal 20 Oktober, mengapa? Seperti yang kalian tahu, saya juga seorang gamers. Saya membuat karakter baru di server lokal (Indonesia), dan kebetulan ada item bonus exp+50% hingga tanggal 20. Jadi, setiap hari saya bekerja keluar bertemu client, kembali ke rumah jam 6-8 malam, saya masih bermain game hingga jam 10-11 malam, dan menulis blog hingga hingga tengah malam. Jadi untuk sementara hingga tanggal 20, saya tunda untuk pengerjaan Biblia-nya.

  Oke, seperti biasanya, anda tidak harus percaya dengan apa yang saya tulis, dan juga anda jangan berharap saya akan memberikan jawaban yang memuaskan jika ada pertanyaan. Bwuahahaha!


Oke, dimulai dari vol 1 chapter 3. Yui hendak membuat kue coklat, mengapa saya menamainya kue coklat, tidak kue saja? Karena di vol 11 chapter 9 kuenya berwarna coklat, entah gosong atau warnanya begitu. Anda sebut kue saja juga tidak masalah.

Kue coklat tersebut, hendak Yui berikan kepada pria yang Yui suka. Karena Yui tidak bisa membuat kue, Yui menaruh curhatannya itu di konseling siswa, dan Hiratsuka-sensei memanggil Yui, mengarahkannya ke Klub Relawan.

Jika anda hanya membaca vol 1, sulit rasanya menebak kalau pria yang disukai Yui ini adalah Hachiman. Karena Hachiman tidak kenal Yui di pertemuan pertamanya, meski Yui kenal. Tentunya, hal inilah yang ada di kepala Yukino dan Hachiman, pria itu pasti bukanlah Hachiman.

Ending vol 1, ditutup dengan membaiknya hubungan Yui dan Miura, lalu mereka beramai-ramai hangout. Yui mengirimkan SMS ke Yukino kalau dirinya tidak hadir kegiatan Klub karena hangout dengan Miura Cs.




Petaka terjadi di vol 2 chapter 5. Hachiman tahu Yui adalah gadis pemilik anjing yang dia selamatkan. Dan semua pembelaan Yui yang menyangkal perasaan karena simpati, dipatahkan oleh berbagai argumen.

Misalnya, Yui berjanji ke Komachi akan menemui Hachiman secara langsung dan berterima kasih, faktanya Yui tidak pernah melakukannya. Satu-satunya koneksi mengapa Yui sekarang dekat (mendekati) Hachiman, tidak sejak kelas 1, karena Yui kasihan dengan Hachiman yang sekelas dengannya dan tidak punya teman. Jika memang kata-kata Yui ke Komachi tidak basa-basi, Yui sudah menemui Hachiman sejak kelas 1 SMA.

Namun, disini tidak dijelaskan perasaan semacam apa? Simpati yang menimbulkan perasaan apa?



Volume 3 chapter 1, Yui membohongi Yukino dengan mengirim SMS kalau tidak bisa hadir kegiatan Klub karena ada kesibukan di rumah. Padahal, Hachiman secara jelas melihat kalau Yui hangout bersama Miura Cs ke tempat bermain darts. Coba anda bandingkan dengan vol 1 chapter 8, disana Yui jujur dalam SMS-nya. Bandingkan dengan vol 3 chapter 1, Yui disini berbohong. Apa perbedaannya?

Kali ini, hubungan Yui-Hachiman memburuk, Yui lalu memutuskan untuk tidak mau hadir lagi ke Klub. Mari kita bandingkan dengan vol 6 chapter 1, hubungan Hachiman-Yukino memburuk, mereka berdua masih hadir di Klub.

Sangat super mudah, kita bisa menyimpulkan kalau Yui masuk menjadi member Klub Relawan, hanya untuk mendekati Hachiman.



Disini, vol 3 chapter 3, Yukino hendak membelikan Yui hadiah ulang tahun sebagai perwujudan pertemanannya selama ini. Ada sebuah monolog tidak terduga dari Hachiman, disini dia tahu kalau hubungan pertemanan Yui-Yukino juga dipertaruhkan jika hubungannya dengan Yui memburuk.

Cukup mudah juga, Yui berteman dengan Yukino untuk mendekati Hachiman.



Vol 3 chapter 6, disini Hachiman mengatakan dengan jelas, perasaan Yui tersebut adalah cinta. Hachiman secara sadar, tahu kalau Yui mencintainya, dan Hachiman menolak hal itu. Yui terus menyangkal dan mengatakan Hachiman salah paham. Akhirnya, Yukino mendamaikan keduanya dan mengusulkan untuk mereset kembali hubungan mereka berdua.

Tapi versi cerita dari siapa yang Yukino percayai? Melihat bagaimana kagetnya Yukino ketika tahu kalau Hachiman adalah pria yang menerima kue coklat tersebut, vol 11 chapter 9, Yukino mempercayai kata-kata Yui kalau ini semua hanyalah salah paham.



Vol 7.5 special di bulan Juni, team Yui memenangkan quiz tentang Chiba dengan team Hachiman. Sebagai hukuman, Yui meminta Hachiman untuk mengajaknya hangout lagi, namun Totsuka dan Zaimokuza malah memotongnya dan menganggap itu sebagai hangout ramai-ramai.

Yui mempercayai kalau hubungan mereka berdua sudah kembali ke nol. Jadi ini peluang emas bagi Yui untuk menunjukkan kepada Hachiman kalau dia benar-benar tulus ke Hachiman. Tentu saja, semua orang tahu apa metode tercepat untuk itu...kencan! Namun, di momen ini...misi gagal.



Vol 4 chapter 1, Yui berinisiatif (lagi) untuk mengajak Hachiman kencan, dengan memakai alasan merayakan ulang tahun Hachiman. Namun kencan itu tidak terealisasi, kemungkinan besar karena Yui harus keluar kota untuk liburan bersama keluarganya.



Yui kembali mengajak Hachiman kencan, dengan mengingatkan Hachiman kalau masih ada target yang belum mereka realisasikan, yaitu hangout, vol 4 chapter 7.

Tapi, di ending adegan di atas, Hachiman mengatakan kalau jawaban atas permintaan kencan Yui itu sudah diputuskan olehnya. Tapi apa?



Vol 5 chapter 5, Hachiman langsung menolak ajakan kencan Yui dengan menjadikannya kegiatan bertiga, bersama Komachi. Kita tentunya tahu, Komachi auto-win, usaha Hachiman gagal.

Uniknya, tidak sampai disitu, di vol 5 chapter 6, adegan menolong Yui yang hampir terjatuh di kereta, Hachiman sudah memutuskan nasib Yui disana, yaitu ditolak.

Yui membuat sebuah kesalahan di ending chapter, menceritakan betapa Hachiman ini adalah orang baik, menolong siapa saja, dll. Ini sebuah kesalahan, karena Hachiman sudah menjelaskan dalam monolog vol 3 chapter 6, dia tidak mau si gadis memiliki perasaan kepadanya hanya karena Hachiman terlihat sebagai orang baik yang suka menolong. Bisa kita tebak, Hachiman mencegah Yui menembaknya.

Mengapa Hachiman tidak langsung saja biarkan Yui menembaknya, lalu menolakkan lagi seperti kasus vol 2 chapter 5? Pertama, hubungan pertemanan Yui-Yukino menjadi taruhannya. Kedua, Yui ini mengulangi lagi kesalahannya di konfrontasi pertama, alias ini sudah menjadi loop yang tiada akhir. Yui akan terus melihat Hachiman sebagai pria baik penyelamat anjingnya, bukan sebagai Hikigaya Hachiman.



Vol 6 chapter 3. Yui menceritakan kalau ketika kelas 1 SMA, dia satu grup dengan Sagami. Tapi ini menjelaskan sesuatu, yaitu mengapa di kelas 2 meski sekelas dengan Sagami, Yui malah bergabung ke Miura?

Yui memiliki masalah dengan bagaimana dia berteman dengan sesamanya. Yui akan memilih grup pertemanan yang paling populer, dan di kelas 2F grup terpopulernya adalah Miura dan Hayama. Buruknya lagi, Yui menceritakan kejelekan Sagami ke Hachiman.

Ini juga menjelaskan kalau di vol 6.5 chapter 1, dimana Yui mengatakan tidak menyukai orang yang suka bergosip, adalah bullshit alias gombal. Yui sendiri menggosipkan Sagami ke Hachiman.

Menariknya, Yukino juga punya peluang emas untuk menceritakan kebrengsekan Hayama kepada Miura di vol 10 chapter 4, tapi Yukino memilih bungkam dan tidak menceritakan itu.

Namun disini menariknya, jika Yui saat ini memiliki hubungan pertemanan dengan Miura karena populer, bukankah wajar jika Yui berteman dengan Yukino karena memiliki akses untuk mendekati Hachiman?

Juga, di volume 6 chapter 7 ini Yui berhasil membuat Hachiman berhutang kencan dengannya. Namun, Hachiman meminta waktu untuk menjawab "kapan" dan "dimana".



Darmawisata Kyoto, di vol 7 chapter 2, Yui memaksa Klub Relawan untuk menerima request Tobe, karena itu membantu masalah asmara Tobe. Tapi benarkah Yui melakukan itu dengan tulus?

Alasan Yui ini dicounter sendiri oleh Miura, vol 7 chapter 7. Miura heran mengapa Yui tidak memberitahu Hachiman kalau Ebina sedang ingin sendiri. Artinya, sejak awal Yui tahu kalau peluang Tobe adalah nol besar, tapi Yui tetap memaksa. Mengapa?

Ini adalah peluang emas bagi Yui untuk bisa berduaan dengan Hachiman selama dua hari penuh, di darmawisata, dan Yui memiliki alasan yang logis untuk mendekati Hachiman, demi Tobe!

Apa Hachiman tahu soal ini? Tahu! Dalam monolognya di vol 7 chapter 9, sebelum penembakan Ebina, Hachiman mengatakan kalau semua orang di tempat itu adalah pembohong, kecuali Yukino.



Sebenarnya, ini nice move, Yui berusaha mengatakan kalau dia menyukai Hachiman, vol 8 chapter 6. Tapi masalahnya, di kepala Hachiman pada adegan ini berisi banyak sekali tanda tanya dengan motif Yukino mencalonkan dirinya sebagai kandidat Ketua OSIS.




Yui kembali berusaha mengatakan cinta ke Hachiman, kali ini dengan memegangi kepala Hachiman, vol 8 chapter 8. Sialnya lagi, setelah adegan ini, Hachiman mengatakan keinginannya untuk bisa memahami Yukino, dan mengakui kalau dirinya dan Yukino menginginkan hubungan yang tulus tersebut...



Vol 9 chapter 7, Yui kembali menanyakan realisasi hutang kencan vol 6. Tapi Yui tidak bodoh, dia bertanya sambil mengatakan kalau tempat kencannya adalah di Disney Land, jadi yang harus Hachiman jawab sekarang adalah "kapan"? Anehnya, Hachiman tidak mau memberikan jawabannya.

Vol 9 chapter 10, Yukino mengatakan kalau dia sedang menjalankan request hubungan genuine dari Hachiman. Sebenarnya, Yui sudah curiga disini, tapi tidak ada bukti apapun. Apa yang Hachiman inginkan? Yui sendiri tidak tahu, tapi anehnya...Gadis yang sehari-harinya tampak bermusuhan dengan Hachiman, malah tahu apa itu.



Yui mendapatkan jawabannya di vol 10 chapter 7, antara Yukino dan Hachiman ternyata sudah memiliki hubungan yang jauh lebih dalam dari yang Yui bayangkan.

Tapi mengapa Hachiman di vol 10 chapter 6 tidak mau mengakui kalau Yukino selama ini terbuka kepadanya? Malah Hachiman menyetujui kata-kata Yui kalau Yukino baru kali ini terbuka ke Hachiman.

Ada sesuatu yang membuat Hachiman memilih untuk berbohong ke Yui daripada mengatakan kalau Hachiman dan Yukino sebenarnya sangat dekat.



Seperti petir di siang bolong, vol 10.5 chapter 1. Hachiman mengatakan akan berpacaran ketika kuliah nanti, dimana hasil intipan Yui di UKS menyimpulkan kalau Yukino dan Hachiman akan kuliah bersama-sama.

Setelah itu, Yukino juga sudah tidak yakin lagi kalau dia akan bisa menjadi Ibu Rumah Tangga di masa depan, alias akan terus bekerja. Ini seperti mengatakan kalau calon suaminya kelak ada kemungkinan adalah pemalas yang hanya ada di rumah saja...Kira-kira siapa ya?



Vol 11 chapter 6, Haruno langsung mempertanyakan apakah ini hubungan tulus yang Hachiman maksud? Haruno mengatakan itu tepat setelah Hachiman mencicipi coklat Yui. Mudah sekali kita tebak, Hachiman harusnya tidak memakan coklat Yui. Hachiman pernah menceritakan kalau dia punya hubungan yang tulus dengan seseorang, kepada Haruno, dan orang itu bukanlah Yui.

Vol 11 chapter 8, Yui sengaja berpura-pura memotret Penguin, dan membiarkan Hachiman bertemu Yukino di tempat terpisah. Benar saja, Yukino menceritakan tentang situasi dirinya kepada Hachiman.

Vol 11 chapter 9, terjawab mengapa Yui sengaja membuat skenario 'kencan bertiga'. Yui tahu Hachiman sengaja berusaha menghindari situasi dimana Yui tahu kalau Hachiman dan Yukino ada sesuatu. Yui tahu kalau Hachiman sadar selama ini Yui menyukainya. Yui tahu kalau Hachiman mengetahui kebenaran alasan Yui masuk menjadi member Klub Relawan dan berteman dengan Yukino.

Dengan Yui menekankan kalau coklat yang diterima Hachiman adalah kue coklat request pertama, sama saja mengatakan kalau Yui menyukai Hachiman. Yukino mengetahui kebenarannya, dan kata-kata Hachiman tentang motif Yui di vol 3 chapter 6 ternyata benar adanya. Hal yang hendak Hachiman hindari, Yukino menangis, akhirnya terjadi.

Bagaimana mereka bertiga menyelesaikan masalah mereka? Do I looks like Watari?





*) Saya kira penjelasan ini cukup sederhana. Jika anda benar-benar menginginkan ending Yui, anda bisa membaca seri ANOTHER (promo nich!).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar