Selasa, 26 Juli 2016

[ TRANSLATE ] Oregairu Vol 5 : Afterwords


x x x





  Halo, disini Watari Wataru.

  Akhirnya kita memasuki musim panas. Dengan mengurung diri di rumah dan bermalas-malasan menonton anime, membaca manga di sebuah ruangan ber-AC, aku merasa menjadi orang yang sangat optimal.

  Sebenarnya bukan begitu. Kalian salah paham disini. Aku sebenarnya ada semacam masalah kesehatan, karena itulah aku mencoba menghindari kontak langsung dengan matahari sehingga tidak memperbesar peluangku untuk terkena kanker kulit dengan diam di rumah. Percayalah, ini bukan karena aku tidak merencanakan apapun untuk keluar rumah atau sejenisnya.

  Tidak, tapi sebenarnya, hati-hatilah. Mereka menyebut ini liburan musim panas, jadi jika kau tidak beristirahat di rumah, kau mungkin akan terlibat dalam sebuah kegiatan yang berbahaya.

  Berbicara mengenai bahaya, musim panas memang penuh dengan bahaya. Termasuk laut, ada juga gunung, sungai, dan orang kaya...Eh bukankah yang barusan itu penyanyi Enka?

  Banyak pula bahaya lainnya. Kolam renang, tempat arcade, mall perbelanjaan, distrik perbelanjaan, kereta kommuter, dan kumpulan orang-orang. Disana ada orang-orang, dan di tempat satunya ada orang-orang juga. Dan mungkin orang-orang. Mungkin lebih tepat jika menyebutkan orang-orang saja.

  Aku selalu berakhir dengan bertemu dengan mereka ketika naik kereta, tahu tidak? Akan selalu ada kumpulan anak muda yang hendak menuju Disney Land Tokyo. Dan ketika aku hendak pulang ke rumah, mengantuk sambil berpegangan ke pegangan tangan di kereta, aku melihat beberapa pasangan sedang memakai hiasan telinga tikus...

  Itu adalah momen dimana aku mulai berpikir. Bagaimana dulu aku menghabiskan kehidupanku sebagai siswa sekolahan? Kenapa aku akhirnya harus bekerja? Kenapa aku bekerja? Apakah ada alasan tertentu mengapa aku harus bekerja? Pada dasarnya, aku memikirkan banyak sekali hal.

  Belakangan ini, rata-rata jam tidurku sekitar tiga jam sehari. Sekarang karena volume 5 selesai, aku sepertinya akan terbebas dari gaya hidup itu...Aku sudah kapok hidup seperti ini...

  Selamat tinggal, hidup dengan tidur selama tiga jam sehari!

  Halo, selamat datang gaya hidup dengan tidur selama satu setengah jam sehari!

  ...Apa-apaan barusan?

  Ya, well, um, itu sebenarnya hanyalah luapan kebahagiaan dariku  kepada semua orang yang telah menunggu pekerjaanku dengan antusias...Bagaimana harus kukatakan? Umm, aku sebenarnya hanya ingin tidur lebih lama saja, jadi kalau ada seseorang yang mau membantuku, tolong bantu. "Akan kubantu kau!" orang-orang harusnya mengirimkan surat ke bagian editorial GaGaGa Bunko di Shogakukan soal itu. Aku akan menunggu bantuannya!

  Aku yakin kalau banyak dari kalian berpikir pasti berat atau khawatir dengan diriku, tapi karena aku pada dasarnya suka menulis, aku baik-baik saja. Ini seperti, "I-Ini bukan seperti aku suka bekerja atau sejenisnya, oke! Aku benar-benar tidak menyukainya, oke!" atau sejenis itu. A-Aku selesai, serius ini...

  Pekerjaanku selanjutnya masih banyak, tapi aku akan memberikan yang terbaik!

  Ngomong-ngomong, kalau tidak salah ada pengumuman yang tertulis di sampul buku ini, sebuah kabar baik, Oregairu mendapatkan adaptasi anime! Yay!

  Dulu kala, aku mengatakan hal-hal semacam ini, "Kenapa novel ini ada animenya meski penjualannya berada di papan bawah?" atau "Mengapa ini bisa menjadi pilihan utama adaptasi anime sedang penjualannya jelek, sebenarnya, apa sih pilihan utama?" atau "Sebuah konsep senjata yang bisa menghancurkan sebuah konsep yang disebut pilihan pertama adalah Logical Meltdowner (Watari Wataru)", tapi sekarang akhirnya menjadi sebuah anime...

       

  Sebuah hari di bulan Juni di sebuah tempat di Chiba, sambil memikirkan hal-hal yang jauh lebih manis daripada Max Coffee.

  Watari Wataru.





X Afterwords | END x

  

1 komentar: