Minggu, 03 Mei 2015

[ GUIDE ] Volcano Nest

     Well, untuk cap 80 sendiri saya tidak memiliki target guide apapun. Namun rencana awal saya memang tidak akan menulis guide Red Dragon Nest karena merasa buang-buang waktu. Mungkin beberapa guide nest disini bisa berguna kelak di level  80 anda. Kalau hendak diskusi tentang class ataupun hal lainnya, bisa add friend FB saya disini. Untuk WhatsApp / Line / BBM sengaja saya off-kan karena Handphone saya menjadi pasien charger akibat terlalu banyak PM via aplikasi tersebut. Well, good luck on your journey!



COMPLETE GUIDE

VOLCANO NEST






     Saya tidak akan menuliskan darimana anda mendapatkan tiket nest ini. ( yang benar saja! ), line up apa yang cocok anda gunakan, dan lain-lain. Line Up party adalah hak ketua party. Akan ada efek burn dimana-mana, dan pesta stomp di beberapa stage. Saya membuat beberapa rekaman skill boss yang harus anda lihat, karena saya rasa penting untuk dipelajari. Beberapa gerakan di video sangat berbahaya untuk dicoba GM pemula, jangan ditiru kecuali anda tahu apa yang anda lakukan! Lets start the game!



Video Full Stage









Full Run versi 'pemula'



















STAGE 1

LIZZARD AND F*CKING GIANT SPYDER





WHAT YOU SHOULD KNOWS...

  1. Lizzard dan Spyder memiliki all elemental resist 0%.
  2. Awal stage, akan spawn Lizzard. Ketika memasuki bar x2 party akan diteleportkan di area lain dimana di area tersebut ada Giant Spyder ( tanpa F*CKING ). Ketika Spyder mati, maka akan tersummon tangga menuju area dimana Lizzard berada. Setelah itu, party akan melawan Lizzard dan 10 detik kemudian akan spawn lagi Giant Spyder. Lizzard tewas, maka Spyder akan otomatis mati. Apabila Spyder mati, tidak akan mempengaruhi Lizzard karena Spyder adalah summon dari Lizzard.
  3. Per satu bar habis akan ada mekanisme stage. Gagal berarti wipe out alias TKO.
  4. Mekanisme stage bisa dicancel oleh Mecha Siren apabila terdapat ice layer tersisa di monster ketika cast mekanik stage. Ataupun dengan MechaShock  - Electrocuted Effect.
  5. Semua monster di stage ini maupun di seluruh stage Volcano Nest memiliki serangan critical. Jangan kaget apabila serangan yang seharusnya 30%-40% HP loss bisa sekarat ataupun one hit KO.




Nyahahaha ( keterangan gambar macam apa ini! )


Lizzard summon pillar hitam. Pillar hitam ini memberikan aura -20% defense dan attack bagi party yang berada di AoE. Hancurkan pillar tersebut secepatnya.


Lizzard kehilangan satu bar, siap-siap mekanik stage!


Knockback disertai time stop!


Lizzard mengurung dirinya dengan pillar. Dalam 10 detik sejak pillar tersummon, area luar pillar akan meledak dan one hit KO. Satu-satunya cara untuk selamat adalah hancurkan pillar dan masuk ke dalam. Lizzard di dalam pillar akan cast jampi-jampi, apabila kita berada di dekat Lizzard maka kita menerima buff anti ledakan.


Namun sayangnya, tidak semua pillar bisa dihancurkan. Hanya satu pillar yang bisa hancur, yaitu yang berwarna hitam. So, kalian harus cari dahulu pillar yang berwarna hitam lalu hancurkan.


Masuk dan menerima buff anti ledakan. BTW, class Bringer bisa langsung masuk ke area ini tanpa menghancurkan pillar dengan cara lompat + Plasma Burst ke arah tengah lingkaran pillar.


Pillar meledak, dan party selamat karena menerima buff anti ledakan.


Masuk bar kedua, mekanik lagi. Lalu setelah itu party diteleport ke daerah dimana ada Spyder.


Nyahaha


Spyder mati.


Ada tangga yang membantu kita kembali ke area atas dimana Lizzard berada.


Lizzard dan Spyder sekarang berada di satu area.


Ketika Lizzard mati, akan ada herbal untuk cure burn satu per member party.  Herbal ini cukup membantu kita untuk cure darurat. Setiap boss stage mati ( kecuali Phoenix ) akan ada herbal cure untuk member party. Satu herbal per orang.








STAGE 2

ANGRY LUGA HULK



  1. Hulk memiliki ice resist 20% dan Light / Fire / Dark resist 0%.
  2. Gerakannya hampir mirip dengan Hulk Prof K, so lebih familiar kita sebut Hulk saja.
  3. Stomp auto destroy summon.
  4. Confusing run clear buff dan summon.
  5. Burn di stage ini bisa stack sampai 2 lapis. Per burn damagenya 190K - 220K per tics dengan durasi 10 detik. So, kalau HP anda 1 juta dan dalam 6 detik tidak di cure maka anda akan tewas.
  6. Lava di sekeliling map ( batas map ) mengakibatkan burn.
  7. Mekanisme stage per satu bar habis. Ketika mencapai last bar, akan berulang per 40 detik sekali setelah mekanisme pergantian bar terjadi.
  8. Mekanisme stage yaitu Hulk akan summon batu api di posisi jam 2 / 6 / 9 map. Ketika solo, akan summon satu batu api di posisi random dari 2/6/9. Ketika berdua, akan summon 2 batu api di posisi 2 dan 9. Ketika bertiga ataupun berempat, maka batu api akan tersummon di 2/6/9. Tugas member party adalah mendorong batu api tersebut ke pinggir map, mirip cara mendorong barrel di awal Worm DDN. Sepuluh detik sejak tersummon, ada minimal satu batu api masih berada di map alias tidak berada di lava pinggir map, maka party wipe out.
  9. Triple stomp bisa dihindari dengan iFrame, sedang Stomp biasa Hulk tidak.
  10. Ketika Hulk teleport ke tengah map dan masih ada ice layer menempel di Hulk. Mecha Siren bisa menggagalkan mekanisme stage ini.
  11. Mecha Shock dan Mecha Siren bisa menggagalkan mekanik stage.






Video Stomp Hulk, bagi pembaca yang ingin mencari timing lompatnya.





Triple stomp Hulk. Jangan ditiru adegan MM berikut kecuali anda tahu apa yang anda lakukan! Dodge dengan melompat!







Nyahahaha


Kaki kanan Hulk menghentak tanah artinya summon fire tracer. Di random spot map akan tersummon beberapa sumber api statis, efek burn dan damage ketika menabraknya. Lalu ada 1-2 member party dikejar oleh api, mirip tracing explosionnya Manticore DDN. Efek burn dan damage ketika ditabrak api tersebut.


Hulk teleport ke tengah tanpa aura merah, pasti confusing roar.


Seluruh member party akan berlari ke arah pinggir map dengan durasi 4 detik dan bisa dicancel dengan ADAD. Namun apabila posisi anda berada di pinggir map ketika itu terjadi, pastikan anda segera ke area aman map lalu meminta cure atau memakan herbal cure.


Teleport ke tengah dengan aura merah, mekanik stage!


Tak ada yang istimewa, dorong batu api ke pinggir map.











STAGE 3

FLAME FLOWER STALKER


  1. Aturan utama di stage ini... JANGAN CAST SKILL ATAU HIT KRISTAL API DI MAP.
  2. Setiap kristal api yang hancur, akan menaikkan bar amarah Stalker. Per 60 detik Stalker akan cek bar amarahnya. Ketika mencapai titik tertentu, akan ada penalti ke seluruh member party. Bar emosi si Stalker bisa diturunkan apabila Stalker berada di genangan lava.
  3. Ada 3 lokasi genangan Lava di map, yaitu jam 12 / 4 / 8 map. Namun hanya ada satu lokasi genangan yang tidak memiliki lava. Dalam tempo waktu tertentu, lava akan muncul dan di spot lain lava akan turun dan kosong. So, member party akan aktif berpindah tempat pertarungan. Karena pertarungan di map yang penuh kristal api akan merugikan.
  4. Apabila ada Bringer, minta offkan Ninja Cat. Untuk Engineer, off Bebek. Disini, kualitas seorang Gearmaster akan diuji dimana kemampuan handling summon yang baik harus dilakukan. Baik cara menaruh tower ataupun kontrol akan Alpedo. Tapi apabila GM anda yakin bisa menghandle summon, silakan beri kebebasan untuk mengatur summonnya sendiri.
  5. Kristal bisa hancur pula oleh serangan Stalker sendiri. Pastikan anda pancing Stalker menuju spot lava yang kosong sehingga menghindari kristal yang hancur.
  6. Light resist Stalker 20% dan elemen lainnya 0%.
  7. Ledakan yang diakibatkan bar - emosi Stalker, apabila ledakan bukan full bar emosi, bisa ditahan dengan menggunakan ulti dari tree LF.
  8. Mecha Siren ( plus ice layer ) dan Mecha Shock bisa menggagalkan cek bar Stalker.






Cukup simple... apa yang akan terjadi dengan anda apabila Stalker cek bar.


Nyahahaha!


Cari Spot lava  yang kosong...


Disini saya set sendiri bagaimana cara bermain GM di stage ini. Bisa anda tiru apabila anda user GM. Summon tower berada di pinggir, Alfredo tersummon tanpa stomp. Dan anda HARUS benar-benar kontrol Alpedo anda agar tidak offisde ke area kristal api.


Ketika spot lava yang kosong ada tanda-tanda api muncul dari lantai, segera lari ke tengah map dan mencari area kosong lagi. Karena sebentar lagi lava akan muncul di area ini.


Stalker cek bar emosinya...


Memasuki bar terakhir, Stalker menandai satu member party dan cast charging. Member yang ditandai harap bersiap dan party memberikan area menghindar yang cukup.


Charging! Skill-skill Stalker lainnya saya kira cukup mudah untuk dihindari.










STAGE 4

KRONOS











  1. Memiliki Dark Resist 20%, elemen lainnya 0%.
  2. Mekanisme stage per satu bar habis. Ketika memasuki last bar, mekanik stage berulang tiap 40 detik sekali. Kronos summon 3 pillar di posisi jam 1 /5 / 10 map. Kronos akan menembakkan bola api ke random target. Random target akan dibidik dengan beberapa garis laser beruntun. Setelah laser terakhir, Kronos menembakkan bola api. Bola api tersebut dapat menghancurkan pillar. Total akan ada 3x tembakan. Karena akan ada 3 pillar, maka apabila satu tembakan meleset alias tidak terkena pillar, maka party akan wipe out.
  3. Memasuki x2.5 sampai mati, Kronos bisa summon 4 Fire Soul dan akan terdiam di posisinya. Ketika skill ini terjadi, semua summon akan otomatis mati. Disini triknya, hit 4 Fire Soul dahulu dengan serangan biasa. Ketika 4 Fire Soul habis, maka Kronos akan stun dan bisa di hit lagi. Namun apabila dalam proses ini Kronos terkena minimal satu hit antah berantah dan ada minimal 1 Fire Soul masih hidup, maka satu party akan Wipe Out.
  4. Memasuki x2.5 Kronos akan cast bola hitam ke random member. Memberi aura yang akan membunuh siapa saja yang didekat aura tersebut kecuali player yang terkena aura. Player yang terkena aura disarankan menjauh sampai aura habis.
  5. Alfredo / Bebek / Kucing Ninja dapat dijadikan random target ketika mekanik stage. Pastikan GM anda memiliki skill handling summon yang baik. SOP saya sebagai GM di stage ini yaitu : No Mecha Duck, Stop Tower ketika hendak ganti bar. Off Alpedo ketika mekanik di cast. Di Nest ini saatnya anda buktikan apakah anda seorang Gearmaster oplosan atau Master of Summons.Sudah saya buktikan sendiri, tidak masalah summon apapun. Bisa cek video pertama untuk pembuktian.
  6. Apabila mekanisme pillar gagal, anda dapat menggunakan ulti LF untuk menahan damage ledakannya. Damage yang diterima sekitar 800k - 1 juta. 
  7. Mekanisme mirror bisa digagalkan dengan Electrocuted Mecha Shock ataupun Mecha Siren ditambah Ice Layer.









Buat yang masih bingung dengan mekanisme stage ini







Salah satu skill berbahaya Kronos. Perhatikan cara dodgenya dan tanda Kronos akan cast skill ini selalu diawali dengan hentakan kaki. Arah Cleaves tidak paten dari satu spot, Fire Cleaves bisa muncul dari arah mana saja.








Kira-kira AoE bola api sebesar 2 - 2.5 meter. Berapa jauh 2 meter? Kita taruh simple saja, tinggi academic merupakan tinggi rata-rata usia gadis berumur 13 tahun. Sekitar 1,3 meter.











Nyahahaha


Fire Breath... Silence + Damage


Tongkat menghujam tanah, Fire Rain!


Fire Rain mengincar posisi terakhir tiap player. Cukup mudah, bergerak terus maka akan selamat.


Mekanik stage


Fire Soul...








FINAL STAGE

PHOENIX LAVANOK







  1. Phoenix memiliki Fire Resist 30%, elemen lainnya 0%.
  2. Stomp... stomp... stomp everywhere!
  3. Mekanik Stage Rotating Breath akan berulang per satu bar habis. Untuk last bar, mekanik akan berulang tiap 30 detik sekali.
  4. Saya akan menjelaskan detail-detail via video agar lebih mudah dimengerti. Stage ini adalah horor bagi Sorceress.
  5. Mekanik summon 3 Crocodile dan Rotating Phoenix Breath bisa dicancel Mecha Shoock - Electrocuted dan Mecha Siren dengan bantuan ice layer.









Oke basic info, seperti ini gaya si Phoenix sebelum stomp. Perhatikan timingnya.









Phoenix terbang vertikal ada 2 kemungkinan. Pertama langsung stomp seperti video  stomp. Lalu yang kedua adalah cast Tornado. Tornado mengincar random player, dan terkadang di tengah pengejaran Phoenix merubah targetnya. Tornado selalu diakhiri Phoenix dengan teleport ke tengah map dan Stomp!







Terbang dan paruh phoenix mengeluarkan angin dengan posisi charging. Phoenix akan menyemburkan api dari sisi kanan ke sisi kirinya. Semakin habis bar HP Phoenix, maka AoE sudutnya semakin luas mendekati 180 derajat. Area aman hanya di belakang Phoenix.








Phoenix charging. Efek apabila tertabrak skill ini yaitu damage dan debuff defense -20% selama 30 detik.









Memasuki x3 sampai mati Phoenix akan mengumpulkan player di bawah kaki Phoenix plus knockdown. Lalu memberi player buff black aura. Black aura perlahan membesar, dan member party selain yang terkena tanda aura tersebut berada di AoE akan instant kill ( termasuk summon ). Ketika di party 3 - 4 orang, kadang hanya 2 -3 orang saja yang terkena tanda. Namun tidak jarang keempat-empatnya terkena tanda sekaligus. Skill ini berulang sekitar 40 - 50 detik sekali. Simple, tugaskan 1 orang damager di party untuk tetap berada di kaki Phoenix dan melakukan free hit. Lainnya, anda perintahkan untuk saling menjauh.








Phoenix setelah selesai Rotating Breath ( RB ) akan stop di arah jam 4 map dan dengan cepat menuju tengah map. Setelah itu Phoenix cast stomp. Simple, ketika fire breath berhenti anda langsung melihat ke arah jam 4 dan lihat pergerakan Phoenix menuju map dan stomp.




Memasuki last bar, phoenix cast invicible charging. Phoenix akan menghilang dan bersembunyi di salah satu spot map. Summon bisa melacak posisi Phoenix. Disini saya mencoba meletakkan standard aksi untuk GM dalam situasi ini. Bergerak ke seluruh map dengan Mecha Duck dan Alpedo, tunggu Alpedo dan Bebek bereaksi maka disitu posisi Phoenix bersembunyi. Summon semua yang anda bisa. Dan jangan lupa, hindari laser Phoenix. Laser berakhir dan Phoenix akan terlihat di map, namun tidak lama kemudian akan Stomp!





Beginilah mekanisme RB Phoenix.  Posisi paling jelek berada di C karena kita harus memutar view hampir 180 derajat untuk melihat Phoenix. Ada pula tips langsung melihat map apabila ada di posisi C, lihat tengah map dan lihat gerakan Phoenix ketika telah tiba di tengah map. Posisi terbaik berada di A karena ketika breath berakhir view anda sudah melihat ke arah jam 4. ,maka anda bisa melihat jelas semua pergerakan Phoenix menuju mid dan stomp. Posisi biasa yaitu di B, anda hanya perlu menoleh ke arah kanan ketika RDB berakhir untuk mengikuti pergerakan Phoenix. Dimana posisi anda? Tentukan secara bijak!





Nyahaha gambar macam apa ini...

Jangan khawatir, kita akan pesta stomp disini.

Shield Crocodile selalu mengarah ke Phoenix. Namun ketika Phoenix mencapai arah jam 4, Crocodile akan berputar tak tentu arah ( ciee ). Yang tepat, anda ikuti sumber api  RB sambil berlindung di aura anti apinya.

Dari view posisi A, saya bisa melihat gerakan Phoenix menuju tengah map.

Naik ke atas untuk stomp.

Stomp!

Invicible Charging... Phoenix selalu cast laser dahulu baru diikuti charging kloningannya. Phoenix yang asli tidak terlihat oleh mata di posisi map. Namun summon bisa hit dan mencarinya.

Phoenix off dari status invisible dan langsung cast Stomp!

Stomp!

Oh satu lagi, Phoenix bisa cast clear buff 1 map. Cooldown sekitar 40 - 50 detik sekali.




Tidak ada guide Volcano dengan GM sebagai PoV, disini saya menyusun sendiri standard prosedur GM di VN. Kepada user GM, gunakan skill-skill yang anda pelajari di guide 70 dan sedikit improvisasi. Akhir kata, Happy Dragon Nest^^