Minggu, 03 Mei 2015

[ GUIDE ] Extra Chapter - Level 80 Ice Gearmaster by ZCuneAoi



     Yahallo! Kali ini sesuai janji yang saya tulis di artikel elemental Gearmaster ( GM ), maka build GM di cap 80 akan difokuskan pada Ice Gearmaster. Mungkin akan banyak orang merasa aneh dan meremehkan Ice GM, sekali anda tenggelam dalam artikel ini maka anda akan memiliki perspektif berbeda terhadap Ice GM. Saya tidak akan menjelaskan panjang lebar seperti Ice GM pada Light / Dark GM karena build tersebut sangat mainstream. Saya merasa Ice GM sangat cocok dengan playstyle saya. Mungkin bila tidak cocok dengan anda, maka anda bisa mencoba Light atau Dark GM. Saya tidak menyarankan anda untuk menjadi GM netral seperti yang saya lakukan di level 70, waktu itu saya memang sengaja menggunakan GM netral untuk mengakhiri debat siapa type GM terbaik untuk level 70. Toh dengan type netral sekalipun saya bisa menyelesaikan BDN Normal dan BDN HC, apalagi dengan Elemental GM!




 Hasil gambar untuk gearmaster dragon nest



" If Aoi use Iceberg jade as her main armament, there must be something damn good with Ice Gearmaster! "


    Untuk cara bermain Ice Gearmaster, anda akan disupply video-video yang release setelah artikel ini dengan gaya bermain Ice Gearmaster. Video terdekat adalah tentang Guide GM di Volcano Nest. Untuk basic build skill dan apapun soal Gearmaster, anda bisa klik link berikut. Apabila ada pertanyaan atau diskusi yang membutuhkan jawaban mendetail, anda bisa invite friend Facebook saya disini. So, stay tuned guys!










ICE GEARMASTER BY ZCUNEAOI



Masih ingat memory ketika clear BDN pertama kali pada tahun lalu? Party saya ketika itu diisi oleh orang yang tidak memiliki Gears luar biasa. Kebanyakan dari mereka ( sampai saat ini ) masih kesulitan di BDN. Clearnya pun hanya diisi oleh beberapa orang yang hidup.

Karena pertimbangan itulah, akhirnya saya memilih Ice Gearmaster. Ketika member yang lain telah tewas, maka anda harus menyelesaikan semuanya sendirian. Sendirian bukan alasan anda untuk tidak clear, selama ada senjata untuk ditembakkan maka disitulah anda akan berjuang hingga darah terakhir.

     Ice Gearmaster, adalah konsep GM dimana si GM itu sendiri adalah pusat dari debuff dan boost attacknya. Berbeda dengan Light dan Dark GM dimana anda hanya menyumbang -15% resist dari Chemical Grenade, sedang untuk resist dan boost elemen lainnya tergantung dari member party anda. Harus saya akui, Light GM ataupun Dark GM menghasilkan damage yang lebih baik daripada Ice GM dalam party Raid, tentu saja apabila semua member dalam keadaan hidup. Namun apabila member party mulai tewas satu persatu, Light dan Dark GM akan mengalami penurunan damage yang signifikan. Namun di party 2 dan 4 orang, Ice Gearmaster sangat superior ( terlebih solo mode ). Ketika di Naga menyisakan Ice GM sendirian ataupun bersama kurang dari 4 orang tersisa, jika Naga merasa sedang di atas angin, maka Ice GM akan memberikan mimpi buruk bagi Naga tersebut.





WHY I CHOOSE ICE GEARMASTER?

  1. Anda adalah orang yang suka bermain dengan disiplin dan memiliki ketelitian terhadap detail.
  2. Anda sering menjadi last man standing dalam party Raid.
  3. Anda tidak suka menunggu lama di party, dimana Dark dan Light membutuhkan class tertentu agar bisa menghasilkan damage terbaik. Untuk Ice GM, damage terbaik tergantung pada anda sendiri!
  4. Anda sudah muak dengan omong kosong line up party, harus membawa class ini itu.
  5. Anda suka solo dungeon atau nest, dan mengejar achievement-achievement solo.
  6. Anda bermental baja untuk dikatakan Gearmaster gila karena memakai jade Iceberg.
  7. Anda orang yang anti - mainstream.





THE ADVANTAGE BEING GEARMASTER WITH ICEBERG JADE

  1. Bukan rahasia lagi, GM dapat boosting attacknya secara mandiri sebesar +30% melalui Mechanic Mode. Ini berlaku juga terhadap summon tower / Mechaduck / Alpedo.
  2. Chemical Grenade mampu mengurangi Ice Resist target sebesar 15%.
  3. Ice Tower mampu mengurangi Ice Resist target sebesar 30%.
  4. MM Ice mampu mengurangi Ice Resist target sebesar 30%.
    Total secara mandiri Ice GM memperoleh attack up 30% dan Debuff Ice Resist sebesar -75%. Secara kasar, Ice GM sendirian mampu boost damagenya hingga sekitar 105% up! Untuk saat ini, Ice GM adalah satu-satunya class pengguna converter yang mampu menghasilkan boost damage yang sangat signifikan hanya mengandalkan dirinya sendiri.






HISTORY OF ICE GEARMASTER

  1. Pada April 2014, Developer Eye Dentity menulis ulang sebagian besar skillnya dan menambahkan beberapa skill baru kepada Engineer. Hal tersebut mengubah cara bermain GM untuk selamanya. Kejadian ini familiar dengan nama Revamp Engineer. MM Ice, debuff ice resistnya stack dengan Ice Tower. Disinilah sejarah Ice Gearmaster dimulai.
  2. September 2014, balancing Guardian dan Physician. Elemental Aura diubah dari sebelumnya memberi ice dan fire attack serta defnya, menjadi memberi ice / fire / light attack. Akibatnya, light party yang sebelumnya bermain dengan Conviction Aura berubah memakai Elemental Aura. Ice GM yang bergabung ke light party atau sekedar membawa Guardian / Crusader di party kecil damagenya menjadi tidak normal alias overpower. Mengapa? Ice GM memperoleh Ice Attack +30% dan summonnya memperoleh +60%, sedang resist Ice yang dihasilkan sangat tinggi.
  3. November - Desember 2014, Balancing Barbarian dan Screamer. Diduga, akibat terjadinya nomor 2 maka MM Ice tidak lagi dapat memberikan debuff Ice Resist yang stack dengan Ice Tower. Developer beralasan MM Ice dapat stack debuff karena bug, lucunya bug tersebut bertahan 8 bulan tidak di fix! Menurut saya ini alasan yang dibuat-buat untuk nerf Ice GM. Kompensasinya, MM Chainsaw diberi maksimal jarak tembakan setara towernya. Sebelumnya MM Chainsaw hanya memiliki jarak tembak sekitar 6 meter, sedang tower aslinya 8 meter. Balancing ini juga memberikan nerf pada Shooting Star, utamanya SS sudah tidak bisa menggunakan MM untuk cast skill dengan syarat ammo dan Pingpong Ex.



HOW TO BUILD ICE GEARMASTER

    Seperti biasa, agar tidak terlihat seperti omong kosong maka saya lampirkan contoh build gearsnya. Perlu diketahui bahwa level 80 yang sekarang anda lihat di artikel ini belum update High Jade dan Accessories level 80.
































HAPPY DRAGON NEST ^^