Rabu, 06 Januari 2016

[ FOR FUN ] Oregairu : Anime = Light Novel?

  Saya sempat melihat beberapa forum mengenai anime Oregairu, seperti yang diduga, semuanya ramai ini-itu. Tapi, ada beberapa (bisa dihitung dengan jari) yang berkomentar kalau anime Oregairu Zoku sudah mengacaukan versi Novelnya. Jujur saja, sebenarnya komentar tersebut-lah yang benar. Versi animenya, meski beralasan keterbatasan episode tidak bisa mengcover seluruh isi novel, bukanlah alasan untuk membuat versi animenya tidak sesuai LN. Berikut saya rangkum beberapa kejadian di anime zoku yang berbeda dengan edisi novel. Jujur saja, jika kejadian-kejadian ini diterapkan di animenya, mungkin pemirsanya tidak akan bingung dengan ending zoku. Mengenai gambar second kitchen, sebenarnya di novel tertulis First Kitchen. Tapi mungkin karena masalah hak cipta (First Kitchen benar-benar nama sebuah resto fast food di Jepun sana!), masalah ini juga berlaku ke Destiny Land yang merupakan nama alternatif untuk Disney Land Jepang. Well, karena saya tidak punya waktu untuk cover semua adegan di anime, saya akan ambil beberapa saja yang terlihat menarik. Let's check this out!

x  x  x



Sebenarnya, sebelum adegan ini, di Restoran Ramen Tenka Ipin, Sensei memberitahu Yukino kalau orang yang marah kepadanya sebenarnya orang yang peduli dengannya. Ini mengingatkan Yukino kejadian di festival olahraga vol 6.5 dimana Hachiman memarahinya ketika menjadi wakil ketua panitia Festival Olahraga. Jadi, Yukino memiliki alasan mengapa dia merasa nyaman berjalan di samping Hachiman meski ada gosip mereka pacaran.






Entah mengapa versi anime mereka dibuat terpisah penginapannya. Tapi jika dibuat terpisah, memang kejadian mereka berjalan terpisah menjadi masuk akal.






Entah mengapa animenya membuat jarak sangat jauh antara Hachiman dan Yukino. Positif thinking saja!






Ini memang agak aneh. Jika tidak ada satupun buku, membuat Haruno nongkrong  restoran itu sebagai tanda tanya besar. Positif thinking saja!






Ini juga aneh. Versi animenya membuat Hachiman seolah-olah sering melirik ke Yui, Hayama, Miura, dan Ebina...sehingga banyak pemirsa yang salah paham. Aslinya, Hachiman mengintip ke paha Miura karena di musim dingin mayoritas gadis di kelas 2F memakai celana ekstra agar tubuhnya hangat. Tapi, Miura tidak, sehingga pahanya terlihat jelas. Juga, Hachiman hendak mengintip celana dalam Miura dalam adegan ini versi novelnya.






Menurut saya, ini adegan terpenting dan animenya sudah membuat kesalahan besar. Selain tidak menampilkan monolog Hachiman yang menyukai momen itu, juga menggambarkan tangan Yukino yang hanya menyentuh lengan jaket Hachiman. Di monolog novelnya, Hachiman merasakan kalau kulit mereka bersentuhan. Logisnya, tangan Yukino yang memakai sarung tangan menggenggam tangan Hachiman. Lalu, Hachiman merasa tangan Yukino tersebut serasa menyentuhnya tanpa ada satupun pembatas. Jika animenya menampilkan monolog dan adegannya secara tepat, mungkin ini memberikan dampak yang luar biasa bagi pemirsanya.













Entah mengapa animenya menggambarkan Yukino hanya memegang Hachiman ketika kereta mengerem mendadak. Versi LN-nya, Yukino memegangi Hachiman semenjak kereta mulai berjalan hingga berhenti. Ini membuat adegan berpegangan tangan ketika naik perahu Gold Mountain menjadi logis. Yukino terlihat terbuka ketika berduaan dengan Hachiman (tidak jual mahal). Ini juga adegan penting yang digambarkan salah di animenya.







Di volume 2, Hachiman terang-terangan mengatakan akan mengambil jurusan Liberal Art di universitas swasta. Entah versi animenya seperti jurusan 'aneh'. Lalu di animenya, percakapan mereka terkesan tidak memberikan 'kesimpulan'. Sedang versi LN, Yukino mengajak Hachiman kuliah bersama-sama di Liberal Art, lalu Hachiman menyetujuinya. Menurut saya, ini titik terpenting dalam zoku, dimana Yukino dan Hachiman sepakat setelah lulus SMA mereka akan bersama-sama lagi di universitas. Mengenai universitas yang dituju, melihat petunjuk di vol 7, kemungkinan besar Universitas Doshisha di Kyoto.






Siapapun yang melihat animenya tanpa membaca LN-nya, 99.99% saya jamin akan menganggap Hachiman tiba-tiba kesurupan dan mengajak kencan Yui. Ternyata di LN-nya, Hachiman ingin membelikan Komachi hadiah Valentine karena setiap tahunnya Komachi selalu memberikannya coklat. Di vol 10 chapter 2, Komachi mengatakan ke Hachiman kalau selera belanja Yui dan Komachi sama. Jadi, mengajak Yui untuk belanja hadiah Komachi merupakan hal yang wajar.







Ini adalah adegan penting, super penting, dimana harusnya menunjukkan kalau Yukino tahu mengenai Kaori, gadis yang menolak Hachiman di SMP. Versi animenya, tidak terjadi apapun. Namun di LN, terjadi perang dingin antara Kaori dan Yukino ketika Kaori menyapa Hachiman.







Adegan ini harusnya bisa digambarkan dengan baik di animenya, entah mengapa jarak wajah mereka sangat jauh. Di LN, wajah mereka super dekat dan suasananya sangat awkward.







Sebenarnya, tidak hanya adegan Hachiman dan Yukino yang dirugikan oleh animenya, adegan interaksi antara Iroha dan Hachiman juga ditiadakan atau SENGAJA DITIADAKAN. Harusnya, ini menjadi adegan penting, dimana Hachiman menerima coklat valentine pertamanya. Harusnya, animenya menayangkan proses Iroha yang memberikan coklat valentinenya kepada Hachiman.







Ini juga adegan penting, tapi sengaja ditiadakan dan dibuat versi mereka. Jika mengikuti versi LN, maka kejadian esok hari dimana Haruno disuruh Ibunya untuk tinggal bersama di apartemen Yukino menjadi masuk akal. Itu karena Ibu Yukino melihat detail ke arah Hachiman dari balik kaca mobil. Ini menjelaskan volume 3 dimana Haruno sudah memberikan peringatan agar tidak mengacau ketika tinggal sendirian di apartemen. Namun, karena animenya meniadakan adegan ini, esok harinya ketika Haruno menjemput Yukino, pemirsa menjadi tanda tanya, memangnya apa alasannya sehingga Haruno harus tinggal dengan Yukino?







Saya 99.99% yakin setelah anime menggambarkan Hachiman mengajak kencan Yui di episode 12, maka akan berimajinasi lebih jauh di adegan gambar di atas. Hachiman di animenya, tiba-tiba Yui mengajak kencan dan Hachiman datang ke TKP. Versi LN, Hachiman menyetujui ajakan itu untuk membayar hutang kencan di vol 6 chapter 7, dan juga pernah menolak membahasnya lebih lanjut di vol 9 chapter 7. Penjelasan mengapa Hachiman menyetujui ajakan Yui ada di monolog vol 11 chapter 8, tentunya versi anime tidak menayangkan itu atau sengaja ditiadakan.







Disini, pemirsa anime sangat kebingungan dengan apa yang terjadi. Tetapi, berbeda dengan versi novelnya. Di versi novel, Hachiman tahu kalau itu adalah coklat yang harusnya diberikan ke orang yang disukai Yui di vol 1, dan Hachiman merasa Yukino-pun tahu dan menyadarinya. Oleh karena itu, sikap Yukino di anime yang tiba-tiba menahan diri untuk memberikan coklatnya menjadi masuk akal. Baik Yukino dan Hachiman di adegan ini tahu kalau Yui menyukai Hachiman.







  Well, kita tidak bisa menyalahkan animenya, mungkin mereka juga harus mempertimbangkan tentang penjualan merchandise, sponsor, dll dan harus membuat posisi gadis-gadis di Oregairu setara. Bisa juga penulis naskahnya membaca LN-nya dengan terburu-buru. Positif thinking saja.

  Oleh karena itu, saya menanyakan kepada teman-teman saya di FB yang berposisi sebagai anime anthusiast dan tidak pernah membaca LN Oregairu. Jadi, mereka membuat kesimpulan ini hanya dari menonton animenya. Apa yang saya dapatkan :
  1. Mereka tidak paham apa yang terjadi di episode 13.
  2. Mereka tidak paham metode Hachiman untuk mendapatkan info jurusan Hayama di marathon Chiba.
  3. Mereka tidak paham apa sebenarnya jurusan Hachiman, dan mereka menganggap Yukino dan Hachiman tidak membuat satupun kesimpulan tentang masa depan mereka.
  4. Menurut mereka, Yukino / Yui / Iroha memiliki peluang yang sama untuk menjadi pasangan Hachiman.
  5. Mereka tidak paham percakapan sensei-Hachiman di episode 8.
  6. Mereka tidak paham mengapa Yukino membenci Hachiman di ending episode 2.

  Lalu, saya mencoba memberikan gambar-gambar di atas kepada teman saya dan dia berjanji akan memberikan jawabannya sehari setelahnya plus beberapa kali mengobrol dengan saya di chatbox mengenai detail adegan. Setelah saya dapatkan, berikut jawaban mereka :
  1. Ending episode 13 terjadi karena Yui melihat adegan UKS episode 11 dimana Yukino dan Hachiman berjanji setelah lulus akan kuliah bersama.
  2. Hachiman berusaha mengulur hutang kencan tersebut dua kali, pertama di episode 11 season 1, dan episode 9 zoku. Jelas ada sesuatu dengan Hachiman.
  3. Yui mungkin menduga Hachiman menyukai Yukino, tetapi tersandera olehnya karena tidak ingin melihat Yui terluka. Oleh karena itu, Yui membuat sandiwara dengan memberitahu Hachiman kalau pria yang disukainya di episode 1 season 1 adalah Hachiman. Menurut mereka, Yui berusaha menyelesaikan masalah tersebut untuk selama-lamanya.
  4. Mungkin Ibu Yukino menduga kalau Hachiman adalah pacar Yukino di episode 12 zoku. Dan menyuruh Haruno tinggal seatap dengan Yukino karena alasan tersebut.
  5. Hachiman menyukai Yukino, dan satu-satunya gadis yang berubah sejak episode 8 adalah Yukino.
  6. Apapun itu, coklat valentine dari Iroha bisa berbuntut panjang.


  Well, itu hanya eksperimen singkat dengan teman di chatbox FB, bagaimana sebuah anime adaptasi dari LN yang menyimpang bisa membuat perbedaan yang signifikan. Sampai sekarangpun, pertanyaan mengenai metode untuk memperoleh jawaban jurusan Hayama masih banyak ditanyakan, padahal di LN-nya sangat jelas. Memang, tidak ada yang sempurna, dan pastinya banyak anime adaptasi LN yang berbeda dengan versi LNnya, tidak hanya Oregairu. Tapi, jika itu sudah dirasa menghibur, saya rasa animenya sudah cukup baik. Bukankah tujuan utama anime itu untuk menghibur pemirsanya?

2 komentar:

  1. min mau nanya, anime oregairu season 2 itu sampai jilid dan bab berapa di LNnya ? pengen tau kelanjutannya gimana nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Episode 13 zoku itu volume 11 chapter 7-9.

      Hapus