Selasa, 31 Januari 2017

[ REVIEW ] Gundam Iron Blooded-Orphans Episode 41 : Natural For A Human






Haha, Mari Okada membuat kejutan kali ini. Kita yang biasanya menduga kalau ini adalah episode tenang, ternyata diluar ekspektasi. Lafter tewas...

Sebenarnya, ketika saya memikirkan beberapa hal tentang seri ini, saya menemukan hal yang menarik, dan ini berkaitan dengan trope Gundam.

Misalnya, dalam seri originalnya, Char dan Garma berteman baik. Mereka adalah teman seangkatan ketika menempuh pendidikan militer. Apa yang terjadi? Char menjebak Garma dan akhirnya Garma terbunuh. Apakah anda heran? Tidak heran sih, Char sendiri bahkan menjebak Lino, teman satu kamarnya, dan membuatnya terbunuh dalam serangan ke markas Federasi.

Namun disini yang menarik: Bagaimana jika Garma ternyata berhasil selamat dari jebakan Char? Muncullah Vidar...

MC biasanya memiliki kekuatan super atau di atas manusia rata-rata. Jika di seri UC ada newtype, 00 ada innovator, maka di IBO ada AV user.

Jika kekuatan yang lain bisa dipakai sekehendak hati, maka di IBO berbeda. Untuk memaksimalkan potensi AV, maka Gundam akan "meminta tumbal" kepada MC. Setiap selesai, maka Gundam akan meminta satu atau beberapa fungsi bagian tubuh MC.

Err, ini mungkin bukan hendak menyindir, tapi kita sudah terlalu sering melihat senjata beam dengan sekali hit langsung meledakkan mobile suit musuh (kebanyakan GM). Tapi disini...Senjata melee berkuasa!





Biasanya, pelaku seluruh aksi ini adalah orang yang paling diuntungkan oleh situasi akhir. Disini terlihat jelas, setelah kematian Naze, Jasley harusnya menjadi satu-satunya orang kepercayaan McMurdo. Namun, McMurdo tidak semudah itu, dan tampaknya tahu apa yang terjadi.

Sebenarnya, ini adalah konflik antara Naze dan Jasley. Tekkadan hanya kebetulan berada di posisi yang bisa dimanfaatkan. Jika Tekkadan tidak ada, maka Jasley akan mencari pihak lainnya untuk dilibatkan dalam skenarionya.



Melihat perilaku Jasley di tempat berkabung Naze, mudah saja bagi Orga dan yang lainnya untuk menyimpulkan kalau tersangka semua ini adalah Jasley.



Sebenarnya, Rustal disini menebarkan ancaman kepada Iok. Aksi Iok dengan menggunakan Dainsleif membuat McGillis memperoleh bahan untuk menjatuhkan faksi Rustal. Harusnya Iok tahu kalau yang ingin Rustal katakan sebenarnya: Jika kau lakukan hal bodoh seperti itu lagi, aku akan menendangmu keluar!



Salah satu adegan favorit saya dan quote dari Eugene:

"Ada hal yang disebut cinta diluar sana dan tidak bisa dibeli dengan uang."



Sekali lagi, aturan kita yang lalu. Jika ada karakter support tiba-tiba mendapatkan flashback masa lalu, maka death flag sudah ditempelkan di atas kepala karakter tersebut.

Akhirnya Lafter tidak sempat mengungkapkan perasaannya ke Akihiro...



Rupanya, kali ini Orga mulai berpikir waras. Ambisinya untuk menjadi pemimpin Mars, terus maju ke depan pantang mundur...Kini memakan korban lagi. Setelah Mika lumpuh separuh, Naze tewas, Amida tewas, kini lafter terbunuh. Saya benar-benar berharap Orga memikirkan kembali seluruh ambisinya ini. Orga selalu memilih jalan tercepat, tidak peduli harus berkorban apa. Namun bagaimana jika satu-persatu orang terdekatnya kini mulai menjadi korbannya?

Kalau anda jeli, hal yang sama juga terjadi dengan McGillis. Demi menjadi pemimpin tertinggi Gjallahorn, McGillis mengorbankan Carta dan Gaileo, bahkan menyiapkan jebakan untuk ayah angkatnya. Masalahnya timbul ketika McGillis memang sejak lahir seorang pedofil psikopat, tapi Orga secara perlahan-lahan berubah dan mirip dengan perilaku McGillis.



Salah satu adegan favorit juga disini, membuat bayi dengan Atra? Hmm...

Oke, romansa bukanlah poin terkuat seri Gundam. Anggap aja ini sebagai selingan...



Oke, ini poin terkuat dari seri Gundam. Konspirasi, lalu karakter yang anda pedulikan dan anda punya simpati kepadanya...Tiba-tiba dibunuh oleh hitman.

Jika pemirsa selama beberapa minggu yang lalu sangat kesal kepada Iok Kujan, kini kekesalan anda bertambah satu lagi, Jasley!



Jujur saja, di adegan ini saya masih berharap Lafter terselamatkan. Tapi kita tahu ini cerita ala Mari Okada, jadi urungkan saja niat anda. Sial...



Mungkin karena edisi Tahun Baru dan Imlek, kita mendengar kata-kata McGillis di gambar atas seperti sebuah obral janji gombal. McGillis mengatakan hal yang sama ke Carta dan Gaileo, dan McGillis membunuh mereka berdua. Satu-satunya kesalahan dalam franchise Gundam adalah ketika MC mempercayai dan membuat perjanjian dengan Char Clone.



Orga memberikan license to kill kepada Mika, untuk menghabisi Jasley. Saya sangat menyukai desain Lupus Rex kali ini. Ayolah, kita bosan dengan tampilan Gundam yang itu-itu saja.


Aturan tidak tertulis dalam franchise ini dan dilakukan oleh Lafter:
"Jika bukan karakter utama, jangan jatuh cinta dengan siapapun di seri ini"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar