Selasa, 17 Januari 2017

[ REVIEW ] Gundam Iron Blooded-Orphans Episode 39 : Counsel




  Oke, ini episode dengan fan-service terlengkap. Tapi tentunya, ini bukanlah artikel sejenis itu, jadi kita skip saja tentang hal tersebut. Sebelum mulai, mari kita pelajari sejenak tentang asal-usul nama dari Gundam disini.

  Ke-72 Gundam Frame disini memakai nama Iblis yang diambil dari buku Ars Goetia. Jika anda surfing di beberapa forum klenik ataupun deep-web, banyak yang meyakini kalau lambang-lambang  iblis disini biasa digunakan untuk mensummon iblis tersebut. Biasanya, ditambah sedikit ini-itu, lalu si manusia mengutarakan maksudnya mensummon iblis tersebut, dan membuat kontrak. Oke, kita tidak membahas lebih jauh soal ini.

  Ini memang mirip dengan situasi Mika dalam seri IBO. Mika membuat permintaan kepada Barbatos untuk mengalahkan Ein dan Hasmal, tentunya Barbatos meminta tumbal atas permintaan kliennya itu. Mirip sekali dengan cara kerja cerita sebelumnya, benar tidak?




Barbatos ini dikisahkan adalah Iblis dengan jenggot yang tebal (ada di form Lupus). Bisa berbicara dengan hewan (Barbatos berbicara dengan Mika), kakek tua, dll. Lucu jika mengingat episode 2 season 1, Almarhumah Crank menyebut Barbatos mesin tua.



Lupus disini berarti serigala. Namun apa hubungannya? Ini terjawab di gambar-gambar selanjutnya.



Gusion sendiri diceritakan bisa memberitahu masa lalu, saat ini, dan masa depan. Gusion dikatakan bisa memberikan kliennya kemampuan dalam pertemanan, dan juga memberikan harga diri yang tinggi kepada kliennya. Hmm, tidak lupa kalau Gusion ini dikisahkan kalau bentuk kepalanya mirip anjing, mengingatkan saya kalau kepala Gusion memiliki dua mode (aim-normal).



Dikisahkan, Flauros ini bentuknya seperti manusia leopard. Flauros juga menerima perintah klien manusia yang memintanya untuk menghabisi iblis lainnya, tentu jika tumbalnya dipenuhi.



Dikisahkan, Astaroth ini bentuknya mirip manusia yang memiliki sayap, memegang ular di salah satu tangannya, dengan tangan lainnya mengendalikan makhluk seperti naga. Di kepala Astaroth juga, ada mahkota yang disematkan kepadanya. Iblis ini konon katanya bisa memberitahu tempat harta karun dan memberikan kekuatan luar biasa kepada klien manusianya, Hiiii~




Kimaris ini dicirikan sebagai Iblis berbentuk seorang ksatria hitam yang mengendarai kuda. Kimaris juga bisa membuat pria manapun menjadi seorang ksatria tangguh dengan loyalitas tinggi. Ini membuat saya secara otomatis teringat dengan form Kimaris Trooper yang berbentuk centaur, juga Ein yang menjadi prajurit loyal setelah berinteraksi dengan Vidar, eh GaliGali.




Vidar ini dikisahkan sebagai anak dari Odin, yang hidup untuk membalas dendam kematian ayahnya. Dia memiliki ambisi untuk menghabisi Fenrir, sang serigala...


Oke, kita skip pelajaran sejarahnya dan kembali ke review!










Jujur saja, sebenarnya saya sudah bosan dengan KudeliaxMikaxAthra ataupun ShinoxYamagi (WTF!). AkihiroxLafter is real!

Tapi seperti biasanya, Lafter ini dalam beberapa episode terakhir memakan banyak sekali porsi adegan untuk menggambarkan perasaannya ke Akihiro. Artinya, ini sama saja dengan memberikan death flag ke Lafter!

Dalam season pertama, ada dua kematian besar, yaitu Fumitan dan Biscuit. Saya percaya Aston bukanlah kematian yang terakhir, tapi akan ada lagi yang mati...Tapi siapa?



Dengan mudahnya Iok disetir oleh Jasley. Namun, kata-kata Jasley memang sepenuhnya benar. Satu-satunya orang yang menjamin Tekkadan ke Teiwaz adalah Naze sendiri. Jika Naze menimbulkan masalah bagi Teiwaz, maka Teiwaz tentunya akan mempertanyakan kembali tentang keberadaan Tekkadan di dalam organisasi mereka.



Jadi, dua benda di gambar sebenarnya adalah meriam Flauros yang sebenarnya. Namun, paska Bencana Peperangan, benda ini dilarang penggunaannya. Sebenarnya, apa sih efeknya?



Kini, saya mulai mencurigai Vidar sendiri. Seperti kata Rustal, harusnya semua kekonyolan ini bisa segera diakhiri jika Vidar membuka topengnya. Namun alasan Vidar yaitu untuk melihat motif asli McGillis, menurut saya agak aneh.

Mungkinkah Vidar sendiri ini juga "kongkalikong" dengan McGillis, yaitu untuk menggulingkan Rustal?



Jadi nama senjata Flauros yang sebenarnya adalah Dainsleif. Semacam meriam railgun dengan amunisi khusus. Konon katanya, tembakan meriam ini bisa tembus Nano Laminated armor dengan mudah.

Jika McGillis mengatakan tiba saatnya untuk bergerak, pertanyaannya yaitu: McGillis akan memakai apa? Ayolah, jangan bilang memakai Graze setipe dengan milik Carta! Mungkinkah McGillis akan memakai Gundam Bael?



Dua gadis di atas, merencanakan untuk membuat rute harem...Entahlah, kita fokus ke AkihiroxLafter saja...



Oke, joke tentang bayi dan ekspresi wajah Athra memang lucu disini...



Kalau Amida disini diberi nilai 10/10, maka Amida di masa lalu saya beri nilai 12/10! Really smokin hot!

Kita semua tahu, ketika ada karakter bukan karakter utama memiliki momen untuk flashback dan menjelaskan tentang asal-usulnya, maka disana ada death flag. Maksud saya, serius death flag. Entah Naze sendiri, atau Amida, atau Lafter, ataukah...Akan ada yang mati. Semoga tebakan saya salah!



Tentu saja, bagi organisasi mafia semacam Teiwaz, bisa mengobrol santai dengan tukang jagal terbaik mereka merupakan hal yang menyenangkan.

Ini juga artinya, Isaribi sedang berada di Saisei. Artinya juga, Barbatos sedang dalam perbaikan menuju form berikutnya! D4mn you Bandai!



Oke, jebakan Jasley ternyata berbuntut panjang. Kata-kata Naze benar, ini sebenarnya antara Naze dan oknum Teiwaz (Jasley). Tekkadan terlibat karena kebetulan saja ada peluang untuk dimanfaatkan. Jika bukan Tekkadan, maka Jasley akan mencari orang lain untuk dilibatkan. Selain itu, ini memberikan Naze tambahan poin big bro bagi Orga!

*Saya masih lebih suka OP Raise Your Flag dan ED Orphan Namida! Tapi tolong jangan tiba-tiba putar Orphan Namida ketika death flag sedang banyak-banyaknya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar