Selasa, 31 Januari 2017

[ FOR FUN ] Oregairu : Kompilasi Pertanyaan -3

Siapa saja, tolong cepat nikahi dia!
padahal adminnya sendiri masih jomblo!





Oke, karena semua pertanyaan sudah menumpuk, saya akan mencoba menjawab beberapa pertanyaan yang menurut saya menarik. Tentunya, saya bukan Watari Wataru atau entah siapa nama aslinya, ini adalah jawaban versi saya. Silakan percayai jika anda yakini benar, silakan anggap sebagai selingan saja jika anda meyakini jawaban anda sendiri.






PENULIS BLOG INI SEBENARNYA MENDUKUNG GADIS YANG MANA?
Ada pertanyaan yang sebenarnya pantas untuk langsung dijawab, dan ada tidak. Ini adalah salah satu yang tidak. Tapi karena sudah cukup banyak yang bertanya, saya jelaskan sekali lagi.

Bagi yang sudah baca light novel dari volume 1 hingga 11, beserta tiga volume versi setengah, semua tahu Hachiman menyukai gadis yang mana. Bahkan, gadis satunya sudah diberi ending alternatif di seri [A].

Jadi apa jawaban saya?

Yang salah adalah pertanyaannya. Jika ingin mencari pembenaran versi perasaan emosional anda yang sudah sangat mendalam dengan salah satu gadis, maka jangan tanya disini, tanya di tempat lain.

Si MC sudah menyukai gadis tersebut sejak pertemuan pertama, sekian dan terima kasih.






BAGAIMANA CARA MENGONTAK ADMIN/ PENULIS/ YANG BERTANGGUNG JAWAB DENGAN BLOG INI? RENCANA PROYEK LN SELANJUTNYA? ADA RENCANA UNTUK PDF OREGAIRU?

Melalui facebook, bisa mengobrol lewat aplikasi facebook messenger. Bisa lewat whatsapp atau instagram, 082234527545. Saya bukan orang yang misterius, sok anti-sosial, orang super fenting, jual mahal, atau bagaimana. Bebas jika anda punya perlu dengan saya. Anda bisa memanggil saya Dan/ Daniel/ Aoi/ dll. Aoi itu warna favorit saya.

Salah satu yang sedang saya pertimbangkan adalah Hyouka, tapi ada yang sedang mengerjakan itu, konon katanya masih translator pemula, jadi saya masih memikirkan itu dahulu. Well, masih ada beberapa chapter di Oregairu yang harus ditranslate, kita lihat perkembangannya nanti.

Oregairu volume 12? Saya tidak tahu rilis kapan, satu-satunya sumber valid hanya dari Watari sendiri, ataupun website GaGaGa. Selain itu, semuanya masih spekulasi.

Jujur saja, jika saya buat PDF-nya, seandainya nanti rilis versi resmi berbahasa Indonesia, saya pasti akan merasa bersalah dengan angka penjualan mereka. Ini juga, sesuatu yang harus saya pertimbangkan baik-baik. BTW, rencana awalnya, masalah PDF ini akan dipertimbangkan setelah Oregairu tamat.







APA YANG TERJADI DENGAN YUKINO DI AWAL VOLUME 9, DAN ALASAN EKSPRESI WAJAHNYA YANG KOSONG WAKTU ITU?
Kuncinya ada di tiga adegan terpisah. Pertama di vol 8 chapter 8, ketika Yui mengatakan Yukino yang melapor ke Hiratsuka-sensei dan Meguri, sudah terlalu lama. Yui sendiri awalnya hendak memeriksa akun dukungan tersebut lewat HP-nya, tapi diurungkan. Ingat, ini level intelegensi Yui yang kita bicarakan, apalagi Yukino...

Kedua, ada di vol 9 chapter 5, Yukino tahu kalau Hachiman sedang membantu Iroha di event Natal. Padahal, di vol 9 chapter 3, Yui mengatakan kalau dia tidak memberitahu Yukino soal Hachiman yang membantu Iroha.

Ketiga, ada di vol 9 chapter 8, Yukino menjelaskan alasannya secara langsung. Dia berpikir waktu itu bisa menyelamatkan Hachiman.

Jadi jalan ceritanya begini, Hachiman bersedia menjadi juru kampanye hitam Iroha. Dengan Yukino maju menjadi kandidat ketua, maka taktik Hachiman tidak diperlukan lagi. Endingnya, Hachiman mengatakan kalau Iroha sudah bersedia untuk maju menjadi calon ketua, alias request ditarik kembali.

Pengumpulan dukungan calon ketua dilakukan via twitter dengan menggunakan banyak akun. Mudah saja mengetahui kalau akun-akun tersebut beraktivitas di jam yang sama, dan tidak posting apapun lagi di saat yang sama pula...Alias pemilik seluruh akun dukungan tersebut adalah orang yang sama.

Karena di vol 9 chapter 1 Iroha mengatakan kalau tidak ada yang mau peduli dengan pencalonan dirinya, maka jelas-jelas orang yang membuat akun tersebut adalah salah satu dari orang yang bersedia membantu Iroha. Jika Yui ada di pihak Yukino, maka tersangkanya tersisa satu orang, Hachiman. Bagaimana dengan Meguri? Jika bisa begitu, maka Meguri tidak perlu repot-repot membawanya ke Klub Relawan, Meguri sudah melakukan trik ini sejak awal dan Iroha langsung bersedia dicalonkan tanpa harus datang ke Klub Relawan.

Tapi bukankah itu artinya Hachiman sudah membohongi banyak siswa SMA Sobu? Para pemberi dukungan itu mengira kalau dukungan mereka itu diarahkan ke Hayama, Miura, dll. Disini, Yukino merasa gagal, Hachiman tetap menjadi pembohong besar.







APA DI VOL 11 CHAPTER 9, YUI SENGAJA MELAKUKAN ITU UNTUK MENGIKHLASKAN HACHIMAN ATAUKAH BAGAIMANA?
Pertama, kita tahu kalau Yui yang meminta Hachiman dan Yukino untuk datang ke Akuarium, err mungkin lebih enak kita sebut Sea World saja. Artinya, Yui memang merencanakan sesuatu dengan mereka bertiga. Terasa familiar dengan hal ini?

Ya, ini sangat mirip dengan adegan vol 11 chapter 6, disana Yui meminta Hachiman dan Yukino untuk makan malam bersama di sebuah restoran. Namun, rencana tersebut gagal karena kedatangan Ibu Yukino.

Jadi, adegan di Sea World itu adalah adegan yang harusnya terjadi di sebuah restoran, dimana mereka harusnya makan malam seusai event memasak coklat.

Lalu, apa yang mendorong Yui untuk melakukan itu? Mudah saja, kata-kata Haruno kepada Hachiman setelah mencicipi coklat buatan Yui, tepat di depan Yui. Sederhananya, mencicipi coklat buatan Yui, bukanlah hal yang harusnya Hachiman lakukan jika Hachiman menginginkan hubungan genuine itu.

Oke, melihat sekilas saja sudah tahu, event memasak coklat tepat dua hari sebelum hari Valentine, pastilah akal-akalan untuk memberikan coklat ke pria yang mereka sukai. Kursus semacam ini harusnya jauh hari sebelum hari-H.

Dengan kata lain, harusnya Hachiman tidak mencicipi coklat "Valentine" Yui.

Yui pasti berpikir: "Kenapa Haruno-san bisa tahu soal itu, bahkan aku sendiri tidak tahu fakta tersebut, Hikki dan Yukinon tidak menunjukkannya di depanku". Yui perlahan-lahan melihat kebenarannya setelah mengintip adegan UKS dan rencana masa depan Yukino-Hachiman di vol 10.5.

Ini harusnya menjelaskan banyak hal. Mengapa Hachiman sengaja meminta Yui mengangkat teleponnya waktu Festival Kembang Api dan mengapa Hachiman tidak mau memberikan kejelasan pembayaran hutang kencan mereka meski Yui sudah dua kali menanyakan itu. Juga, mengapa Hachiman memilih untuk mengatakan kalau itu pertamakalinya Yukino bercerita tentang dirinya, mengiyakan kata-kata Yui, daripada memilih untuk mengatakan kebenarannya, vol 10 chapter 6.

Ada sesuatu yang Hachiman berusaha tutupi ketika menyangkut masalah hubungan Yui dan Hachiman. Sesuatu yang harusnya Hachiman lakukan, persis seperti di volume 2 chapter 5.

Hachiman tahu kalau Yui berteman dengan Yukino hanya untuk mendekatinya. Masalahnya, Yukino menganggap Yui tulus berteman dengannya. Volume 1 chapter 7, bahkan Yukino mengatakan itu dengan jelas.

Lalu bagaimana dengan kebenaran request kue di volume 1 chapter 3? Kebenarannya sederhana, pria yang disukai Yui adalah Hachiman. Masalahnya timbul karena volume 1 chapter 3 adalah pertemuan pertama Hachiman dengan Yui, setidaknya itu versi Hachiman. Dengan kata lain, mereka berdua tidak pernah berinteraksi sebelumnya. Jika Yui sudah menyukai Hachiman di chapter tersebut, ini sama saja mengatakan kalau Yui menyukai Hachiman karena dia pria penyelamat anjingnya.

Sama saja dengan mengatakan kalau semua penjelasan Hachiman kalau Yui punya perasaan spesial, simpati kepadanya, mendekatinya, hanya karena dia pria penyelamat anjingnya, vol 2 chapter 5 dan vol 3 chapter 6...Adalah benar.

Juga, ini berlaku sebaliknya, yaitu penjelasan Yui di volume 1 chapter 4 mengenai mengapa dia berteman dengan Yukino, dimana dijelaskan kalau disana dia melihat Yukino bisa mengobrol bebas dengan Hachiman...Pernyataan kalau Yui benar-benar ingin berteman, adalah bohong. Yui ingin berteman dengan Yukino, karena dengan begitu dia bisa mendekati Hachiman sebagaimana Yukino bisa mengobrol bebas dengan Hachiman.

Jika Yui benar-benar bergabung dengan Klub Relawan karena dia bagian dari Klub, yang sering Yui katakan, terutama di volume 1 chapter 7, harusnya Yui tetap datang ke Klub di vol 3 chapter 1. Kenyataannya, Yui memilih tidak masuk dan membohongi Yukino. Alasannya sederhana, Hachiman tahu Yui menyukainya karena kecelakaan itu, dan Hachiman meminta Yui menghentikan itu.

Juga, saya sangat tidak yakin dengan konsep "teman" ala Yui. Jika Yui benar-benar ingin berteman dengan Yukino, harusnya tidak perlu berbohong dengan ketidakhadirannya di Klub.

Jadi kita kembali ke topik pertanyaannya...Apa yang Yui lakukan disana?

Jawaban saya sederhana : Menyelesaikan apa yang Yui sendiri mulai.

Sangat sulit semua baik-baik saja jika mengetahui kalau pria di request kue tersebut adalah Hachiman. Kecuali, mereka bertiga sepakat akan sesuatu dan membuka semuanya sehingga jelas apa yang terjadi.

Menurut saya, Yui tahu kalau sesuatu di balik layar antara Yukino-Hachiman vs Haruno-Nyonya Yukinoshita. Buktinya, Haruno tahu tentang hal genuine yang Hachiman inginkan, dan tahu dengan siapa Hachiman menginginkannya. Harusnya, tim Haruno ada Hayato, tapi sudah tidak lagi.

Volume 10, jika kita jeli, hubungan Hayato dan Yumiko sebenarnya adalah cerminan bagaimana Hachiman menyikapi perasaan Yui. Hayato berusaha menjaga jarak, tapi tetap terlihat dekat, karena membutuhkan pengaruh Yumiko. Jika Hayama memang ada perasaan dengan Miura, harusnya Hayama memberitahu jurusannya saat itu juga ketika Miura menanyakan itu. Kenyataannya, Hayama berniat meninggalkan Miura ketika ada peluang untuk membuat itu serasa sesuatu yang wajar.

Sama halnya dengan Hachiman-Yui. Hachiman tahu kalau Yui menyukainya, bahkan volume 3 chapter 6 dengan sangat jelas menjelaskan itu dalam monolognya. Sayangnya, pertemanan orang lain menjadi sandera jika Hachiman memberitahu kebenaran perasaannya kepada Yui. Menurut saya, inilah yang ingin dibuka dengan jelas oleh Yui dalam pertemuan mereka bertiga. Terlepas Yui ikhlas atau tidak, yang sering ditolak cintanya pasti tahu jawabannya.






TENTANG HAYAMA HAYATO DAN GOSIP DI VOLUME 10
Jika seandainya Hayama mengklarifikasi gosip tersebut, apakah penilaian Yukino terhadapnya bisa berubah? Mungkin.

Tapi satu hal yang pasti, jika benar-benar Hayama sudah berusaha klarifikasi itu sejak awal, maka Hayama benar-benar berubah dari dirinya semasa kelas 6 SD. Masalah timbul, ketika Hayama melakukan itu setelah konfrontasi dengan Hachiman. Benarkah Hayama melakukan itu karena keinginannya sendiri? Ataukah ada motif lain?

Pertanyaan lainnya, mungkinkah Yukino tahu kalau Hayama melakukan klarifikasi di acara pemberian penghargaan karena ada campur tangan Hachiman? Mari kita berpikir secara logis disini. Acara pemberian penghargaan, di vol 10 chapter 7 adalah ide dadakan alias spontanitas, jadi Hayama, bahkan Hachiman sendiri baru tahu setelah marathon selesai kalau ada acara seperti itu.

Jika Hayama melakukan klarifikasi karena tahu akan ada acara penghargaan semacam itu, alias memang sudah lama direncanakan, maka opsi itu jelas tidak masuk akal. Jika Hayama memang berencana klarifikasi, maka Hayama harusnya melakukan itu sejak lama, tanpa perlu menunggu gosipnya menjadi heboh.

Faktanya, Hayama melakukan klarifikasi setelah konfrontasi dengan Hachiman. Jadi, panggung pemberian penghargaan tersebut adalah sebuah kebetulan yang dimanfaatkan oleh Hayama untuk melakukan itu.

Yukino tahu Hachiman sengaja mengejar Hayama di marathon untuk melakukan debat. Hayama lalu klarifikasi setelah itu. Mudah saja menebak bagi Yukino kalau sedikit banyak, klarifikasi tersebut ada campur tangan Hachiman.






ALASAN HAYAMA MEMBERITAHU JURUSANNYA KE HACHIMAN
Pertama, kita harus jelas dalam hal ini. Di vol 10 chapter 4, Hayama tahu kalau pemberi requestnya adalah Miura. Hayama memang tidak mengatakannya secara langsung, juga LN ini tidak dari sudut pandang Hayama. Tapi mudah saja mengetahui kalau itu request Miura. Hanya ada dua orang di lingkaran pertemanannya yang belum menentukan jurusan, Miura dan Tobe. Karena Ebina mengatakan akan kelas IPS, mudah sekali menebak kalau Tobe akan ke IPS, apapun pergulatan emosional yang terjadi di pikiran Tobe. Maksud saya, ayolah, ini cuma Tobe. Yang tersisa, tentu saja Miura.

Memberitahu Hachiman kalau dia tidak akan menurut saran Hachiman untuk menuju ke IPA, sama saja memberitahunya kalau Hayama akan ke IPS. Kita semua tahu nilai akademis Miura seperti apa, bahkan dari cara bicaranya saja kita sudah tahu! Jika benar-benar berniat menghindari Miura, maka IPA adalah satu-satunya pilihan Hayama.

Hayama bisa saja memilih pilihan "diam tidak mengatakan apapun", tapi Hayama tidak mengambil itu.

Yang membuat saya tidak yakin Hayama benar-benar menerima Miura dan merelakan Yukino, karena Hayama menganggap Hachiman sebagai rival. Satu volume saja, volume 11, belum bisa meyakinkan saya. Mungkin, volume 12 bisa? Hmm...






APAKAH YANG PUNYA BLOG FANSNYA IROHA? SOALNYA BACKGROUND BLOG ADA GAMBARNYA IROHA!

Sebenarnya, tidaklah begitu. Mungkin, karena anda terlalu banyak menonton anime, anda akan merasa kalau gambar blog ini dan bahkan artikel ini, banyak sekali gambar Iroha. Itu hanya perasaan anda saja. Cukup tidur dan makan makanan yang bergizi, akan membuat anda jauh lebih baik. Percayalah!







REVIEW ANIME LAIN DONG! OH JUGA BUAT REVIEW UNTUK OVA ZOKU YA!
Siap 86!





ADA PESAN UNTUK PARA FANS KAPAL-KAPALAN?
Silakan mau ship siapa, mau perang antar ship silakan. Tapi ingat, di vol 1 chapter 6 ternyata ada beberapa gadis yang memang memakai make-up ke sekolah. Mungkin, wajah asli gadis pujaan anda tidaklah seperti yang ada di gambar...Nyahahaha!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar