Jumat, 27 Januari 2017

[ FOR FUN ] Oregairu : Kafe, 2 Januari





  Oke, tugas translate Oregairu saya selain yang sedang on-going, tersisa satu chapter di vol 2, satu chapter vol 3, dan satu chapter di vol 6.5. Saya tidak tahu akan hendak mentranslate apa, jadi saran dari pembaca akan sangat membantu sekali. Sekali lagi saya jelaskan, Biblia adalah proyek sampingan saja. Saya sebenarnya ingin mereview satu anime musim ini (mumpung masih episode 3), kalau ada saran silakan tulis di kolom komentar, mungkin genrenya yang romance dan school.

  Anime musim ini saya hanya mengikuti Gundam, Masamune kun, dan Gran Blue. Anime lainnya, saya masih pikir-pikir dahulu. Sinetron hanya Shooter dan Sherlock. Kalau toku, tahulah apa itu...(ini menjawab pertanyaan di FB).

  Buku yang sekarang saya baca adalah Pepatah Mencius, tentunya itu tulisan dari Meng Tze, diedit dan digambar oleh Tsai Chih Chung, terbitan Elex Media (ini menjawab salah satu pertanyaan di komentar tempo hari).

  Sekarang, kembali ke topiknya. Kali ini kita akan membahas tentang adegan Kafe, tanggal 2 Januari. Yep, ini tentang vol 10 chapter 2. Sekali lagi, silakan percaya bagi yang mau percaya, tidak percaya juga terserah anda. Artikel ini dibuat hanya untuk hiburan semata.

  Memangnya, ada apa dengan adegan itu?







MEMBERIKAN JAWABAN TENTANG SIAPA YANG SEDANG BERMONOLOG DI MEMORANDUM III VOLUME 10


  "Itu membuatku berpikir siapa sebenarnya Raja Jahat dan Tiran diantara kita".
- Hikigaya Hachiman

  Orang yang hidupnya terus memakai topeng, mempertanyakan keberadaan hal genuine itu, dan satu hal lagi...Dia menyebut orang yang bisa melihat dirinya yang sebenarnya sebagai Raja Tiran.

  Hachiman dalam kata-katanya barusan, mempertanyakan julukan Raja Tiran diantara mereka berdua, dan Hachiman merasa Haruno-lah yang pantas menyandang itu.

  Dengan kata lain, Hachiman tahu kalau Haruno menganggap Hachiman sebagai Raja Tiran dalam novel Run Melos!

  Oke, orang sedang bermonolog tersebut adalah Yukinoshita Haruno. Kenapa tidak Hachiman? Plss lah, orang dalam monolog tersebut menanyakan tentang keberadaan hal genuine itu ada atau tidak, sedang Hachiman menginginkan hal genuine, alias Hachiman mempercayai itu ada.







KEJANGGALAN MONOLOG HACHIMAN DENGAN IBU YUKINO DAN YUI


  Dalam adegan ini, Hachiman tahu kalau Ibu Yukino sebentar lagi akan datang, dan Hachiman mengatakan dalam monolognya, kalau dia ingin bertemu dengan Ibu Yukino.

  Dalam vol 11 chapter 7, Yui mengatakan kalau Ibunya adalah seorang Ibu Rumah Tangga. Hachiman lalu setuju untuk mengantarkan Yukino ke rumah Yui. Meski tahu kalau sangat besar kemungkinan dia akan bertemu Ibu Yui, tidak ada monolog serupa disini.

  Berat sebelah? Protes ke Watari!







AWAL MULANYA KEINGINAN HACHIMAN UNTUK BERTANYA TENTANG MASA LALU YUKINO


  Masa lalu adalah sesuatu yang tidak bisa kita ubah. Ingatan yang indah dan hangat bukanlah satu-satunya hal yang ada disana. Begitu juga hal-hal yang tidak diinginkan dan sangat dingin.

  Dengan memiliki dua jenis masa lalu seperti itu, jarak antara keduanya akan terus membesar seiring berjalannya waktu. Menaruh keduanya di tempat berbeda akan membuat mereka berkembang dalam diri kita, dan mereka berdua berkembang menuntun orang tersebut dengan hasil yang berbeda-beda. Perbedaan keduanya dapat mengubah banyak hal. Posisi, lingkungan, bahkan bagaimana nama seseorang dipanggil.



  Kata-kata di atas adalah monolog Hachiman ketika meninggalkan Kafe. Mudah saja menebak monolog itu tentang siapa, jelas tentang Hayama dan Yukino. Lihat bagaimana Hayama dulunya jelas-jelas memanggil Yukino dengan Yukino-chan, kini menggantinya dengan Yukinoshita-san. Tapi mungkinkah penuturan Haruno dan Hayama tentang mereka dulunya teman masa kecil, benar?

  Teori itu benar adanya, karena Yukino sendiri sudah mengkonfirmasi itu di vol 9 chapter 8, paska adegan perahu di Disney Land.

  Namun pertanyaannya, apa yang sebenarnya terjadi antara Yukino dan Hayama di masa lalu? Hachiman hanya bisa memastikan dua hal tentang itu : Pastinya sesuatu yang tidak diinginkan dan sangat dingin telah terjadi, bukanlah memori indah dan hangat.

  Ini juga menjawab tentang pertanyaan apa yang ingin Hachiman tanyakan ke Yukino di vol 10 chapter 4, yaitu tentang masa lalunya dengan Hayama. Ditambah lagi, dengan adanya gosip pacaran Hayama-Yukino.

  Di luar dugaan, Hachiman mengurungkan niatnya untuk menanyakan masa lalu Yukino dan memilih untuk menanyakan masa depan Yukino, vol 10 chapter 7.






DRAMA DI KAFE


  Ibu Yukino ini, memiliki sifat sama dengan Haruno, tapi memiliki gestur tubuh mirip Yukino. Oke sederhananya, Haruno mewarisi sifat Ibunya (atau sengaja diwariskan?), dan Yukino mewarisi gestur tubuh Ibunya.

  Kita semua tahu kenapa Hachiman memilih langsung pamit pulang, karena dirinya dijadikan alat negosiasi oleh Ibu Yukino untuk membujuk Yukino hadir di acara tahunan keluarga dan relasi bisnis.

  Yukino dalam vol 10 chapter 1, adegan kereta, secara jelas mengatakan kalau dia tidak berniat hadir dalam acara tahunan tersebut.

  Yukino memberikan tanda kepada Hachiman untuk membantunya keluar dari situasi itu, tapi Haruno langsung block dengan mengatakan ini masalah keluarga. Tapi bukankah disitu ada Hayama yang konon katanya dia adalah Pria Baik dan masih menganggap Yukino teman baiknya (panggilan Yukino-chan)? Belum lagi Hayama ini juga kenalan Ibu Yukino.

  Hayama tidak melakukan apapun dan hanya tersenyum.







MENJAWAB ISU "ITU"


  Banyak yang berspekulasi mengenai perjodohan disini. Ini jawaban yang bisa saya berikan, berdasarkan LN hingga vol 11...

  Jika benar Hayama-Yukino dijodohkan, maka sikap Haruno yang memperlakukan Hachiman seolah-olah pria yang spesial bagi Yukino (adegan telepon) di depan Hayama langsung, adalah sebuah blunder. Alasannya sederhana, Hayama kenal baik Ibu Yukino.

  Haruno juga mengatakan dengan jelas ketika berusaha block pilihan bantuan Yukino. Haruno memberitahu semua orang di meja tersebut, termasuk Ibu Yukino, kalau Yukino sedang meminta bantuan Hachiman. Lalu apa yang spesial disana? Jelas beda, karena disana ada dua orang yang diperkenalkan sebagai teman Yukino oleh Haruno, yaitu Yui dan Hachiman. Tapi Yukino malah memilih untuk meminta bantuan Hachiman terlebih dahulu, bukan Yui.

  Oke, kurang meyakinkan lagi?

  Di volume 6 chapter 4, Haruno dengan jelas mengatakan kalau Hayama dianggap seperti adik kandung sendiri.

  Di volume 8 chapter 3, Haruno mengatakan di depan Kaori kalau dia mungkin kakak ipar Hachiman, dimana setelah itu Haruno bersedia memanggil Hayama untuk Kaori dan Nakamachi. Itu bisa menjadi topik yang rumit jika Kaori mengungkit tentang kakak ipar barusan dan ingin tahu siapa adik dari Haruno yang Haruno pikir adalah pasangan Hachiman. Membahas topik itu di depan Hayama bukanlah hal bijak dan menjadi bumerang bagi Haruno, tapi itu dengan sebuah jika...





  


YUI HARUSNYA CURIGA DENGAN HUBUNGAN YUKINO-HACHIMAN JIKA MELIHAT HADIAH YANG DIBELI OLEH HACHIMAN UNTUK YUKINO



  Yui membelikan sarung tangan bermotifkan cakar kucing untuk Yukino. Hadiah tersebut adalah hadiah yang bersifat general atau umum untuk seseorang. Pertama, ini sedang memasuki puncaknya musim dingin, alias awal bulan Januari. Memang Yukino tidak memberitahu secara gamblang kalau dirinya menyukai kucing ke Yui selama di LN.

  Dari mana Yui tahu Yukino menyukai kucing? Di vol 10 chapter 6, disitu monolog Hachiman mengatakan dengan jelas kalau buku Yukino bersampul motif kucing. Ini juga menjelaskan mengapa Hachiman tidak tahu persis buku apa yang sedang Yukino baca, karena sejak awal hingga saat ini, semua bukunya disampul. Yui yang setiap harinya berada di samping Yukino, mustahil tidak menyadari kalau buku-buku Yukino bersampul motif kucing.

  Kedua, dari vol 2 chapter 4, hewan peliharaan pertama yang Yukino rekomendasikan adalah kucing. Tentunya, Yui ada di adegan ini.

  Ketiga, dari vol 6 chapter 7, Yui mengatakan tinggal di apartemen Yukino, mereka makan bersama, dll. Yukino memasak sendiri di apartemennya, tentunya celemek yang dia gunakan adalah celemek yang dia beli di Lalaport, bermotif cakar kucing.

  Belum lagi jika Yui memeriksa koleksi video kucing di apartemen Yukino, tapi tentunya ini belum pasti karena ada perasaan tidak wajar jika sampai sebegitunya memeriksa koleksi video orang lain.

  Well, tiga fakta sebelumnya saja sudah cukup untuk menyimpulkan kalau gadis ini menyukai kucing.

  Saya pikir ini agak jauh dari topiknya, jadi apa yang membuat kacamata Hachiman spesial?

  Natal, Yukino stay di apartemen, anda bisa membaca fakta itu di vol 6.5 spesial. Mungkin wajar bagi mayoritas warga Jepang tidak pulang ke keluarganya, karena kebanyakan mereka atheis ataupun menganggap Natal sebagai budaya serapan saja.

  Tahun Baru? Bahkan Hachiman saja berpikir Yukino berkumpul dengan keluarganya, vol 10 chapter 1, ternyata Yukino memilih stay  di apartemen. Err, ini adegan di kereta.

  Hachiman tahu kalau Yukino stay di apartemen selama liburan musim dingin. Tahu kalau dia selain membaca buku, juga menonton video Pan-San dan kucing untuk menghabiskan waktu luangnya di apartemen. Oleh karena itu, Hachiman membelikannya kacamata.

  Harusnya Yui curiga ke Hachiman, mengapa Hachiman tahu sebanyak itu tentang Yukino. Sementara Yui yang konon katanya teman Yukino, tidak tahu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar