Jumat, 20 Januari 2017

[ FOR FUN ] Oregairu : Grup Miura dan Hayama...





  Seperti biasanya, artikel ini hanya dibuat untuk tujuan hiburan semata. Mau percaya atau tidak, dikembalikan ke pembaca.

  Kali ini, saya ingin membahas tentang situasi grup Miura dan Hayama. Namun, saya keluarkan Ooka dan Yamato dimana anda semua tahu apa alasannya.

  Mungkin, secara garis besarnya saya gambarkan seperti diagram berikut...






Yumiko Miura > Grup Miura

  Oke, tidak ada yang tahu apakah Miura ini siswi pindahan atau semacamnya. Nilai akademisnya juga dipertanyakan, namun kita bisa menduga kalau dia masuk ke SMA Sobu karena prestasi di olahraga Tenis. Jika sejak awal memang siswa SMA Sobu, mengapa grupnya tidak menjadi grup populer di kelas 1? Hmm...Entahlah.




Ebina Hina > Grup Miura

  Dalam kata-katanya di vol 7 chapter 9, dia menyukai bagaimana Hachiman bisa jujur dengan perasaannya. Setelah itu, dia menceritakan bagaimana Ebina nyaman dengan situasi grupnya saat ini, dan bagaimana dia menikmatinya. Akhirnya, Ebina mengatakan kalau dia membenci dirinya sendiri. Artinya, situasinya saat ini karena berbohong akan sesuatu sehingga dia bisa bersama Grup Miura.

  Apa kebohongan Ebina? Tidak ada yang tahu persis. Tapi melihat bagaimana Ebina yang sebenarnya adalah gadis serius yang dingin, kemungkinan besar Ebina memainkan perannya sebagai gadis fujoshi agar bisa bergabung dengan Grup Miura.




Yuigahama Yui > Grup Miura

  Dalam vol 6 chapter 3, Yui mengatakan kalau dia satu grup pertemanan dengan Sagami, dimana Sagami sendiri yang menjadi pemimpinnya. Grup Sagami adalah grup populer kala itu. Lalu Yui meninggalkan grup Sagami dan bergabung dengan grup Miura. Apakah Yui keluar baik-baik? Err, dalam chapter yang sama Yui juga memperingatkan Hachiman akan sifat jahat Sagami. Artinya, kemungkinan besar Yui hanya bergabung ke Grup terpopuler saja, jika sudah tidak lagi menjadi grup terpopuler, maka pindah lagi. Teman waktu dahulu bisa saja dijelekkan saat ini.

  Mungkin, Ebina juga memiliki alasan yang sama dengan Yui tentang mengapa dia bergabung dengan Grup Miura.




Tobe Kakeru dan Hayama Hayato > Grup Hayama

  Dalam volume 7, dijelaskan kalau darmawisata adalah event eksklusif bagi siswa kelas 2 SMA Sobu. Tapi di vol 4 chapter 5, Tobe bercerita tentang bagaimana Tobe dan Hayama pergi darmawisata. Jadi yang tersisa, hanyalah mereka bersahabat sejak SD atau SMP.

  Dalam vol 10 chapter 5, Tobe tampak terkejut dengan adanya gosip Hayama dan Yukino berpacaran. Padahal, semasa SD Hayama, ada gosip mereka berpacaran. Artinya, Tobe harusnya tidak terkejut dengan itu jika pernah satu SD dengan Hayama.

  Jadi yang tersisa hanyalah satu: Tobe dan Hayama berteman sejak SMP.




Tobe Kakeru > Miura Yumiko > Ebina Hina

  Ini menjelaskan mengapa Tobe begitu dekat dengan Miura. Dalam vol 4 chapter 5, Tobe malah curhat lebih dulu tentang Ebina ke Miura daripada ke Hayama. Kemungkinan besar, Tobe dekat dengan Miura dengan harapan Miura akan membantunya untuk mendekati Ebina.




Hayama Hayato > Tobe Kakeru > Miura Yumiko

  Hayama hanya ingin memanfaatkan image Miura sebagai gadis yang menakutkan agar tidak ada gadis yang berani menembaknya. Hayama berniat untuk meninggalkan Miura ketika mendapati situasi yang menguntungkan. Oleh karena itu, Hayama memakai penghubung dalam hubungannya dengan Miura, yaitu Tobe. Dengan adanya Tobe diantara Miura dan Hayama, maka Miura akan sedikit kesulitan untuk membuat hubungan Hayama-Miura lebih dalam lagi.

  Sederhananya, Hayama melakukan itu agar Miura tidak tersakiti ketika Hayama tidak berhubungan lagi dengan Miura.

  Oke, ini super sederhana, Hayama berusaha menempatkan Miura sebagai teman dari Tobe.

  


Miura Yumiko > Tobe Kakeru > Hayama Hayato

  Karena Hayama menempatkan Miura sebagai teman dari Tobe, maka Miura akan mati-matian mempertahankan eksistensi Tobe dalam hubungan kedua grup, termasuk di darmawisata.

  Kalau kita jeli, sebenarnya Miura tidak ada urusan dengan perasaan Ebina dalam drama darmawisata. Yang penting Tobe tetap ada sebagai penghubungnya dengan Hayama sampai Miura tidak dianggap teman dari Tobe lagi.




My Opinion:
  1. Tobe sebenarnya kurang beruntung karena terhimpit dua kepentingan besar. Miura dan Hayama menjadi musuh dalam selimut di darmawisata.
  2. Ayolah, kita semua pasti pernah mengalami atau tahu teman semacam Yui dan Ebina, yang hanya mau berkumpul dengan orang-orang populer di kelas/ sekolahnya.
  3. Ironisnya, Ebina ternyata menyukai Hikitani-kun. Juga, Yui menyukai Hikitani.
  4. Masih misteri apakah Hayama setelah volume 10 memutuskan untuk menganggap Miura sebagai temannya ataukah teman dari Tobe?
  5. Mungkin, Tobe sendiri adalah satu-satunya orang dalam kedua Grup ini yang merasa kalau dirinya sedang berada di grup pertemanan yang tulus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar