Minggu, 19 Maret 2017

[ FOR FUN ] Oregairu : Sebelum Kursus Memasak Coklat...





Sebenarnya, ini terlalu panjang untuk disebut sekedar for fun. Kali ini kita akan berusaha melihat lebih dalam volume 11 chapter 1 hingga 4.

Seperti biasanya, ini hanyalah artikel yang dibuat untuk menarik minat pembaca non light novel. Tidak lupa juga yang menulis ini bukanlah Watari, jadi anda tidak perlu percaya sepenuhnya dengan artikel ini. Bila punya pendapat yang berbeda, silakan tulis di kolom komentar.

So, are you ready?




 Kita bisa menebak kalau Tobe sengaja membawa topik coklat Valentine karena beberapa hal. Pertama, tentunya mencoba membawa topik ini untuk mengetahui kepada siapa Ebina akan memberikan coklatnya. Kedua, untuk mengompori Miura agar memberikan coklat ke Hayama.

  Tentu saja Tobe tahu kalau Hayama tidak pernah mau menerima coklat pemberian di Valentine, karena Tobe teman Hayama sejak SMP. Tapi Tobe tidak tahu kalau semasa SD dulu Hayama pernah menerima coklat dari Yukino.





 Harusnya, disini ada adegan dimana Hachiman memikirkan Komachi. Komachi selalu memberikan Hachiman coklat di setiap Valentine. Tapi, Valentine kali ini harusnya tidak terjadi karena Komachi akan menjalani ujian masuk SMA Sobu pada Valentine. Untuk membalas kebaikan Komachi, Hachiman berpikir untuk membelikan Komachi hadiah.





 Masalah timbul ketika Yui dan Miura mengucapkan kata-kata berikut:

Yui:
  "Tapi bukankah menakutkan jika kau menerima sesuatu dari orang yang tidak kau kenal."

Miura:
  "Ya ampun, aku tidak mau membuatnya".

Yui:
  "Sulit...Ya ada benarnya juga."

Percakapan di atas membuat Hachiman flashback ke request kue Yui. Ini dipicu oleh perkataan pertama Yui yang mengatakan menerima sesuatu dari orang yang tidak dikenal. Di pertemuan pertama mereka, vol 1 chapter 3, Yui sudah kenal Hachiman, tapi Hachiman tidak.

Dalam request tersebut, dikatakan kalau kue itu untuk pria yang Yui sukai. Tapi paska perkenalan itu, Hachiman meyakini kalau Yui menyukainya. Jadi, ada satu pertanyaan besar, apakah Yui menyukai Hachiman sejak kecelakaan hingga saat ini? Ataukah Yui menyukai pria lain selama dia di kelas 1 SMA?

Tentu saja, Hachiman di vol 11 chapter 9 sudah menjawab dalam monolognya kalau dia sudah punya dugaan tentang kue tersebut, yaitu Yui menyukai Hachiman sejak kecelakaan tersebut.

Ini juga dipertegas monolog Hachiman di vol 11 chapter 1:

Buatan sendiri, huh?

Sebenarnya, dulu dia membuat kue coklatnya untuk siapa?

Dalam monolog ini, Hachiman sebenarnya sudah memiliki dugaan kalau dia adalah pria dalam request kue tersebut. Artinya, Hachiman menduga kalau Yui menyukainya sejak kecelakaan tersebut. Juga, ini membuat teorinya di vol 3 chapter 6 menjadi benar.





 Mungkin, ini bahasan yang terlalu sering dibahas oleh kita semua, apakah Hachiman ini mengajak Yui kencan? Apakah ini untuk membayar hutang kencan?

Pertama, kita tahu kalau Hachiman berniat untuk membelikan Komachi hadiah. Tapi sayangnya, di vol 6.5 special memberitahu kalau Hachiman sangat buruk dalam mencari hadiah. Hadiah yang Hachiman beli adalah sugesti Yukino, sofa kecil untuk dudukan kucing. Err, ya bisa juga dibuat bantal tidur Zaimokuza...

Kedua, vol 10 chapter 2, Komachi mengatakan kalau Yui memiliki selera barang belanjaan yang sama dengannya.

Ketiga, vol 6 chapter 7 dan vol 9 chapter 7. Jika Hachiman ada niatan untuk membayar hutang kencan, maka Hachiman harusnya dengan mudah memberikan jawabanya di dua momen tersebut, tapi kenyataannya tidak. Mari kita pakai logika seperti ini: "Kalau dua momen dimana Hachiman bisa dengan mudah menjawab kapan kencan mereka dilaksanakan Hachiman memilih untuk mengulur waktunya tanpa kejelasan, lalu mengapa Hachiman tiba-tiba mengajak kencan Yui dan menempuh berbagai kesulitan untuk mengajak kencan seorang gadis?"

Sederhananya, Hachiman hendak mengajak Yui membeli hadiah Komachi.





Dalam anime, tidak ditayangkan kalau Iroha berbisik ke Hachiman dan mengatakan seperti yang ada di light novel :

"Yukinoshita-senpai tersenyum manis kepadaku ketika aku baru sampai kesini, tapi dia tiba-tiba berubah setelahnya...Dia selalu bersikap seperti itu setiap aku kesini."

Yeah, Yukino bersikap dingin ke Iroha ini sebenarnya bisa ditebak dari vol 9 chapter 5. Yukino tahu kalau Iroha sengaja menjadikan event kolaborasi Natal untuk mengajak Hachiman pergi bersamanya. Pembaca di vol 9 sudah bisa menebak kalau ide jabatan ketua OSIS yang seharusnya bisa untuk menarik Hayama, berbalik untuk menarik Hachiman.

Belum lagi, Iroha seminggu sebelumnya berhasil "menjebak" Hachiman untuk pergi kencan di Chiba, meski ketahuan Yukino ketika Yukino memintanya menunjukkan koleksi foto untuk Koran Sekolah, vol 10.5 chapter 3.

Yukino disini bersikap dingin kepada "saingannya". Tapi, Yukino tidak bersikap seperti itu kepada Yui. Tentunya karena Yukino belum tahu kalau Yui juga menyukai Hachiman, tentunya ini sampai adegan melihat "sunset" di hari Valentine.

Buat yang belum tahu darimana Hachiman tahu ultah Iroha, berasal dari adegan perayaan ultah Yukino, vol 10 chapter 3. Disana, Iroha memberitahu Hachiman tanggal lahirnya.

Namun, darimana Yukino tahu kalau alasan Hayama tidak menerima coklat Valentine karena bisa menimbulkan salah paham? Bahkan Tobe yang katanya teman baiknya, tidak tahu hal ini? Yeah kita semua tahu, Yukino adalah gadis yang membawa coklat tersebut ke Hayama sebelum salah paham terjadi.

Sebenarnya, adegan ini adalah "akal-akalan" Iroha untuk mengetahui Valentine Hachiman. Siapa saja yang memberi coklat kepada Hachiman, lalu Hachiman menyukai coklat yang bagaimana. Mengapa begitu? Iroha tidak pernah membawa topik coklat untuk Hayama sejak awal, tapi Hachiman, Yukino, Iroha yang mengasumsikannya begitu. Tentunya, Yukino selalu ingin mengasumsikan itu, karena itu artinya berkurang saingan. Mirip Miura di vol 10 yang selalu mengatakan Yukino berpasangan dengan Hachiman, akan selalu ada kecurigaan kalau anggapan tersebut tentu akan mengurangi satu saingan untuk mendapatkan Hayama.





 Ada adegan penting yang tidak ditayangkan anime dalam adegan konsultasi Miura. Ketika Ebina memutuskan untuk ikut serta dalam request tersebut, Hachiman mulai mempertanyakan kepada siapa coklat valentine Ebina. Sebenarnya, Hachiman tidak perlu melakukan ini karena ini tidak ada hubungannya dengan dirinya.

Tapi disini masalahnya, Hachiman di vol 9 chapter 7 mempertanyakan kejujuran Ebina ketika menembaknya di Stasiun Kyoto, vol 7 chapter 9. Kini, Hachiman penasaran kepada siapa coklat Ebina...

Dugaan saya, mungkin jawaban Hachiman akan berbeda jika tahu Ebina benar-benar menyukainya, pada adegan Atap Stasiun Kyoto. Tapi ada masalah yang lain, Hachiman di vol 7 chapter 3 mengakui kalau dia menyukai seorang gadis, dan pasti bukanlah Ebina. Jawaban yang berbeda, mungkin Hachiman akan menjawab sudah menyukai gadis lainnya ketika Ebina menembaknya.

Oke, becanda. Hachiman tahu Ebina menyukainya, tahu kalau dirinya ada kemungkinan untuk menerima coklat valentine dari Ebina. Cermati monolog Hachiman ketika menunggu Ebina di atap stasiun Tokyo, dari situ anda akan tahu kalau pertemuan mereka bukan untuk membahas topik yang main-main.





 Nah, kita semua tahu alasan Saki ini hanyalah "akal-akalan" juga. Mana mungkin para guru TK membawa topik coklat valentine ketika mengurusi anak asuhnya? Apakah mungkin anak TK ini terus membawa topik coklat valentine hingga ke telinga Saki?

Ini menjadi jelas di vol 11 chapter 6, Saki sengaja menyelipkan coklat valentine buatannya ke Hachiman lewat coklat Keika. Saki butuh momen dimana dia bisa memberikan coklat valentine kepada Hachiman tanpa membuat dirinya malu, dan terlihat wajar jika memberikan coklat di momen tersebut.

Tentunya, jika dia membuat request mengajari memasak coklat ke Klub Relawan, Hachiman akan hadir disana.





 Yui mengatakan:

"Meski begitu, aku mulai memahami bagaimana perasaan Hayato..."

Ini tentang Hayama yang menolak diberi coklat agar tidak muncul salah paham. Apa maksud Yui mengatakan itu? Setelahnya, Yui menolak memberitahu dengan detail apa maksudnya.

Yui paham mengapa Hayama menolak coklat pemberian karena itulah yang terjadi dengan dirinya dan Hachiman di vol 2 chapter 5. Yui tidak merasa kalau dia menyukai Hachiman yang rasa suka itu timbul karena Hachiman menyelamatkan anjingnya, adalah sesuatu yang salah. Tapi berbeda dengan Hachiman, yang merasa kalau itu adalah sesuatu yang salah.

Tapi apa yang Yui pahami? Di vol 5 chapter 6 Yui masih menganggap Hachiman pria baik. Bahkan, di vol 9 chapter 7 Yui masih berpikir seperti itu, mengajak Hachiman kencan seperti tidak terjadi apapun. Jelas apapun yang Yui pahami itu, terjadi paska vol 9 chapter 7 hingga vol 11 chapter 2.

Mudah saja, vol 10 chapter 7, adegan UKS. Lalu vol 10.5 chapter 1, keputusan Yukino untuk meninggalkan impiannya menjadi Ibu Rumah Tangga.

Jadi kita simpulkan seperti ini...Yui merasa kalau Hachiman sebenarnya menyukai gadis yang lain, dan bukanlah dirinya. Namun, Hachiman terus mengatakan kalau perasaan Yui ini dan itu sebenarnya hanya untuk menolak dengan halus, agar tidak menyakitinya.

Kesimpulan Yui semacam itu sebenarnya benar dan salah. Benar kalau Hachiman menyukai gadis lain, tapi Hachiman dan gadis tersebut dekat karena proses yang sangat panjang.

Namun ini juga berujung ke sesuatu...Hayama mungkin saja sebenarnya sudah menyukai gadis lain. Jika gadis yang disukai Hayama itu memberikan coklat valentine untuknya, kemungkinan besar akan diterima.





 Disini, harusnya ada adegan perang dingin Yukino versus Kaori. Kemungkinan besar, Haruno yang memberitahu Yukino kalau gadis berambut keriting pada pertemuan kafe tempo hari dulunya adalah gadis yang disukai Hachiman. Ini didasarkan pada vol 5 chapter 8 dimana Yukino diberitahu oleh Haruno soal Hachiman yang tahu fakta kecelakaan itu.

Jika fakta tentang kecelakaan tersebut saja diberitahu, Haruno pasti dengan mudahnya bercerita soal Kaori ke Yukino.






Mengutip monolog Hachiman di vol 6 chapter 4, mustahil ada yang namanya kebetulan jika menyangkut Haruno. Dalam vol 10 chapter 6, Haruno bertamu ke ruang OSIS dan disambut oleh Iroha hingga sore. Kemungkinan besar, dalam momen tersebutlah Iroha bertukar nomor dengan Haruno.

Haruno datang karena tahu maksud event memasak ini. Bukankah ini menarik?

  1. Yui menyukai Hachiman.
  2. Yukino menyukai Hachiman.
  3. Hachiman menyukai...eaa
  4. Hayama menyukai Yukino.
  5. Hachiman dulunya menyukai Kaori.
Bayangkan kelima hal itu berada di satu ruangan dan memasak coklat valentine. Haruno datang tinggal membawa bensin dan menyiramkannya ke api untuk membuat kebakaran disana.

2 komentar:

  1. Iroha menyukai siapa ?
    Trus sy kurang yakin hayama menyukai yukino sementàra ketika dia juara 1 lomba maraton dia nyebut nama miura

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iroha menyukai Hayama, dan Hachiman.

      Hayama menyebut nama Iroha dan Miura di penyerahan penghargaan marathon karena sebelumnya ada konfrontasi dengan Hachiman. Hayama menyebut dirinya dan Hachiman berada dalam sebuah kompetisi untuk sesuatu, dan posisinya kurang menguntungkan. Lalu sebelum berpisah, Hayama bertanya kepada Hachiman tentang gosip itu dan Yukino.

      Sebenarnya paska marathon itu karakter Hayama dipertanyakan, apakah dia masih berusaha mendapatkan Yukino ataupun menerima realita saat ini, Hayama tidak mau mengatakan itu.

      Hayama menyukai Yukino merujuk gadis inisial Y, vol 4 chpt 5. Pengakuan Hayama kalau dulunya dia pernah cinta bertepuk sebelah tangan, vol 8 chpt 5. Lalu pengakuan Tobe di vol 10 chpt 5 kalau selama ini dia baru tahu Hayama ada gosip asmara. Tobe teman Hayama sejak SMP, jadi salah paham cinta Hayama itu terjadi semasa SD. Mudah menebak siapa gadisnya.

      Hapus