Selasa, 28 Maret 2017

[ FOR FUN ] Oregairu : Setelah Festival Kembang Api...




Apa sich yang akan kita bahas kali ini?

Sebenarnya cukup sederhana, apa yang terjadi dengan adegan setelah Festival Kembang Api?

Kalau anda hanya fans salah seorang gadis, bukan fans Oregairu, saya tidak menyarankan untuk membaca ini. Silakan hidup dalam dunia yang anda yakini tersebut.

Seperti biasa, disclaimer untuk for fun:

Apapun yang saya tulis disini murni untuk hiburan semata. Jika anda menganggapnya serius, maka itu bukanlah tanggung jawab saya, pembaca, bahkan Iok Kujan yang ada di serial Gundam IBO.

Volume 6.5 chapter 6 sudah mencapai 66%, mungkin pekan ini sudah bisa saya rilis.

Jadi, bisa kita mulai?



Image result for yuigahama yui

Pertama, kita mencari petunjuk-petunjuk tentang bagaimana situasi antara Yui dan Hachiman yang sebenarnya. Tentunya karena light novel ada di sudut pandang Hachiman, inilah apa yang ada dalam pikiran Hachiman.




Volume 3 chapter 3

Jadi ini semua terjadi karena apa yang sudah kukatakan ke Yuigahama.

Aku merasa sedikit bersalah.

Pada chapter tersebut, Hachiman sadar kalau Yui yang sudah tidak mau menghadiri Klub Relawan dan berbohong ke Yukino tentang ketidakhadirannya, karena konfrontasi di volume 2 chapter 5.



Volume 3 chapter 6

Ini sejak awal memang sudah salah, dan aku percaya hasilnya akan salah juga. Tidak peduli perasaan itu jenisnya apa, jawabanku pasti tidak akan berubah.

Itu adalah perasaan palsu. Berapapun perasaan yang muncul, tetaplah palsu. Bahkan jika perasaan itu adalah perasaan yang spesial.

  Perasaan yang timbul karena sebuah kecelakaan, menjadikan orang yang telah mengorbankan dirinya sebagai tempat untuk menuangkan perasaannya. Perasaan cinta bisa muncul tidak peduli siapa pria yang menyelamatkan dirinya     Aku tidak bisa mengakui perasaan semacam ini sebagai perasaan yang nyata.

Jika aku menyelamatkannya tanpa mengetahui dia itu siapa, maka dia telah diselamatkan olehku, tanpa mengetahui aku ini siapa. Artinya, perasaan dan simpatinya itu tidak diarahkan ke diriku. Perasaannya itu diarahkan ke 'entah siapa pria yang menyelamatkan dirinya'.

Ini adalah hal yang paling kubenci ketika terjadi salah paham.

Cukup mengejutkan, Hachiman tahu kalau Yui selama ini mencintainya. Cinta yang awalnya karena Hachiman pria penyelamat anjingnya.



Volume 4 chapter 7

"Semua sudah terjadi. Dan itu berarti kau harus memastikan kalau kita akan jalan bersama itu menjadi kenyataan."

Aku tidak mampu mengatakan apapun.

Meski dia mengatakan itu kepadaku, tapi aku sudah memutuskan jawabanku.

Ini adalah percakapan Yui kepada Hachiman ketika pesta kembang api di Perkemahan Desa Chiba. Sebelumnya, Yui mengajak Hachiman keluar bersama dengan alasan merayakan ulang tahun Hachiman. Namun, Hachiman sudah memutuskan apa jawabannya. Memangnya, apa jawaban Hachiman atas ajakan Yui ini?



Volume 5 chapter 5

Yuigahama berhenti sejenak seperti memikirkan sesuatu. Dia lalu mengembuskan napas kecil dan menatapku. “U-Um...Hei, apa kau mau pergi ke festival kembang api bersamaku? Seperti, sebagai rasa terimakasihku karena sudah merawat Sabure. Kutraktir deh.”

“Kau dengar dia, Komachi. Ayo kita pergi bersama-sama.”

‘Pergi berduaan’ adalah pilihan yang langsung kuhapus dari awal.

Yeah, jawaban Hachiman atas permintaan Yui untuk kencan adalah ditolak.



Volume 5 chapter 6, adegan kereta

Jika aku pria yang lain, aku mungkin akan mulai menyukainya.



............


Dari beberapa petunjuk tersebut, kita mudah sekali mengambil beberapa kesimpulan.

Pertama, Hachiman tahu kalau ketidakhadiran Yui di Klub Relawan dan membohongi Yukino, karena sikapnya yang memilih untuk konfrontasi langsung mengenai perasaan Yui tersebut.

Kedua, Hachiman tahu kalau Yui selama ini mencintainya. Namun Hachiman mengatakan alasannya karena Yui menganggapnya sebagai penyelamat anjing, bukan sebagai Hikigaya Hachiman. Kita tahu kalau sebenarnya alasan ini bohong, karena Hachiman sejak awal cerita, vol 7 chapter 3, sudah menyukai gadis lain, dan itu bukanlah Yui.

Ketiga, Hachiman sebenarnya punya peluang besar menjawab kapan dia akan berkencan dengan Yui ataupun menolaknya pada perkemahan musim panas. Tapi Hachiman memilih untuk tidak menjawabnya saat itu juga.

Keempat, ternyata jawaban Hachiman atas kencan Yui tersebut adalah ditolak. Tapi, Hachiman masih menunggu momen yang tepat untuk menolaknya, yaitu dengan alasan mengajak Komachi.

Kelima, jawaban atas perasaan Yui ini sudah dikatakan dengan jelas dalam monolog Hachiman ketika di kereta, yaitu ditolak.





ADEGAN PASKA FESTIVAL KEMBANG API


"Kamu tidak mungkin tahu apa yang terjadi di masa depan."

Sebelum pertanyaanku selanjutnya terucap, Yuigahama membalikkan badannya ke arahku.

"Maksudku, kau membantuku, bukan begitu?"

"Sudah kukatakan sebelumnya. Itu hanya kebetulan. Aku sendiri tidak tahu kalau aku membantumu. Oleh karena itu, aku tidak membantumu sama sekali."

Oleh karena itu. Rasa balas budi, rasa percaya, atau apapun sejenis itu.

Mereka semua hanyalah ilusi yang menciptakan salah paham.

Sebuah tugas dimana orang lain juga bisa melakukannya bukanlah sesuatu yang bisa meyakinkanku. Mengevaluasi sikap dan sifat seseorang adalah hal yang berbeda. Seberapa baik seseorang berdasarkan satu saja perbuatan baik, menurutku adalah sebuah kesalahan besar. Oleh karena itu, kepercayaan sentimental Yuigahama itu adalah salah.

"Jangan mengharapkan hal-hal seperti itu dariku."

Karena kau akan kecewa. Oleh karena itu kau sebaiknya tidak mengharapkan apapun dariku sejak awal.

Yuigahama tiba-tiba berhenti dan kita berjarak cukup dekat.

Dia lalu membalikkan badannya ke arahku dan membelakangi cahaya bulan.

"Bahkan jika kecelakaan tidak terjadi, Hikki pasti akan membantuku. Dan misalnya, kita masih akan pergi melihat kembang api seperti ini."

"Tidak...itu tidak akan terjadi...lagipula, aku tidak punya alasan untuk membantumu."

Tidak ada gunanya mengandai-andai hal yang belum pasti.

Tidak ada "jika" dalam hidup ini.

Hidup hanya memiliki kata "lalu".

Aku melihat air mata mulai muncul dari sudut matanya, aku bisa melihat sebuah refleksi cahaya lampu jalan dari sudut matanya.

"Tidak, itu tidak benar. Kau katakan sendiri, Hikki. Meskipun kecelakaan tidak terjadi, kamu akan tetap menjadi penyendiri...Dan kamu tahu perasaanku? Aku juga mengkhawatirkan diriku yang tidak mengatakannya kepadamu, lalu suatu kejadian membuatku terbawa ke Klub Relawan. Dan disanalah aku bertemu denganmu, Hikki."

Pipa-pipa impian seperti itu bisa terjadi dengan aneh dan terasa cocok dengan realitas sehingga aku tidak tahu harus menolak ataupun ingin berdebat dengan itu. Jika Yukinoshita, Yuigahama, dan diriku bertemu dalam kesempatan yang lain, apakah mungkin kita akan memiliki semacam hubungan seperti sekarang?

Ketika aku memikirkannya, Yuigahama melanjutkan kata-katanya, suaranya seperti penuh dengan emosi. "Lagipula, Hikki akan muncul dan melakukan solusi yang tidak berguna dan tolol miliknya. Maka kau pasti akan menolongku. Dan kemudian    "

Terdengar suara yang memotong kata-katanya.

Seketika, suasana mendadak sunyi.

Aku curiga dengan suara yang memotong tadi, aku melihat ke depan dan kedua mataku bertemu dengan Yuigahama.

"Dan kemudian, aku yakin aku akan..."

Bzzzz.

Aku mampu mendengar suara getaran itu. HP-nya bergetar.

"Ah..." Yuigahama menatap ke arah dompet di tangannya. Tetapi dia tidak mempedulikannya dan melanjutkan kata-katanya. "Aku yakin kalau aku..."

"Kamu yakin kalau tidak ingin mengangkat itu?" kataku, berusaha menghentikannya untuk melanjutkan kata-katanya.


......


Pertama, jika anda coba googling atau youtube mengenai kebiasaan anak muda Jepang ketika Festival Kembang Api, kokuhaku alias menyatakan perasaan alias menembak lawan jenis merupakan hal populer disana. Adegan semacam ini pasti sering anda lihat di anime atau dorama ketika berada dalam situasi festival kembang api.

Disini, Yui menekankan betapa baik Hachiman dan bagaiman Hachiman suka menolong orang lain. Tentunya, contoh paling jelas adalah bagaimana Hachiman menyelamatkan anjing seseorang yang tidak dikenalnya.

Tapi, Yui berusaha menekankan kalau karena suatu kejadian, membawanya ke Klub Relawan dan bertemu Hachiman. Yui menekankan kalau dirinya selama itu merasa tertekan karena belum mengatakan secara langsung ke Hachiman mengenai kecelakaan itu.

Apakah itu kebenarannya?

Kejadian yang membawa Yui ke Klub Relawan adalah keinginannya dalam lembar konseling untuk bisa membuat kue. Kue tersebut akan diberikan kepada pria yang Yui sukai. Pria yang Yui sukai adalah Hachiman. Jelas, Yui menyukai Hachiman karena kecelakaan itu.

Tapi benarkah Yui merasa tertekan selama kelas 1 SMA karena belum memberitahu kebenarannya ke Hachiman?

Jawabannya tidak. Karena Yui tampak baik-baik saja, malahan menjadi bagian grup terpopuler di angkatannya.

Ini membuat kita berpikir kalau kesimpulan Hachiman dulunya benar. Yui mulai menyukainya karena merasa kasihan melihat situasi Hachiman yang menjadi penyendiri, lalu dibumbui dengan status Hachiman sebagai pria penyelamat anjingnya.

Dalam volume 3 chapter 6, Hachiman tidak mau menerima perasaan Yui jika dia hanya terlihat sebagai pria penyelamatnya, dan ironisnya Yui masih menekankan itu ketika hendak mengutarakan perasaannya.

Dari adegan ini, kita semua sudah bisa menebak, Yui akan ditolak, dan harusnya Hachiman mengutarakan itu. Hachiman harusnya membiarkan Yui menyelesaikan kata-katanya daripada "mengurusi HP-nya Yui".

Namun, disini kita harus ingat kalau Hachiman tahu konsekuensi jika dia melakukan hal serupa ketika konfrontasi perasaan Yui di vol 2 chapter 5: Yui akan meninggalkan Klub Relawan dan persahabatannya dengan Yukino.

Akhirnya, Hachiman menemukan HP Yui tersebut sebagai momen untuk lari dari situasi tersebut.

Ini juga menjawab mengapa Hachiman tidak mau memberikan jawaban jelas atas hutang kencannya paska festival budaya.

3 komentar:

  1. Selama kelas 1 Yui baik baik saja malah jadi populer.jd keputusan Hachiman sudah tepat dg terus mencoba nolak Yui. Perasaan Yui berati cuma kasian setelah liat ternyata Hachiman penyendiri setelah satu kelas adalah benar.

    BalasHapus
  2. mau nanya oregairu s3 ada apa enggak kak

    BalasHapus