Rabu, 15 Maret 2017

[ FOR FUN ] Oregairu : Musim semi yang terkubur salju itu...







Kali ini, kita akan membahas volume 11 chapter 9. Mungkin, disini momen dimana pemirsa animenya super bingung. Sebenarnya, ini tidaklah serumit yang kita kira.

Sebagai tambahan info, Yuigahama Yui sudah dibuatkan endingnya tersendiri di seri ANOTHER.

Seperti biasanya dan tanpa bosan-bosannya saya mengingatkan, ini hanyalah analisis dari translatornya, bukan penulis novelnya. Masalah anda percaya atau tidak, dikembalikan kembali kepada pembaca. Jika memiliki pendapat yang berbeda, silakan tulis di kolom komentar.

Dulu, saya pernah menulis analisis chapter ini dengan sangat detail, namun tentunya itu ditujukan untuk pembaca light novel. Karena ini for fun dan ditujukan untuk pembaca non-light novel, saya akan membuatnya dengan lebih sederhana. Untuk memudahkan pembaca, monolog ataupun kalimat yang berasal dari light novelnya, akan saya tulis dalam huruf tebal.

Apakah anda siap?






Kali ini kita akan membahas kue Yui. Yah sebut saja kue coklat (meski kemungkinan besar hitamnya adalah gosong). Yui bersikeras kalau itu adalah coklat terima kasih, dan memaksa Hachiman untuk menerimanya. Namun jika kita kilas balik volume 1 chapter 3, coklat terima kasih tersebut ada dua, satu untuk Yukino dan satu untuk Hachiman. Semuanya mendadak menjadi aneh ketika coklat yang diterima hanyalah satu, dan orang itu haruslah Hachiman.

Tidak lupa juga, Yui menambahkan kata-katanya:

  "Kalau kita tahu perasaan kita yang sebenarnya satu sama lain, kupikir kita tidak akan bisa tetap seperti ini lagi. Oleh karena itu, ini mungkin adalah request dari kita yang terakhir. Request yang terakhir adalah tentang kita." 

Ini menegaskan kalau kue tersebut ada kaitannya dengan perasaan mereka, dan Yui meyakini situasi mereka bertiga tidak akan sama lagi jika kebenarannya terungkap. Yui berharap kalau ini adalah request terakhir. Tapi perlu dicamkan disini, terdapat kata "request kita". Bisa berarti request terakhir Klub Relawan ataupun request terakhir yang mereka jalankan "bertiga".

Bagaimana respon Hachiman? Mari kita telusuri monolognya:

Aku sebenarnya punya sebuah kecurigaan yang sejak lama ada di pikiranku. Itu adalah sesuatu yang Yuigahama lakukan selama ini.

Aku pikir Yukinoshita juga sudah menyadari kecurigaanku itu.

Dugaan yang sejak lama Hachiman yakini, tentu saja ada di vol 3 chapter 6. Hachiman meyakini kalau Yui ini sebenarnya mencintainya. Kini, Hachiman berpikir kalau Yukino baru saja sadar akan hal itu. Mengapa begitu?

Yui meminta waktu berdua dengan Yukino, vol 1 chapter 3, dan menjelaskan kalau kue coklat itu untuk diberikan kepada pria yang Yui sukai. Artinya, Hachiman adalah pria tersebut.

Lalu, Hachiman mulai mempertimbangkan situasinya, dalam monolog:

Kalau memang bisa memilih, aku mungkin akan mencoba meyakinkan diriku sendiri. Jika tahu keadaannya akan menjadi begini, maka aku tidak masalah jika menerima ketidaknyamanan ini demi semua orang bisa bahagia.

Yep, Hachiman berpikir mungkin jalan keluar dari situasi ini adalah menerima perasaan Yui, dan menanggung perasaan tidak nyaman itu sendirian. Tapi, setidaknya itu bisa membuat semua orang bahagia.

Tapi monolog semacam itu, adalah monolog Hachiman ketika dirinya masih di awal-awal seri Oregairu. Hachiman kini telah berubah.

Hachiman menambahkan lagi dalam monolognya:

Mungkin yang Yuigahama rasakan tidaklah salah. Aku sempat berpikir kalau selama ini itulah yang dia cari. Kupikir memang akan menjadi lebih mudah jika aku menerimanya begitu saja. Meski begitu...

Apakah melakukan tindakan yang salah itu bisa dijadikan pembenaran? Tapi, apakah itu kebenaran yang kita cari selama ini?

Hachiman mengakui kalau tindakan Yui mencintainya bukanlah hal yang salah. Situasi ini akan lebih mudah jika Hachiman menerima perasaan Yui begitu saja. Masalahnya, Hachiman tahu kalau itu salah, mengapa? Jawabannya sendiri sudah ada di vol 3 chapter 6 dan vol 5 chapter 6. Hachiman tidak bisa menerima perasaan semacam itu, yang timbul karena dirinya adalah seorang penyelamat anjingnya.






Saya pikir, kita tidak perlu berlama-lama tentang syarat Yui. Yui disini tidak menunggu jawaban Hachiman, hanya jawaban Yukino. Dan Yui berniat mengambil semuanya, jika dia menjadi pemenangnya. Semua sudah tahu apa itu...

Kita kemudian beralih ke monolog Hachiman:

Di suatu masa depan, jika kita bisa memilih untuk hidup dengan cara yang kita suka, maka tidak ada seorangpun yang akan menderita. Tetapi, aku ingin membuang idealisme seperti itu. Aku tidak memiliki kekuatan untuk hidup dalam ilusi seperti itu. Selain meragukan diriku sendiri, aku juga tidak punya keinginan untuk mengatakan kepalsuan ke orang yang sangat berarti bagiku. Oleh karena itu, aku tahu jawaban yang kuinginkan. Aku menginginkan jawaban dimana aku menginginkan dia menjawabnya dengan jujur.

Hachiman yang sekarang, sudah membuang idealismenya kalau dia bisa membuat dunia dimana tidak ada seorangpun yang terluka, karena Hachiman tidak ingin lagi membohongi orang yang sangat berarti baginya. Mari kita telaah tiga kalimat terakhir dari monolog di atas.

Aku juga tidak punya keinginan untuk mengatakan kepalsuan ke orang yang sangat berarti bagiku.Oleh karena itu, aku tahu jawaban yang kuinginkan. Aku menginginkan jawaban dimana aku menginginkan dia menjawabnya dengan jujur.

Siapa orang yang begitu berharga bagi Hachiman? Clue-nya sendiri ada di kalimat terakhir, dan itu sama persis dengan apa yang Hachiman katakan dalam monolognya di volume 6 chapter 6. Kebetulan, monolog tersebut terjadi ketika Hachiman bersama satu orang gadis, Yukinoshita Yukino. Mari kita flashback monolog tersebut.

Bisakah kita terus seperti ini tanpa melihat masa lalu kita?

Bisakah aku bertanya kepadamu sekali lagi?

Demi mengetahui jawabanmu yang sebenarnya.







Oleh karena itu, ketergantungan ini harus diakhiri. Aku tidak bisa melarikan diri dari kebaikan mereka atau membalas mereka dengan kebohongan-kebohongan lagi. Oleh karena itu, aku menyebut Yuigahama Yui adalah gadis baik dan Yukinoshita Yukino adalah gadis yang berpendirian kuat.

Hachiman meyakini kalau menyebut Yuigahama Yui seorang nice girl adalah untuk membohongi dirinya sendiri. Yeah kita tahu kebenarannya. Hachiman tahu kalau Yui menyukainya. Hachiman tahu kalau Yui berteman dengan Yukino dan masuk Klub Relawan agar bisa mendekatinya.

Hachiman meyakini kalau menyebut Yukinoshita Yukino seorang gadis dengan pendirian yang kuat adalah untuk membohongi dirinya sendiri. Kita tahu kebenaran ini dari vol 9 chapter 5. Sensei mengatakan kalau Yukinoshita membutuhkan orang yang berjalan bersamanya untuk terus maju ke depan. Yukinoshita tidaklah sekuat yang Hachiman bayangkan, dan Hachiman berusaha membohongi dirinya kalau Yukinoshita tidak membutuhkan support, terutama dari dirinya. Meski, kita tahu itu bohong...

Yui yang mengatakan kalau dia sudah menduga Hachiman akan menolakkan sayembara itu untuk Yukino, memberi kesimpulan sederhana: seluruh adegan ini adalah settingan Yui untuk menegaskan sesuatu.







Jangan bertanya kepada saya tentang apa permintaan Yukino, saya bukanlah Watari.

Request Hachiman ini bisa juga mencakup request pertama mereka, vol 1 chapter 1. Tapi kebenarannya, mungkin harus membaca volume 12.

Pendapat saya, satu-satunya jalan keluar bagi mereka saat ini adalah mengetahui perasaan masing-masing dan tetap bersatu, karena final bossnya adalah boss yang cukup kuat.

Entah apakah Hachiman benar-benar menerima perasaan Yui, juga apakah Yukino akan memberikan coklat valentinenya, apakah Hachiman atau Yukino akan menjelaskan perasaan mereka masing-masing...Saya tidak tahu. Tapi petunjuk-petunjuk akan jawaban mereka saya kira sudah ada di volume-volume sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar