Sabtu, 04 Februari 2017

[ TRANSLATE ] Oregairu Vol 5 : Tugas Liburan Musim Panas | Proyek Penelitian







Kembang Api Yang Menakjubkan

- Oleh Hikigaya Komachi-



Ketika kita membicarakan tentang musim panas, maka kita akan memikirkan tentang kembang api. Kembang api sendiri, adalah sesuatu yang populer di Chiba. Laporan ini akan menjelaskan tentang kembang api yang menakjubkan tersebut.



Mengapa Kembang Api Memiliki Warna-Warna Tertentu?

Sebuah hukum fisika yang bernama reaksi pembakaran yang membuat ledakan kembang api bisa berwarna-warni.



Apa Yang Dimaksud Reaksi Pembakaran?

Reaksi pembakaran adalah dimana alkali logam, alkali tanah, dan alkali tembaga dibakar oleh api dan menghasilkan warna-warna tertentu. Dari situ, mereka menganalisis komposisi warna yang bisa dihasilkan dan meracik sendiri warna-warna semacam apa kembang api mereka nantinya.

Tapi selama Onii-chan selalu ada di sisiku, maka duniaku akan selalu penuh dengan warna! Oh, barusan itu pasti menambah Poin Komachi!



Reaksi Pembakaran Yang Berbeda-Beda.

Berikut ini adalah kompilasi warna hasil reaksi pembakaran.
Lithium - Camine
Sodium - Kuning
Potassium - Lilac
Calsium - Merah Bata
Strontium - Merah
Barium - Hijau Apel
Tembaga - Hijau Bluish

Juga ada Sodium Klorida, dengan kata lain jika ditambah garam maka akan menghasilkan warna juga! Kau bisa membeli garam di swalayan dan jika kau menggunakan kartu, kamu juga mendapatkan poin! Ah, barusan itu pasti memberiku poin tinggi di Tsutaya!



Cara Mengingat Warna Dari Reaksi Pembakaran

Daftar reaksi pembakaran yang biasanya muncul di ujian, sebenarnya sangat mudah diingat, yaitu mengaitkannya dengan lagu! Kini kau pasti akan sangat mudah untuk menghapalnya!

Lithium (Li) - Merah (Red)
Copper (Cu) - Hijau (Green)
Barium (Ba) - Hijau (Green)
Besi (Fe) - Tidak ada reaksi pembakaran.

LiRed~♪ CuGre is BaGre~♪

Perlu diingat: Feeeeh...Tidak ada reaksi sama sekali.



Kesimpulan

Kalau kau mempelajari tentang teori reaksi pembakaran, kau bisa menemukan misteri terdalam dari identitas sebenarnya unsur-unsur logam!

Tapi kalau kau memikirkan itu dari sudut pandang yang berbeda, kau bisa memanfaatkan Kembang Api yang memakai dasar dari teori reaksi pembakaran, untuk memahami seperti apa orang yang sedang kau pikirkan, atau bahkan perasaan mereka!

Tapi sifat orang yang sejak awal berniat mengacaukan Festival Kembang Api, cenderung punya pikiran yang kotor, jadi lebih baik kau tidak mengenalnya sama sekali!

Tambahan: Cepat meledaklah! Phew! Sampai jumpa lagi, kembang api!





x Proyek Penelitian | Tamat x







Ini jelas-jelas ada kaitannya dengan  volume 5 chapter 6, dimana Hachiman pergi bersama Yui ke Festival Kembang Api. Jadi, apa yang bisa dijelaskan oleh tugas dari Komachi ini?

Kita fokus ke bagian kesimpulan, disana ada sugesti dari Komachi kalau mengajak seseorang di festival kembang api, maka kau bisa melihat seperti apa sebenarnya orang yang kau sukai, bahkan perasaannya seperti apa.

Pertama, karena LN ini dari sudut pandang Hachiman, jelas tidak ada sugesti seperti itu datang dari Komachi untuk Hachiman. Lalu, siapa orang yang memperoleh sugesti tersebut?

Ingat di vol 5 chapter 5, Komachi mendesak Hachiman untuk menemani Yui. Di vol 5 chapter 1, Komachi sendiri sering berkomunikasi dengan Yukino dan Yui lewat HP. Jika Komachi tahu kalau Yui adalah gadis pemilik anjing yang diselamatkan Hachiman (dimana faktanya memang tahu), mudah saja mengambil kesimpulan bagi Komachi ketika melihat Yui ada di dekat Hachiman (request Taishi vol 2 chapter 4), dan perkemahan Desa Chiba (vol 4), kalau Yui sebenarnya ada rasa dengan Hachiman.

Komachi lalu mensugesti Yui untuk mengajak Hachiman di Festival Kembang Api, tentunya Komachi melihat itu sebagai peluang bagi Yui untuk mengetahui perasaan Hachiman tentang Yui.

Sayangnya, di adegan kereta yang mengerem mendadak, vol 5 chapter 6, Hachiman sudah menjatuhkan kapak vonisnya terhadap perasaan Yui, yaitu dia bukanlah pria untuk Yui.

Semua orang tahu jika jalan berdua di Festival Kembang Api, jelas sedang berkencan, tapi pria macam apa yang sudah tahu kalau gadis tersebut menyukainya, sudah punya keputusan kalau cinta Yui bukan untuknya, lalu terus melanjutkan kencan tersebut? Hachiman harusnya memutuskan untuk membatalkan kencannya ketika masih di kereta. Tapi, Hachiman tetap melanjutkan kencannya.

Dari situ, kita bisa menarik kesimpulan kalau Hachiman tidak ingin Yui terluka karena kebenaran tentang perasaannya, dan mengambil keputusan kalau dia akan menggantung perasaan Yui jika benar-benar menembaknya di kencan kali ini. Dimana, itu menjadi kenyataan.

Hal yang sama terjadi juga pada Ebina di vol 7 chapter 9, Hachiman memilih untuk menggantung perasaan Ebina dengan mengatakan kalau itu hanyalah candaan. Semua orang tahu kalau mengajak bertemu empat mata secara privat pasti sesuatu yang serius.

Yeah, pria berpikiran kotor alias brengsek dalam kesimpulan Komachi adalah Onii-channya.

Tahu Yui menyukainya, sudah memutuskan kalau dia bukan pria untuk Yui, tapi tetap pura-pura menjalankan kencan tersebut. Yeah, kali ini Hachiman benar-benar asshole.

Entah kebetulan atau bagaimana, ini juga terjadi ke Hayama. Dia hanya memanfaatkan Miura, tidak punya niatan untuk berhubungan serius. Bahkan Hayama backstab Tobe, temannya sejak SMP demi agendanya sendiri. 

1 komentar: