Minggu, 05 Februari 2017

[ TRANSLATE ] Oregairu Vol 2 : Kuisioner Kunjungan Tempat Kerja




SMA Soubu
Kelas 2F
Hikigaya Hachiman



Pekerjaan Yang Diinginkan

Suami Rumahan




Tempat Kerja Yang Diinginkan

Rumahku




Tuliskan Alasan Anda Di Bawah

Menurut para leluhur, bekerja berarti menerima kekalahan.

Bekerja adalah sebuah kegiatan dimana menempatkan dirimu dalam posisi yang beresiko agar bisa memperoleh imbalan. Dengan kata lain, pekerjaan ideal adalah yang mendapatkan imbalan sebesar-besarnya dengan resiko yang seminim mungkin.

Gadis muda (misalnya yang baru beranjak remaja) yang mengatakan kalau "aku ingin menjadi pengantin ketika dewasa nanti!" bukan karena pengantin sendiri terlihat manis, tapi karena insting biologis.

Karena itulah, pilihanku dengan "tetap tinggal di rumah dan tidak bekerja" terdengar sempurna dan sangat beralasan. Harapanku terhadap kegiatan Kunjungan Tempat Kerja ini adalah bisa membuatku beradaptasi dengan lingkungan kerja sebagai suami rumahan, yaitu tinggal di rumah.

QED.





- Kuisioner Kunjungan Tempat Kerja -
x Tamat x




Sesuai judul light novel ini, apa yang Hachiman pikir dia akan seperti apa di masa depan, ternyata tidak seperti yang dia bayangkan. Akhir drama kuisioner ini ada di vol 10.5 chapter 1.

Iroha mengatakan kalau dirinya ingin menjadi Ibu Rumah Tangga, begitu pula Yui. Namun ketika Yukino ditanya hal serupa oleh Iroha, Yukino memberikan jawaban yang mengejutkan. Dia mengatakan kalau dulu memiliki keinginan yang sama dengan Iroha dan Yui, yaitu Ibu Rumah Tangga. Namun, sekarang Yukino tidak yakin lagi dengan keinginannya tersebut.

Mudah saja, Yukino memikirkan opsi untuk menjadi wanita karir karena ada sesuatu yang terjadi belakangan ini. Yeah, calon suaminya mungkin memutuskan untuk tidak mau bekerja.

Lucunya, setelah kejadian itu, ketika Hachiman dan Zaimokuza ada di perpustakaan, Hachiman mengatakan sesuatu dalam monolognya.



Setahun tersisa bagiku hingga aku lulus SMA. Setelah itu, dengan asumsi aku ikut bimbingan ujian masuk universitas dan masuk universitas tanpa masalah, itu berarti lima tahun lagi aku akan masuk ke komunitas sosial.

Lima tahun.



Jika lima tahun dikurangi setahun masa SMA, maka tersisa empat tahun. Empat tahun adalah waktu standar bagi mahasiswa untuk lulus universitas. Jika Hachiman berniat menjadi suami rumahan, maka dia tidak perlu repot-repot mengatakan akan masuk ke komunitas sosial karena dia akan mengisolasi dirinya di rumah.

Ini menjadi masuk akal karena Hachiman berniat berpacaran ketika kuliah, sehingga setelah lulus universitas dia sudah memiliki calon istri.

Namun, Hachiman mengatakan sebaliknya dalam monolognya tersebut. Hachiman akan masuk ke komunitas sosial, alias bekerja. Jika memutuskan seperti itu, maka gadis yang Hachiman pikir akan menjadi calonnya sudah tersedia dalam vol 10.5 chapter 1. Gadis tersebut baru saja mengatakan sesuatu yang membuat Hachiman berpikir ulang tentang cita-citanya menjadi suami rumahan.

Uniknya, ini juga ada hubungannya dengan kata-kata Komachi di vol 6.5 spesial, yaitu dia ingin pacar Hachiman adalah gadis yang bisa merubah Hachiman yang awalnya orang tidak berguna menjadi orang yang berguna.

Yeah, kita semua tahu siapa gadis tersebut. Menurut saya, Watari dalam chapter tersebut menyampaikan pesan tersembunyi: Pria juga bisa berubah karena seorang gadis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar