Senin, 06 Februari 2017

[ REVIEW ] Gundam Iron Blooded-Orphans Episode 42 : Settlement

 Shut up and take my money!



  Kali ini, si penulis naskah benar-benar tahu bagaimana menggambarkan balas dendam. Juga, OMG preview minggu depan Vidar Vs Barbatos! Jujur saja, saya malah lebih hype kalau GaliGali vs McGillis. Oke, sebelum kita masuk ke review, ada beberapa hal yang mungkin perlu dijelaskan, tentang mobile suit disini.

Ekor dari Barbatos Lupus Rex itu berasal dari ekor Hashmal, Superhard Wire Blade. Terbuat dari logam tempaan yang langka, dimana dengan teknologi saat inipun, belum mampu untuk diproduksi ulang. Yeah, mungkin mekanik Saisei menyadari ini ketika rongsokan Hashmal dibawa ke Saisei, dan menggunakannya sebagai senjata andalan Barbatos. Jujur saja, tampilan Lupus Rex ini sangat mirip Iblis. BTW ada yang bertanya tentang tanduk yang terlalu besar, err, Barbatos memang Iblis yang memiliki tampilan seperti seorang pemburu bertanduk. Jadi masalah "tanduk" ini memang serasa diperlukan.

Oke selanjutnya kita akan membahas STH-20 Hekija, yang dipiloti Hush Midi. Tidak perlu menebak lebih jauh, ini pasti unit milik (alm) Lafter. Hush disini mengatakan kalau Hekija jauh lebih cepat dan responsif dari Shiden. Tapi apakah memang begitu?

Shiden adalah versi produksi masal dari Hyakuri dan Hyakuren. Hyakuri sendiri adalah mobile suit dengan satu reaktor, rancangan era Bencana Peperangan. Yeah, Hyakuren sendiri tercatat hanya ada 44 unit yang diproduksi. Lalu bagaimana dengan Hekija? Hekija adalah generasi terbaru dari Hyakuren, yang juga versi produksi masal.

Sederhananya, jika Gjallahorn punya Graze dan Leginlaze, maka Shiden adalah Graze sedang Hekija adalah Reginlaze.

Kampretnya, Julieta dengan Reginlaze Julia masih belum bisa menandingi Amida dengan Hyakuren.






Tahu pekerjaan paling menyebalkan di seri Gundam? Menjadi pilot musuh ketika MC meluncur perdana dengan versi upgrade Gundamnya. Seratus empat puluh persen menjadi bulan-bulanan.

Oke, saya menyukai bagaimana pertarungan di IBO tanpa beam phew phew phew (Gundam Seed, please...). Juga, ini mengesankan bagaimana jari-jari barbatos dilapisi logam khusus untuk penetrasi celah armor musuh dalam pertarungan jarak dekat. Ada semacam tangan extra di tangan Lupus Rex, plus ada semacam meriam. Mungkin kaliber kecil, sekitar 90-120mm.



Jadi rencananya sederhana. Semua tahu McMurdo tidak mewakilkan kuasanya ke Jasley meski sekarang Jasley satu-satunya tangan kanan McMurdo. Tapi Jasley tidak bisa membunuh McMurdo, karena bisa menimbulkan konflik di Teiwaz. Jadi satu-satunya cara adalah membuat McMurdo ditahan oleh Gjallahorn. Tentu sangat mudah bagi Jasley untuk mencari-cari kasus yang bisa dipidanakan ke McMurdo karena dia tangan kanannya selama ini. Jika kepemimpinan Teiwaz kosong karena McMurdo ditangkap, maka otomatis Jasley yang akan menjadi pemimpinnya.

Satu-satunya kepingan terakhir yang harus dihancurkan oleh Jasley adalah adik Naze, Orga. Jasley tentu saja percaya diri karena didukung oleh Iok Kujan dari Arianhod. Masalahnya, Jasley tidak tahu kalau Iok Kujan ini punya Senpai, Rustal Elion. Harusnya, Jasley membuat deal dengan Rustal, bukan dengan Iok.



Banyak yang menebak IBO season 3 dengan MC Hush Midi...Hmm. Tapi jujur saja, ada 72 Gundam Frame dan sekitar 20-an yang masih beroperasi. Berapa yang kita lihat di IBO? Sepuluh saja tidak sampai! Ini materi yang sangat bagus untuk season 3, OVA, ataupun manga yang selain on-going. Belum lagi, penonton pasti penasaran tentang awal mula Bencana Peperangan 300 tahun lalu!

Oke, Hush kini lebih berkembang dari segi skill. Dia percaya diri untuk mengalahkan musuhnya sendirian. Ini sangat bagus jika melihat pertempuran terakhirnya di Bumi melawan gerombolan bandit Galan Mosa.



Juga, Hush kini perangainya sangat mirip dengan Senpainya, Mika. Zack dan Dane saja masih terlihat kasihan dengan pilot human debris tersebut. Hush tidak ambil pusing dengan fakta tersebut, ketika human debris itu diluar sana memakai senjata dan siap tempur, maka situasinya adalah bunuh atau terbunuh. Idealisme tidak ada gunanya dalam pertempuran.

Ingat tidak dengan awal mula karakter Hush diperkenalkan. Dia orang yang sangat idealis, dan pernah hampir tewas di bumi. Kini? Ayolah, wajahnya tidak buruk-buruk amat kalau jadi MC seri berikutnya, ahahaa!

Sebenarnya, adegan Hush Midi dengan kata-kata di atas, adalah fakta tentang perang di planet kita saat ini. Di belahan dunia lain, orang-orang berteriak lantang mengecam tentara negara X, pemberontak negara Y, teroris negara Z. Para prajurit yang ada di lapangan tersebut tidak punya pilihan lain, atau mereka akan terbunuh dan hanya menjadi sebuah angka dalam statistik tewasnya manusia dalam perang. Sadar realitanya, mereka hanyalah orang yang menjalankan perintah. Yang harus dikecam adalah pihak yang kuasa memberikan perintah.

Mau contoh sederhananya? Hush Midi bahkan tidak punya ikatan emosional dengan Naze, Amida, dan Lafter. Lihat faktanya...Kini dia di mobile suit, membunuh untuk membalaskan dendam kematian orang yang bahkan dia tidak peduli sama sekali. Bagi para member Tekkadan lama, Turbines adalah hal yang sangat emosional, tapi tidak bagi Hush. Ini yang berusaha disampaikan dalam episode ini.



What the heck? Tapi saya setuju dengan kata-kata Galan ini. Orang baik mati lebih dulu dalam perang.



Masahiro, Ashton, Lafter...Belum lagi tayang di anime Berserk. Akihiro pasti sibuk sekali.



Sebenarnya jawaban dari pertanyaan Julieta ini mudah. Amida bertempur demi orang yang dicintainya, demi keluarganya. Julieta bertempur hanya untuk mengesankan Rustal. Perbedaan mental dan motivasi sudah membuat jarak yang sangat jauh. Namun, bukankah ini sama dengan Mika? Mika hanya menjalankan perintah Orga, keinginannya yang sebenarnya adalah menjadi petani di Mars.

Yep, karena itulah Mika mengambil jalan pintas. Menjalani operasi AV 3x dan menjual tubuhnya ke Iblis. Jika Julieta ingin tangguh seperti Mika, maka dia tahu harus melakukan apa. Jangan jauh-jauh, Ein adalah contoh terbaik.

Tapi, GaliGali bisa sekuat itu tanpa AV system! What the heck! Tapi tenang guys, Char Clone memang sejak awal punya bakat tempur yang diluar nalar.



Ini contoh yang baik bagaimana politik damai bekerja. Rustal, komandan tertinggi Arianhod, Gjallahorn yang mengurusi bagian luar angkasa, menjanjikan kalau dia akan pura-pura tuli dan buta dengan apapun kegiatan Teiwaz selanjutnya, asalkan Teiwaz tidak mengungkit lagi masalah Dainsleif yang menghancurkan Turbines.

Bagi kumpulan mafia, tentu persaudaraan macam Naze-Orga inilah yang mereka sukai. Saudara sampai mati, nyawa dibayar nyawa. Bahkan, McMurdo tesenyum mendengar hal itu.

Harus diakui, Rustal selangkah di depan kali ini. Dia berhasil membuat Teiwaz tidak ikut campur dengan perang internal. Tekkadan+McGillis vs Iok+Rustal. Tapi tentunya, ini bisa dijegal oleh ayah GaliGali dan Pak Tua entah dari keluarga sevenstar mana. Mungkin, inilah yang akan "dibereskan" oleh McGillis selanjutnya.



Sebenarnya, ini adegan yang lucu. Orga mengatakan awalnya dia ingin melihat Jasley memohon-mohon Orga untuk mengampuni nyawanya. Namun, Orga menyadari kalau itu sudah tidak lucu lagi.



HA HA HA HA HA HA HA HA HA HA HA!



Setelah armada Arianhod ketahuan menggunakan Dainsleif oleh McGillis, goblok kalau Rustal dan Iok mau hadir dalam rapat ini. Apalagi, kalau McGillis punya bukti kalau Galan Mosa ada hubungannya dengan Rustal, bisa-bisa Rustal langsung ditangkap ketika berada di rapat ini. Apa kita perlu penjelasan lebih lanjut soal ini?



Ketidakhadiran Rustal bisa diartikan kalau dia sudah tahu kalau Gjallahorn di bumi sudah tidak bersahabat dengannya. McGillis memutuskan momen ini adalah momen yang tepat untuk memberitahu dunia mengenai Arianhod.

Tapi masalahnya, armada terbesar Gjallahorn adalah Arianhod. Keputusan McGillis untuk menggandeng Tekkadan memang benar. 



Merribith mengambil keputusan untuk tetap bersama Tekkadan, yeah kita tahu apa yang sebenarnya, Merribit menyukai Pak Tua dan merasa harus berada disana. Inilah yang memicu Kudelia untuk berpikir pergi ke Tekkadan, karena disana ada Mika.

Oi, ini anime Gundam, bukan Macross! Jangan trigger percintaan di anime seperti ini, ini sama saja dengan mengibarkan death flag buat Kudelia. Baik Atra dan Kudelia, beberapa episode belakangan memunculkan suasana romance dengan MC, Mika. Dalam seri anime ini, bisa menjadi kabar buruk. Kematian orang-orang yang mencintai MC pilot bisa dijadikan materi untuk perkembangan karakter MC. Sekarang, kapak sudah ada di kepala Kudelia dan Atra...



Yang Eugene katakan dalam adegan di atas, adalah hal yang harus dicamkan oleh Orga. Apakah pikiran McGillis itu satu jalan dengan Orga? Mika harusnya bicara dalam adegan ini, karena Mika tahu kalau Carta sengaja dikirim oleh McGillis untuk mati di episode 23 season 1. Carta adalah gadis yang mencintai McGillis. Jika McGillis tega seperti itu, bukankah mudah jika mengkhianati Orga di kemudian hari?

Setahu saya, dan selalu begitu, sebuah kesalahan besar jika MC membuat perjanjian dengan Char Clone. Dalam anime Gundam, jangan pernah mempercayai karakter antagonis pria dengan topeng!



Miris, kini Mika seperti hidup dengan Barbatos.

Saya sempat berpikir kalau Orga sebenarnya menyesal sudah membuat Mika seperti itu. Tapi Orga tidak bisa mundur karena Mika sudah kehilangan fungsi mata, tangan kanan, dan kaki kanannya secara normal gara-gara ambisi Orga.

Dalam edisi Gundam yang lain, MC pilot biasanya memiliki kekuatan super yang bisa dia pakai dan setelah pertempuran, si pilot merasa baik-baik saja. Tapi disini, meminta tumbal.


Bagaimana anda merasakan dendam kematian Naze dan lainnya disini? Hampa bukan? Kini orang yang bertanggung jawab sudah tewas, lalu apa? Naze tetap meninggal.

1 komentar: