Senin, 12 Oktober 2015

[ REVIEW ] Kekkai Sensen

  Well, sangat jarang saya mereview anime yang 'baru' saja selesai. Kali ini kita akan membahas tentang Kekkai Sensen. Ini adalah anime bergenre action dan fantasy. Kota yang unik, warga yang memiliki kemampuan di luar nalar, dan tentunya aksi-aksi pertempuran yang seru.




BASIC INFO

  Anime ini berdasarkan sebuah manga berjudul sama, yang sudah terbit sejak 2009 (sekarang sudah terbit sekitar 10 volume). Diproduseri oleh FUNimation dan dikerjakan oleh dua studio anime, yaitu Bones dan TOHO animation. Tentunya, kita sendiri tidak perlu meragukan kualitas-kualitas perusahaan di atas.

Manga volume 3, yang berminat silakan dibeli ...


  Bisa dikatakan, banyak nama debutan dalam staff penggarap anime ini. Ada juga, orang yang baru beberapa kali menangani anime. Tentunya, kita tidak melihat nama besar sebagai faktor X, hasil adalah yang terpenting dari itu semua.

  Uniknya, pengisi suara dari setiap karakter di anime ini adalah pengisi suara 'veteran' di dunia anime. Misalnya untuk Leonardo Watch, pengisi suaranya adalah orang yang sama dengan Portgas D Ace (One Piece), Roan (Ragnarok), Fukube Satoshi (Hyouka), Shimura Shinpaci (Gintama), dll. Untuk White dan Black, diisi oleh satu pengisi suara yang memainkan 2 karakter suara berbeda. Anda bisa melihat suaranya di anime lain seperti Eric Alphonse (FMA), Aria Holmes (Hidan no Aria AA), Kagura (Gintama), Happy (Fairy Tail), Shana (Shakugan no Shana), dll. Untuk suara Zapp, diisi pengisi suara yang sama untuk Roronoa Zoro (One Piece), Schicksal Souma (God Eater), dll.

  Anime ini sudah di dub dalam versi bahasa Inggris dan disiarkan di Amerika Utara, Latin, dan Eropa. Bagi saya sendiri, saya sangat menikmati anime ini (berharap ada season 2!). Tidak lupa, anime ini juga memiliki ending yang bagus. Penilaian saya 9/10. Worth to watch. Bagi yang tidak suka anime 'sulit', saya tidak menyarankan untuk menonton Kekkai Sensen. Plot utama cerita seri ini tidak ada dalam seri manganya, jadi bisa dikatakan original scrip dari versi animenya. Terutama untuk Arc White/Black yang mengisi pertempuran utama di anime ini.




KARAKTER


Leonardo Watch



  Leo adalah pemuda biasa, tidak memiliki kemampuan bertarung. Namun, suatu insiden dengan adiknya, Michaella, membuat Leo dianugerahi "God Eye". Namun, God Eye tersebut memakan tumbal, yaitu penglihatan Michaella. Dengan God Eye, Leo bisa melihat apapun yang bisa terlihat di depannya, melihat masa depan, dll. Karena kekuatan God Eye itulah, Libra mengajaknya bergabung. Pelan dan perlahan, Leo yang awalnya hanya pemuda pengecut dan peragu, berubah menjadi pemuda yang berpendirian teguh dan pemberani.



LIBRA

  Libra adalah sebuah organisasi rahasia yang berada di Helsalem Lot. Tujuannya adalah menjaga keseimbangan di kota tersebut. Ada yang mengatakan bahwa banyak pihak berani membayar mahal hanya untuk mendapatkan sekeping informasi mengenai Libra. Tidak ada yang tahu pasti jumlah anggota Libra ada berapa dan berada di mana. Namun, member yang sehari-hari terlihat di 'kantor' adalah Klaus (leader), Zapp, Chain, Steven, KK, Steven, Hummer, Zed, dan Gilbert. Mereka semua memiliki kekuatan bertarung yang unik, mayoritas adalah kekuatan dari memanipulasi darah dalam tubuh.


  Awalnya, tidak ada yang tahu pasti alasan utama Libra merekrut Leo. Namun lambat laun terungkap bahwa 5% penduduk Helsalem Lot adalah makhluk yang tidak bisa terlihat dengan mata biasa. Dengan keberadaan Leo di Libra, diyakini bisa meningkatkan efektivitas Libra dalam menghadapi masalah ketika melawan 5% yang 'invicible' tersebut.



Mary MacBeth a.k.a White

  
  Anak kembar dari pasangan Benjamin dan Emma MacBeth. Saudara kembarnya bernama William MacBeth. Keluarga MacBeth, adalah keluarga terkenal yang memiliki kekuatan magic secara turun temurun. Mereka adalah keluarga yang diandalkan ketika membuat segel Helsalem Lot dan mencegah keruntuhan terjadi. Mary tidak memiliki kekuatan dari orang tuanya, dan memiliki tubuh yang lemah. Karena semakin sekarat, tiga tahun yang lalu kedua orang tuanya memutuskan untuk memakai sebuah segel Helsalem Lot untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, bersamaan dengan insiden 'keruntuhan' yang menewaskan kedua orang tuanya. Karena tugas Leo di Libra kebanyakan berakhir dengan luka dan harus dirawat di rumah sakit, akhirnya pertemuan Leo dan Mary tidak bisa dielakkan lagi. Mary selama ini harus dirawat di rumah sakit karena masalah kesehatannya.



William MacBeth a.k.a Black

 
 
  Saudara dari Mary, memiliki kekuatan psychic dan kemampuan turun temurun dari keluarganya dalam segel. Tetapi, William tidak mau menjadi seperti orang tuanya. William bahkan membenci keputusan orang tuanya untuk menaruh segel Helsalem Lot di Mary agar tetap hidup. Suatu ketika, Elder Vampire bernama King of Despair (KoD) muncul di depan Mary dan William, meminta mereka berdua untuk memilih siapa diantara mereka berdua yang akan menjadi 'wadah hidup' (KoD). William yang menyayangi Mary, mengorbankan dirinya agar dijadikan wadah bagi KoD. William merasa kasihan adiknya yang selama ini sudah menderita untuk hanya sekedar bertahan hidup, lalu dijadikan tempat segel, setelah itu masih harus dijadikan wadah hidup monster antah berantah. Akhirnya, William menjadi wadah KoD dan keduanya sering bertukar posisi ditandai dengan mata biru (william) dan mata merah (KoD).




STORY (WARNING SPOILER!)

 
  Tiga tahun lalu, di tengah Kota New York terjadi peristiwa misterius. Terbuka sebuah portal raksasa yang menghubungan antara dunia manusia dan dunia bawah. Dari portal tersebut keluar kabut putih dan tentakel raksasa, lalu disertai runtuhnya kota dan kehancuran terjadi di mana-mana. Akhirnya, orang-orang dari dua dunia tersebut yang memiliki kekuatan spesial yang disebut caster, mencoba membuat segel di New York untuk mencegah kehancuran tersebut. Segel mereka efektif mencegah kehancuran kota tersebut. Tapi, karena terbukanya portal dua dunia, kini New York memiliki populasi warga yang beragam. Nama New York berubah menjadi Helsalem Lot. William pernah mengatakan kepada Leo, bahwa warga Helsalem 50% adalah penduduk dunia bawah, 25% adalah manusia biasa, 20% adalah makhluk yang tidak diketahui asal muasalnya, dan 5% adalah makhluk yang tidak bisa dilihat dengan mata biasa.




  Cerita mulut ke mulut bahwa Helsalem banyak terjadi keajaiban, membuat Leo membawa Michaella ke monumen Helsalem dan berharap mendapatkan keajaiban yang bisa menyembuhkan cacat kaki Michaella. Namun, muncul makhluk misterius yang menawarkan Penglihatan Tuhan namun meminta tumbal mata Michaella atau Leo. Leo yang ketakutan, tidak bisa bergerak sedikitpun, akhirnya Michaella menawarkan makhluk tersebut untuk mengambil penglihatan Michaella. Michaella akhirnya buta, namun Leo memiliki God Eye. Kejadian tersebut berlangsung 6 bulan yang lalu.




  Leo memutuskan untuk mencari tahu tentang makhluk yang mengambil penglihatan Michaella dan berencana untuk mengembalikan penglihatannya. Suatu kejadian tidak terduga, membuatnya diterima menjadi anggota Libra. Bersama Libra, Leo mulai menemukan arti persahabatan, keberanian, dan menggunakan kekuatan God Eye untuk membasmi kejahatan di Helsalem Lot.




  Karena terperangkap kabut putih yang tidak bisa ditembus, akhirnya manusia dan para makhluk antah berantah tersebut membiasakan diri mereka hidup berdampingan. Seperti kata seorang pelayan di burger siap saji, "Jika menganggap normal hal yang tidak normal, maka akan menjadi normal dengan sendirinya". Bagi para Elder Vampire, Helsalem terlalu membosankan bila warganya dibunuh semua. Maka mereka bersenang-senang dengan membuat aksi teror, pembunuhan berantai, eksperimen makhluk, dll. Kebanyakan Libra menjadi tukang 'cuci piring' aksi-aksi mereka.




  Salah seorang spesialis di Libra, Abrams dipanggil oleh orang yang memimpin para caster untuk menyegel keruntuhan di New York 3 tahun lalu. Disitu diketahui, kalau di dekat tempat pertarungan Abrams dan Elder Vampire itu, ada sepasang caster sedang membuat segel. Pasangan tersebut adalah Benjamin dan Emma MacBeth. Misteriusnya, kedua caster tersebut mati, tetapi segel tercipta. Yang keluar hidup-hidup dari tempat tersebut hanyalah kedua anak dari caster tersebut, yaitu Mary dan William MacBeth. Akhirnya, mereka mencurigai kalau salah satu segel dari Helsalem Lot bisa jadi tertanam di salah satu anak pasangan MacBeth tersebut.




  KoD yang berada di tubuh William memiliki rencana untuk menciptakan keruntuhan kedua, dengan menghancurkan semua segel Helsalem. Namun, untuk menentukan lokasi segel dan apa penyegelnya, KoD butuh kekuatan God Eye untuk memetakannya secara persis. Dengan alat spesial yang diciptakan Aligula (salah satu dari Elder Vampire), KoD membuat perjanjian dengan Mary. KoD akan melepaskan diri dari tubuh William jika Mary mau menempelkan alat tersebut ke mata Leo. KoD tahu kalau Leo menyukai Mary, sehingga Leo tidak akan memakai kekuatan matanya untuk menghentikan Mary. Mary yang tahu kalau dirinya seharusnya sudah meninggal, dan hidup tergantung dari segel, berharap apa yang dia lakukan ini setidaknya bisa membuat William bebas dari KoD. Akhirnya, Mary memilih untuk membuat perjanjian dengan Vampire untuk membebaskan William dan mengkhianati Leo.


 
  Dengan alat tersebut, penglihatan God Eye Leo bisa dibagi ke mata KoD. Seluruh segel Helsalem sudah terpetakan, dan akhirnya dihancurkan satu persatu. Keruntuhan kedua tinggal menunggu waktu...



  Tibalah KoD pada segel terakhir, yaitu Mary. Dengan santainya, KoD membunuh Mary...



  Semua segel hancur, Helsalem Lot mulai mengalami 'keruntuhan kedua' dan bersiap untuk hancur.



  Namun, salah satu Elder Vampire, Femt merasa kalau Helsalem Lot hancur, maka dia kehilangan tempat untuk bersenang-senang dan menebar teror. Maka, Femt membebaskan Leo dan berharap Leo dengan kekuatan God Eye bisa membantu untuk menyegel kembali Helsalem Lot.



   Tim yang bertugas memperbaiki segel yang hancur telah tiba. Namun, ada satu segel yang tidak bisa diperbaiki, yaitu segel dimana pasangan MacBeth melakukan penyegelan. Segel yang dicurigai berada di tubuh Mary telah hilang, dan satu-satunya yang bisa mengembalikan segel tersebut adalah pewaris kekuatan caster dari keluarga MacBeth, William MacBeth.



   Klaus sampai di tempat KoD yang memakai tubuh William. Tapi Klaus tidak bisa menghabisi KoD karena segel Helsalem butuh kekuatan William. Akhirnya, Klaus memutuskan untuk mengulur waktu dan dia percaya Leo akan tiba di lokasi untuk menggunakan God Eye. Klaus percaya Leo bisa memakai God Eyenya untuk mencari jalan keluar segel tersebut.



   Leo tiba di lokasi, dengan Klaus yang sudah babak belur. Keruntuhan Helsalem tidak bisa dicegah lagi, karena William sudah dikuasai oleh KoD. Lalu, dengan cara apa Leo bisa memperbaiki segel terakhir tersebut?



   Leo menggunakan God Eye untuk masuk ke alam roh dan memanggil roh Mary kesana.




   Mary dipenuhi penyesalan karena telah menipu Leo untuk menyelamatkan William. Tetapi, yang terjadi sekarang adalah KoD berencana untuk mengancurkan seluruh kota dengan keruntuhan. Leo meyakinkan Mary kalau dia masih bisa membantu keruntuhan itu agar berhenti. Leo melihat kalau di dalam tubuh KoD itu, sisi William masih memiliki keinginan untuk hidup. Leo berencana akan menggunakan GoD Eye untuk melakukan "share vision" sehingga tubuh KoD bisa melihat Mary dalam wujud roh dan menarik sisi William untuk keluar.



   Sisi William yang melihat Mary, menjadi kuat dan mengambil alih tubuhnya dari KoD. Mary berkata ke William bahwa dia akan selalu menjadi separuh jiwa William dan meminta William menggunakan kekuatan caster miliknya untuk memperbaiki segel terakhir Helsalem. Dengan keinginan yang kuat dan pesan terakhir Mary, William menekan KoD dalam dirinya dan memperbaiki segel terakhir. Helsalem Lot terhindar dari keruntuhan kedua.




   Namun, itu artinya Leo harus merelakan Mary MacBeth yang dicintainya pergi untuk selama-lamanya. Mary yang tewas di tangan KoD, di saat-saat terakhirnya masih mau membantunya untuk menyelamatkan Helsalem. Good Job Leo!




   Helsalem kembali ke aktivitasnya yang biasa. Menjadi kota antah berantah yang diisi oleh makhluk-makhluk yang tak terdefinisi. 'Kedamaian' kembali ke Helsalem Lot...




  Tampaknya, rekrutan terbaru Libra sudah memasuki ruangan. Bagi yang penasaran Leo ada dimana, dia ada di sebelah kiri Klaus atau sebelah kanan layar dekat meja Klaus. Dengan berbagai kejadian di Helsalem, Leo kini menjadi 'senpai' di Libra.

6 komentar: