Senin, 28 November 2016

[ REVIEW ] Gundam Iron Blooded-Orphans Episode 34 : Vidar Rising





   Ini benar-benar episode yang menarik, episode yang solid. Bandai benar-benar tahu bagaimana menjual Gunpla dari Gundam Vidar ini...

  Seperti biasanya, saya selipkan beberapa trope dalam franchise Gundam. Kali ini kita akan membahas tentang pilot MC. Karakter utama dalam Gundam ini adalah orang-orang yang memiliki kemampuan khusus, tidak seperti orang normal kebanyakan. Yeah, sebenarnya Gundam ini seperti StarWars versi Jepang.


Dari seri pertama Gundam, kita mendapati Amuro Ray. Dia sebenarnya bukan pilot Mobile Suit, hanya seorang anak muda yang sangat antusias dengan elektronika. Akhirnya, Amuro bisa mengembangkan kemampuan semacam telekinesis dan memiliki indra-indra yang lebih tajam dari manusia biasa. Dalam teori yang pernah ditulis Zeon Zum Deikum, manusia semacam ini disebut Newtype, terjadi karena migrasi manusia yang hidup diluar bumi.

Dalam seri Char Counterattack, RX-93 Nu Gundam memakai bahan psychoframe dimana bahan tersebut bisa mudah dikendalikan dengan pikiran oleh pilotnya. Anda bisa tebak bagaimana hasilnya jika Amuro yang menjadi pilotnya?



Di seri Gundam 00, kita mendapati Setsuna F. Seiei aka Kamal Mazirif aka entah apapun namanya, juga memiliki kemampuan yang unik. Disini, Setsuna disebut sebagai Innovator. Setsuna bisa membaca dan menyebarkan pikiran-pikiran orang-orang di sekitarnya dengan bantuan medan khusus yang dibuat oleh Gundam 00 ataupun Gundam Quanta.

BTW, Setsuna ini sejak kecil adalah seorang tentara pemberontak, lalu bergabung dengan Celesital Being. Bisa dikatakan, kalau sejak kecil Setsuna memang dididik untuk menjadi seorang prajurit.



Di seri Gundam Seed kita mendapati Kira Jesus Yamato. Disebutkan konon ada cerita kuno kalau ada orang-orang yang disebut berserk warrior alias seed yang memiliki kemampuan khusus dalam pertempuran. Dalam mode ini, Kira memiliki kontrol dan reaksi yang diluar manusia normal terhadap Mobile Suitnya. Jadi bagaimana jika Kira mendapatkan Mobile Suit terbaik dalam serinya? Anda bisa menontonnya di paruh terakhir versi Gundam Seed Destiny, bahkan Strike Freedom tidak tergores sedikitpun sampai serinya selesai.

Berbeda dengan Setsuna, Kira ini adalah seorang siswa di Heliopolis.



Oke, kita membahas yang kekinian, Mikazuki Augus. Sebenarnya, tidak ada kekuatan spesial dari Mika. Namun, Mika berhasil lolos dari maut sebanyak 3x untuk mendapatkan implan Alaya Vijnana di punggungnya. Artinya, Mika bisa menerima dan memproses data jauh lebih cepat dan lebih baik daripada orang lain dengan jumlah impan di bawahnya. Ini berpengaruh dalam respon Mobile Suitnya, jauh lebih lincah.

Berbeda dengan Kira, bisa dibilang Mika ini mirip Setsuna. Sejak kecil, Mika dididik untuk menjadi seorang prajurit di CGS divisi tiga.

  Namun, memiliki kemampuan khusus tidaklah sesuatu yang harus dimiliki oleh pilot MC dalam franchise Gundam. Banyak juga pilot MC yang hanya pilot biasa, dan ketangguhan Gundam yang dia kendarai sendiri-lah yang membuat perbedaannya.





Iron GaliGali tidak peduli dengan siapa yang benar, siapa yang salah, ataupun ada apa dengan situasinya. Yang hanya ingin dia ketahui hanyalah ada pelanggaran dimana, maka dia akan kesana untuk membereskan mereka. Jelas ada yang salah dari GaliGali Vidar ini. Lalu, apa motif Vidar untuk tetap bergabung dengan Gjallahorn dan Rustal?


Mobile Suit yang akan jadi singgasana raja? Apakah ini Mobile Suit yang akan Orga kendarai?



Ada satu hal yang saya cermati disini. Landman Rodi adalah Mobile Suit yang dilengkapi sistem Alaya, sedang Shiden tidak. Jika Hush bisa mengimbangi Chad dengan Land Rodi-nya, bukankah Hush ini sudah memiliki kemajuan yang pesat?



Yeah, Lafter takut untuk berpisah dengan Akihiro karena misi mereka hampir selesai.



Tebakan saya, ini seperti Kutan III, semacam kendaraan transport dan tempur bagi Gundam Frame.



Saya benar-benar menyukai bentuk wajah Flauros ini...



Dari sini saja, sangat jelas seperti apa posisi Tekkadan dalam Teiwaz, mereka seperti organisasi kecil yang dilindungi oleh Teiwaz. Apakah bijak Naze mempertaruhkan nyawanya sendiri sebagai jaminan?



Tentu saja motif utama Vidar adalah dendam, memangnya apalagi?

Sahabatnya, Carta Issue, dibunuh Mika, dijebak McGillis. Adiknya, Almiria, berada dalam tangan McGillis. Ein dan Gaileo dirinya  dijebak dalam peperangan Edmonton, dan dibunuh McGillis. Memangnya, apalagi motif Vidar?



Ini sangat menarik, Kudelia tahu kalau impian Mika adalah menjadi petani, dan Kudelia mengatakan akan menjaga baik-baik ladang milik Mika dan menunggunya. Bukankah ini sama saja dengan mengatakan kalau Mika saat ini punya tempat untuk pulang?

Ini sangat menarik jika kita mencermati bagaimana hubungan Orga dan Mika. Saat ini, tembok besar yang menghalangi Mika untuk pulang adalah janjinya ke Orga, untuk mengajaknya menuju tempat yang dijanjikan.

Saya percaya, adegan ini akan menjadi tempat flashback Mika ketika dirinya sedang terdesak dan membalikkan keadaan karena saat ini dia berjuang bukan untuk memenuhi tugas dari Orga, tapi karena dia memiliki tempat untuk pulang dan ada seseorang yang menunggunya.



Oke, sebenarnya respon Chad ini adalah respon mayoritas pemirsa di episode ini...Merribit x Nadi? What the actual fvck!?

Tapi masuk akal jika kita lihat dari perspektif seperti ini: Tidak banyak orang dewasa di Tekkadan, dan Nadi berada dalam kategori dewasa disana. Mungkin, hubungan Orga x Merribit lebih tepat disebut Ibu-Anak atau bagaimana?



Percakapan telepon (video?) antara Kudelia dan Noblis ini sebenarnya menyindir semua aktivis politik di berbagai dunia. Dibalik mereka, selalu ada pemodal besar yang mengambil keuntungan dibalik perjuangan politik mereka.

Pertanyaannya, jika Kudelia sendiri sadar kalau dia juga menjalankan agenda Noblis, sampai kapan Kudelia akan terus begini?



Jika anda teliti adegan di atas, ini mirip adegan dimana Gaelio, oke harusnya Vidar...Hmm Iron Gali hampir tewas oleh Mika di season 1. Tombak dari Kimaris berhasil ditangkap oleh Barbatos dan Kimaris kehilangan daya penetrasinya. Disini, Iron Gali memakai rapier, dimana dia bisa memutus pangkal pedangnya dan memasangnya lagi dengan yang baru.



Oke, adegan menembak misil dengan dual pistol di atas memang keren...

....




Harusnya ini disensor KPAI, ahaha...

Entah apa yang dikatakan McGillis tentang dunia dimana manusia bisa hidup layak itu benar atau tidak. Pastinya, untuk mencapai itu McGillis sudah melumuri tangannya dengan darah Carta, Gaileo, Ein, dll.

Tapi serius, anda percaya semua yang dikatakan Char Clone?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar