Senin, 07 November 2016

[ FOR FUN ] Oregairu : Zaimokuza Yoshiteru


  Kali ini, kita membahas sesuatu yang serius, meski sebenarnya orang ini tidak penting untuk dibahas, Zaimokuza Yoshiteru.

  Seperti biasanya, for fun tidak perlu dianggap serius. Silakan tulis di komentar bila punya analisis yang berbeda.



  Zaimokuza adalah siswa kelas 2C SMA Sobu. Memiliki sindrom kelas delapan, hal yang sama juga dimiliki oleh Hachiman. Meski Hachiman terus menyangkal dan menekankan kalau dia sudah sembuh, kita semua tahu kalau itu bullshit.

  Zaimokuza dikenalkan di vol 1 chapter 5, Klub Relawan mendapatkan request dari Zaimokuza untuk menilai light novel ciptaannya.



  Zaimokuza ini sebenarnya adalah seorang gamer, dalam vol 6 chapter 9 dan vol 8 chapter 8, setiap Hachiman menelpon, maka Zaimokuza akan dengan cepat mengangkatnya, karena dia sedang bermain game di HP.

  Apakah Zaimokuza ini seorang penyendiri? Tidak. Sepulang sekolah, Zaimokuza sering menghabiskan waktunya untuk bermain di tempat arcade bersama member Klub Union Game SMA Sobu, err...Kita sebut saja Klub Gamers. Hal tentang ini bisa anda dapatkan di vol 3 chapter 5.



  Hachiman selalu mengatakan kalau dirinya adalah seorang penyendiri, dan kita semua tahu kalau ini adalah omong kosong. Di vol 8 chapter 7, Hachiman meminta Zaimokuza untuk mengontrol akun-akun twitter palsu. Meski tahu kalau ini beresiko ketahuan dan mereka bisa dihukum, Zaimokuza tetap menerimanya. Tidak lupa juga, di vol 6 chapter 9, Zaimokuza juga membantu Hachiman mencari Sagami.

  Kalau Zaimokuza ini tidak dianggap sebagai 'sohib', saya tidak tahu harus menamai apa lagi orang ini. Meski Hachiman terus menyangkalnya, para pembaca tidak bisa dibohongi.

  Bahkan, di marathon Chiba, Zaimokuza berani mempermalukan dirinya untuk sabotase rute marathon.


  Jika begitu, lantas sejak kapan Hachiman berteman dengan Zaimokuza? Di vol 1 chapter 5, Hachiman mengatakan kalau dia mengenal Zaimokuza dari pelajaran olahraga, karena tidak ada yang mau pemanasan dengan dirinya dan Zaimokuza. Sekedar info, pelajaran olahraga di SMA Sobu, campuran dari beberapa kelas, yang membedakan hanyalah satu untuk bagian putra, dan satu untuk putri.

  Pertanyaannya, mungkinkah Hachiman mengenal Zaimokuza sejak SD atau SMP? Pertama, dalam pertemuan Zaimokuza dengan Kaori, vol 11 chapter 5, Zaimokuza bereaksi normal, artinya dia tidak kenal Kaori. Padahal, Kaori adalah gadis populer di SMP Hachiman. Juga, insiden penembakan Kaori itu menjadi gosip umum. Kemungkinan besar, Zaimokuza tidak satu SMP dengan Hachiman.

  Juga, Hachiman memilih SMP yang terdekat dengan kompleks perumahannya, akan sangat wajar jika dia memilih SD yang dekat juga. Fakta kalau selama ini Hachiman tidak pernah menyebutkan kalau Zaimokuza tinggal di dekat rumahnya, artinya kemungkinan besar Hachiman tidak satu SD dengan Zaimokuza.

  Ini menyisakan satu misteri terakhir, apakah Hachiman kenal Zaimokuza di kelas satu atau kelas dua SMA?


  Dalam vol 6.5 chapter 5, disebutkan kalau Hachiman sempat mengganti nomor HP dan tidak memberitahu Zaimokuza sama sekali. Lalu, Hiratsuka-sensei memberitahu nomor Hachiman yang terbaru. Hiratsuka-sensei pasti membaca komplain Zaimokuza lewat kuisioner konseling, dan membalasnya dengan nomor Hachiman yang baru. Ini artinya, Hachiman dan Zaimokuza sebenarnya sudah berteman sebelum Hiratsuka-sensei diperbantukan sebagai guru konseling.

  Dalam vol 1 chapter 1, Hiratsuka-sensei baru merangkap jabatan (Guru Sastra dan Konseling) ketika Hachiman baru menginjak kelas  2 SMA. Ini menyisakan satu jawaban, yaitu Hachiman dan Zaimokuza berkenalan pada waktu kelas 1 SMA.

  Tapi benarkah begitu? Dalam vol 7.5 side B, Zaimokuza dan Hachiman di awal musim panas memiliki markas untuk berhalusinasi dan berteduh selama musim panas, yaitu di gudang Gym. Karena mereka pergi dan berkumpul dengan santainya di tempat ini, artinya mereka sudah sejak lama  menjadikan tempat itu markas musim panas mereka.

  Kemungkinan besar, mereka berdua mulai berteman diantara awal masuk SMA Sobu dan sebelum musim panas (April-Mei). Karena Hachiman diopname pada awal masuk SMA Sobu gara-gara kecelakaan, mudah saja menebak kalau Hachiman dan Zaimokuza mulai berteman di bulan Mei, kelas satu SMA.



  Zaimokuza bercita-cita untuk menikahi seorang seiyuu. Pekerjaan impiannya tidak jelas, dari penulis light novel, editor, sutradara anime, dll. Di kelas dua, kelas beladiri yang dia ambil adalah kendo, sedang Hachiman sendiri judo.

  Jika grup Hayama dan Miura hendak belajar bagaimana seharusnya sebuah hubungan pertemanan, maka mereka bisa belajar dari hubungan Zaimokuza-Hachiman. Mereka benar-benar sahabat sejati, menolong tanpa agenda terselubung, selalu bercanda dan menjelekkan ketika berkumpul bersama. Bahkan, diminta menjadi member tim Judo di menit-menit terakhir pada turnamen judo saja dia tidak keberatan jika Hachiman yang meminta, vol 7.5 side B.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar