Selasa, 29 November 2016

[ FOR FUN ] Oregairu : Seminar Karir dan Akademik




  Kembali di for fun, kali ini kita membahas Seminar Karir dan Akademik. Ini sebenarnya adalah event yang diselenggarakan oleh OSIS SMA Sobu, pada bulan Januari. Anda bisa membacanya di volume 10 chapter 6. Saya akan membatasi bahasannya dari ketika Hiratsuka-sensei memberitahu Hachiman tentang event tersebut, hingga adegan Klub Relawan setelah selesai membantu persiapan eventnya.

  Seperti biasanya, terserah kepada anda mau percaya atau tidak dengan tulisan ini. Saya menggunakan sumber dari LN, tidak dari anime ataupun manga. Oke, apakah anda siap?







MENCERITAKAN MASA LALU PENDIDIKAN HIRATSUKA-SENSEI


  Dalam pertemuan Hachiman dan Sensei di lorong, dimana Sensei memberitahu kalau OSIS membutuhkan tenaga kasar dalam persiapan seminar, terjadilah percakapan yang menarik.

  Diketahui, Hiratsuka-sensei tidak berasal dari jurusan pendidikan, namun dia bisa menjadi guru. Pertanyaannya, dulu Hiratsuka-sensei kuliah jurusan apa?

  Hiratsuka-sensei ini adalah Guru Sastra Jepang. Jika tidak berasal dari Jurusan Pendidikan tentang bahasa dan sastra, maka ada kemungkinan dia berasal dari Jurusan Sastra Jepang. Tapi, benarkah Hiratsuka-sensei berasal dari Sastra Jepang?

  Dalam vol 1 chapter 1, diketahui kalau Hiratsuka-sensei diperbantukan sebagai Guru BK membantu Tsurumi-sensei. Jadi, dari seluruh guru yang ada di SMA Sobu, kenapa Hiratsuka-sensei yang terpilih untuk membantu masalah konseling?

  Kemungkinan besar, Hiratsuka-sensei memiliki basic psikologi dalam pendidikannya. Tapi, darimana bisa mendapatkan ilmu sastra dan psikologi dalam kuliahnya? Ada, yaitu dalam Jurusan Liberal Art.

  Besar dugaan, Hiratsuka-sensei ini adalah lulusan jurusan Liberal Art, sama seperti pilihan jurusan Hachiman saat ini. Masuk akal rasanya jika Hiratsuka-sensei menyarankan kalau Hachiman nantinya menjadi guru, karena dia sendiri adalah contohnya.






EBINA HINA SEBENARNYA ADALAH GADIS YANG SERIUS
DAN EBINA JUGA CURI-CURI PANDANG KE HACHIMAN SETIAP HARINYA


  Ebina memberikan kode kepada Hachiman untuk mengejarnya, dan disana Ebina muncul sebagai gadis yang serius. Padahal, beberapa saat sebelumnya dia bertindak, Ebina tampak sebagai gadis fujoshi.

  Ada hal yang menarik juga disini, Ebina mengatakan kalau Hachiman harusnya tahu hal-hal kecil grupnya dimana Ebina tidak bisa melihatnya. Artinya, secara tidak langsung Ebina mengatakan 'melihat Hachiman terus menatap ke grupnya'.

  Lucunya, ini senada dengan volume 9 chapter 1 dimana Yui juga ketahuan oleh Hachiman sering melirik ke arahnya. Sebenarnya, kita semua tahu apa yang Hachiman lihat disana...Paha Miura...

  




RENCANA IROHA UNTUK BERDUAAN DENGAN HACHIMAN...GAGAL


  Kita semua bisa menebak jika membaca chapter tersebut. Hachiman sendiri tahu kalau request OSIS hanya pekerjaan kasar, artinya yang berpeluang besar datang adalah Hachiman sendirian. Masuk akal jika Iroha kaget Yukino dan Yui datang untuk membantu persiapan event.

  Tidak lupa, godaan Iroha ketika memberitahu Hachiman dengan kedipan mata kalau dia mau menjadi Ketua OSIS karena demi seseorang.






SAKI BERUSAHA MEMBERIKAN ALASAN BAGI HACHIMAN UNTUK BISA MENEMUINYA


  Ada semacam basa-basi dari Hachiman yang sebenarnya membuat Saki salah tingkah, yaitu ketika Hachiman bertanya jurusan Saki kelak, dan dijawab Liberal Art.

  Jika anda tidak tertarik dengan masa depan si gadis, buat apa bertanya jurusannya?

  Disini Saki juga berbohong dengan bertanya apa jurusan Hachiman kelak. Ingat di vol 6.5, dimana kepanitiaan Festival Olahraga yang sangat jarang orang tahu, Saki mengetahui kalau Hachiman menjadi bagian kepanitiaan itu. Ujung-ujungnya, ternyata dia mendapatkannya dari Taishi, dan Taishi mendapatkannya dari Komachi.

  Bukankah masuk akal kalau sebenarnya Saki sudah tahu apa jurusan Hachiman? Sebagai informasi, Hachiman sudah memutuskan apa jurusannya ketika kelas 3 SMA kelak dan kuliah nanti sejak pertama masuk SMA. Misalnya, Taishi basa-basi bertanya tentang pilihan jurusan Hachiman ke Komachi, dan meneruskannya ke Saki. Meski sebenarnya, semua basa-basi tentang kekaguman Taishi ke Hachiman hanyalah salah satu cara Taishi untuk mendekati Komachi...

  Mari kita berpikir seperti ini...Bukankah aneh jika Saki meminta Hachiman untuk mengajak Keika bermain jika bertemu lagi?

  Bukankah itu wajar?

  Keika akan terus berada di tempat penitipan anak sampai dijemput Saki atau keluarganya. Artinya, jika Hachiman bertemu Keika, maka Hachiman harus datang ke tempat penitipan anak. Apakah wajar bagi anak SMA untuk sering datang ke tempat penitipan anak yang bukan keluarganya?

  Sederhananya, Saki yang mungkin akan membawa Keika dan bertemu Hachiman, lalu menjadikan Keika sebagai alasan. Atau juga Saki bisa mengundang Hachiman datang dengan alasan Keika ingin bermain dengannya...

  Ingat, Saki dalam chapter ini adalah gadis yang Hachiman tembak di Festival Budaya...






KEMUNCULAN YUKINOSHITA HARUNO MENJAWAB BANYAK HAL


  Hal pertama yang terbayang di kepala saya ketika tahu Iroha (OSIS) mengundang Haruno sebagai tutor: Iroha memiliki hubungan yang dekat dengan Haruno.

  Kedua, memberikan petunjuk kalau gosip YukinoxHayama pernah terjadi semasa kecil dulu.

  Ketiga, memberikan konfirmasi kalau Hayama-Yukino-Haruno adalah satu grup pertemanan semasa kecil. Ini berdasarkan jawaban Hayama ke Miura yang mengatakan kalau Haruno adalah teman masa kecil. Secara tidak langsung, Hayama dulunya adalah teman Yukino. Ini menjawab siapa teman pria Yukino yang digilai banyak gadis, vol 1 chapter 2, dan akhirnya membuatnya dibully banyak gadis.

  Keempat, Yukino sengaja mengajak Yui dan Hachiman untuk bergabung dengannya sebelum menanyakan jurusan Hayama ke Haruno. Yukino jelas-jelas berusaha menegaskan kalau pertanyaannya tentang jurusan Hayama bukanlah keinginan pribadinya, alias request Klub.

  Kelima, Haruno memberikan kode kepada Yukino tentang jurusan Hayama, dimana Yukino harusnya tahu apa itu. Yeah, petunjuknya sudah diberi oleh Haruno sewaktu Hachiman mengantarnya pulang ke Stasiun di chapter yang sama. Yaitu Hayama sedang menunggu orang yang benar-benar mencarinya. Haruno tahu Hayama menyukai Yukino. Haruno berpikir kalau Hayama pasti akan memberitahu jurusannya jika Yukino yang menanyakannya langsung. Masalahnya, Yukino berharap Hachiman yang bertanya itu ke dirinya.

  Terakhir, Haruno menjelaskan kalau Yukino tidak mau memberitahu jurusannya meski Ibunya sendiri yang menanyakan itu. Lalu, Haruno menyindir Hachiman di akhir kalimatnya. Dari sini kita tahu, siapapun yang berhasil memperoleh jawaban tentang jurusan Yukino kelak, pasti memiliki hubungan yang spesial, lebih dari Ibu-Anak.

  Meski, kita tahu kenyataannya. Kemungkinan besar mengapa Yukino tidak memberitahu jurusannya karena dia harus menunggu kepastian dari Hachiman tentang mereka berdua kuliah bersama. Meski, sebenarnya kita semua tahu universitas dan kota mana yang hendak Hachiman tuju.







LATAR BELAKANG KELUARGA HAYAMA HAYATO


  Disini kita mendapatkan gambaran jelas seperti apa keluarga Hayama, dan hubungannya dengan keluarga Yukinoshita.

  Kakek Hayama, dulunya adalah dokter keluarga Yukinoshita.

  Ayah Hayama adalah pemilik sebuah firma hukum. Digabung dengan keterangan vol 4 chapter 5, firma hukum ini sering dipakai jasanya oleh perusahaan keluarga Yukinoshita.

  Ibu Hayama sendiri, adalah seorang dokter.

  Fakta-fakta di atas sendiri sudah menjelaskan mengapa Hayama bisa mengemudikan mobil pribadi ke sekolah, berbeda dengan siswa lainnya yang naik sepeda dan kereta. Karena tajir!








PASKA PEGANGAN TANGAN DI DISNEY LAND DAN KERETA DI TAHUN BARU
YUKINO-HACHIMAN TERASA AWKWARD DI KLUB...


    Oke, situasi ini mudah sekali dipahami alasannya jika kita mau flashback ke vol 9 chapter 8 dan vol 10 chapter 1.

  Di Disneyland, Yukino memegang tangan Hachiman. Hachiman tidak menolak, malah dalam monolognya mengatakan kalau itu adalah adegan terindah baginya.

  Di kereta sepulang dari Kuil, acara Tahun Baru, Yukino memegangi jaket Hachiman dan Hachiman pura-pura bodoh dan membiarkan itu hingga mereka turun.

  Dan begitulah yang terjadi jika kedua pasang mata mereka bertemu satu sama lain...







HACHIMAN MEMILIH UNTUK MENYEMBUNYIKAN KEDEKATANNYA DENGAN YUKINO DARI YUI


  Setelah Yukino menceritakan hubungan keluarganya dengan keluarga Hayama, Yui mengatakan kepada Hachiman kalau itu adalah pertamakalinya Yukino menceritakan tentang keluarganya, Hachiman lalu membenarkan itu.

  Kita semua tahu, ini bohong. Yukino sudah sejak lama menceritakan tentang keluarganya kepada Hachiman, tapi tidak kepada Yui. Jika Yui sendiri pernah Yukino sebut sebagai teman di vol 1 chapter 7, bukankah ini artinya Hachiman lebih dari sekedar teman?

  Lalu mengapa Hachiman memilih untuk tidak memberitahu Yui tentang kebenarannya?

  Kembali di vol 3 chapter 3, Hachiman tahu kalau situasi hubungannya dengan Yui berpengaruh dengan pertemanan Yukino-Yui. Juga, itu membuatnya terlihat sebagai Kaori versi SMP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar