Senin, 21 November 2016

[ REVIEW ] Gundam Iron Blooded-Orphans Episode 33 : The Sovereign of Mars





  Seperti biasanya, kali ini saya akan berbagi tentang sebuah trope yang sering muncul dalam franchise Gundam. Kali ini, kita akan membahas tentang Char Clone. Sebenarnya, apa sih itu?

Ini berawal dari seorang anak yang bernama Casval Rem Deikum. Ayahnya meninggal ketika hendak berpidato tentang kemerdekaan koloni di depan senat. Konon, ayahnya katanya diracun, dan diduga pelakunya adalah keluarga Zabi. Setelah kematian ayahnya, posisi keluarga Zabi semakin kuat, demi alasan keamanan, Casval diadopsi oleh keluarga Mass dan namanya berubah menjadi Eduardo Mass. Meski begitu, kumpulan pembunuh mengetahui jati dirinya dan berusaha membunuhnya. Kini, dia berpindah lagi dan diadopsi oleh Roger Aznable.

Roger Aznable ini, memiliki seorang putra yang bernama Char Aznable. Aneh tapi nyata, Char dan Casval tampak mirip satu sama lain, kecuali warna mata mereka, Char berwarna coklat sedangkan Casval berwarna biru. Char sendiri mendaftar sebagai prajurit Zeon dan diterima, sayangnya pesawat yang ditumpangi Char meledak di angkasa ketika hendak 'daftar ulang'. Diketahui, ternyata itu ulah Casval yang sengaja membuat para pembunuh yang mengintainya salah mengira Char adalah dirinya. Meski begitu, yang tercatat tewas dalam kecelakaan itu adalah Casval.

Akhirnya, Casval diam-diam menghadiri daftar ulang, dan menjadi prajurit Zeon. Untuk mensiasati perbedaan warna mata, Casval mengatakan kalau matanya menderita semacam alergi kosmis. Karena itulah, dia harus memakai kacamata hitam setiap ada pelatihan dan simulasi tempur.

Kini, Casval benar-benar berubah menjadi seorang Char Aznable.


Teman satu asmara, eh asrama dari Char, yaitu Lino, mengetahui identitas asli Char dan meminta Char untuk menganggapnya sebagai teman. Sebagai bukti persahabatan mereka, Lino memberikan Char pelindung mata yang biasa dipakai dalam permainan bola.  Char menerima pemberian tersebut dan menganggap Lino sebagai temannya.

Namun, Char ternyata menyiapkan jebakan bagi Lino. Akhirnya Lino tewas dalam insiden friendly fire ketika menyerbu barak milik Federasi.

Yeah, dia sangat ikonik. Benar-benar bajingan. Yang membuatnya keren (menurut saya), dia selalu tampak tenang dan memiliki plan B di setiap rencananya.




Bagaimana dengan kemampuannya? Char ini merupakan benar-benar seorang pilot Mobile Suit yang tangguh. Bahkan ada legenda yang mengatakan kalau dia menghabisi satu armada Federasi sendirian dalam Pertempuran Loum. Reputasinya itu membuat dia memiliki banyak sekali pengikut setia.

Bajingan, ahli strategi, ahli pertempuran,  dll. Membuatnya sebagai salah satu penjahat paling ikonik dalam dunia anime.

Oke, saya tidak akan menjelaskan secara detail tentang Casval karena film yang menceritakan Casval sendiri sedang mengudara, yaitu Gundam the Origin. Jika anda ingin mengetahui ceritanya secara mendetail, recommended untuk menonton filmnya. Jadi, apa Char Clone alis Kloningan dari Char?


Char Clone
 adalah tokoh-tokoh antagonis yang memiliki tampilan dan sifat seperti Char dalam seri Gundam. Bisa juga, tokoh yang di seri sebelumnya dianggap tewas, lalu tiba-tiba muncul lagi namun memakai topeng, karena Casval sendiri awalnya juga diduga tewas, dan memakai identitas Char dengan memakai topeng. Juga, tokoh ini identik dengan Mobile Suit berwarna merah, dan jargon "3x lebih cepat dari mobile suit normal".

Mudahnya, jika anda melihat seri franchise Gundam dan anda melihat tokoh antagonis bertopeng, dia orang yang sangat berbahaya.



Jika anda malas menonton seri yang panjang, anda bisa mencoba Gundam F91, disini anda akan bertemu pria bertopeng yang bernama Iron Mask.



Ada dari seri Gundam Wing yang konon katanya populer di Amrik, pria bertopeng ini bernama Zech Merquise.



Atau seri Gundam terdapat Jesus Kira Yamato, disini ada juga Raw Le Klueze sebagai Char Clone.



Yang konon katanya Char Clone "fail" di seri Gundam 00, ada Mr.Bushido.



Di Gundam IBO season 1, muncul Char Clone yang bernama Montag. Kita semua tahu itu adalah McGillis Fareed. Juga, mobile suitnya, Grimgerde, berwarna merah.



Uniknya, di season 2 IBO muncul Char Clone lainnya yang mengaku bernama GaliGali Vidar.

  So, any questions about this Char Clones?





Kita semua tahu ujung dari rapat ini. Iok Kujan dan Rustall Ellion berusaha menjungkalkan reputasi McGillis. Tentunya, Lord Bauduin akan membela calon mantunya. Namun, apapun itu, jelas reputasi McGillis dipertanyakan.



Diluar dugaan, McGillis tidak terpancing sedikitpun oleh provokasi Rustal. Ada beberapa poin penting disini.

Pertama, Rustall tahu kalau kejatuhan Iznario Fareed adalah ulah McGillis.



Kedua, Rustall mengira kalau McGillis menjatuhkan Iznario karena dendam pribadi. Ketika McGillis masih kecil, dia pernah melihat lebam dan memar di tubuh McGillis. Namun, dugaannya salah. Ternyata McGillis masih terus 'beraksi'. Artinya, secara tidak langsung Rustal memberitahu McGillis kalau dirinya tahu McGillis akan melakukan sesuatu dalam waktu dekat, dan kejatuhan Iznario hanyalah sebuah awal.

Namun, dengan mengatakan kalau posisi mereka berdua akan berbeda ketika dia tahu apa rencana sebenarnya McGillis, juga menekankan psy war dan ancaman kepada McGillis.



Ini adegan yang menarik. Makanai menawarkan Kudelia seluruh koneksi dan relasi yang dia punya dan menginginkan Kudelia untuk menjadi penerusnya di Abrau. Namun, bagaimana reaksi Kudelia?

Seperti yang tergambar dengan jelas di episode ini, Kudelia menolak tawaran tersebut dan memilih kembali ke Mars. Tujuan Kudelia adalah mensejahterakan masyarakat Mars, bukan sekedar Abrau dan koloninya. Dengan kata lain, Kudelia harus mencari jalan lain.



Adegan antara Mika-Takaki dan Takaki-Kudelia sangatlah menarik. Kedua interaksi ini sangatlah bertolak belakang.

Pertama, interaksi Mika-Takaki. Disini, Mika tidak menyalahkan Takaki sedikitpun atas meninggalnya banyak member Tekkadan. Selama Takaki mengira kalau itu perintah dari Orga, maka itu akan selalu dimaklumi.

Kedua, interaksi Takaki-Kudelia. Disini, Takaki berkata kalau dia tidak punya pilihan lain selain mempercayai hasutan Gallan Mossa dan Radice kalau itu sejalan dengan perintah Orga. Namun, Kudelia terus meyakinkan Takaki kalau manusia sebenarnya sejak awal punya banyak pilihan, tinggal bagaimana Takaki sendiri menyikapinya.

Anda melihat perbedaan interaksi tersebut?  Mika tidak mempermasalahkan selama itu dianggap perintah dari Orga (selama sejalan dengan pilihan Orga). Namun, Kudelia meyakinkan Takaki kalau dirinya akan selalu punya pilihan (Keputusan pribadi).

Sebenarnya, ini pesan mendalam tentang perbedaan perbudakan manusia (human debris) dan manusia yang merdeka. Jika selama ini hidup tanpa memiliki pilihan, maka Takaki akan terus diperbudak. Jika Takaki mampu mengambil keputusannya sendiri, maka Takaki adalah manusia yang merdeka.



Yeah, Julieta benar-benar mengingatkan GaliGali Vidar kepada Ein temannya. Tapi apa maksudnya dengan temannya sedang berada di dekatnya. Apakah tubuh Vidar sekarang itu ada bagian dari temannya? Atau temannya itu ada di dalam bagian Gundam Vidar? Hmm...



Pesan moral dalam adegan ini, "JANGAN SEKALI-KALI MEMBUAT PERJANJIAN DENGAN CHAR CLONE!"

Setiap pemirsa Gundam pasti tahu, sebuah kesalahan besar jika membuat deal dengan pria bertopeng. McGillis menjanjikan untuk memberikan kekuasaan Gjallahorn atas Mars kepada Tekkadan setelah dia berhasil mereformasi Gjallahorn.

Tapi pertanyaannya, benarkah tujuannya untuk mereformasi Gjallahorn? Ataukah dia punya agenda terselubung...Misalnya mengadakan Bencana Peperangan Jilid II...

Lucunya, pekan ini dalam eksebisi di Tokyo, Bandai meluncurkan varian Gundam baru yang akan rilis di Maret 2017 (mendekati ending seri), yaitu Gundam Bael, alias ASW-G-01. Yeah, itu adalah Gundam Frame pertama yang pernah dibuat dan kemungkinan besar pilot pertamanya adalah Agnika Kaeiru. Melihat tampilan Gundam Bael yang memakai dual one-handed sword, ada kemungkinan kalau itu adalah Mobile Suit McGillis.

Entah Gundam Bael itu selama ini dimiliki oleh keluarga Ellion, ataukah keluarga Fareed. Pastinya, keluarga Bauduin adalah pemilik asli Gundam Kimaris, keluarga Warren pemilik asli Gundam Astaroth (Manga).



Adegan ini sangat sederhana, dan juga menyentuh. Satu-satunya keluarga bagi Takaki saat ini adalah Fuka, begitu pula sebaliknya.



Menariknya, Hash Midi terus berlatih keras agar bisa melampaui Mika. Bisakah pilot tanpa sistem Alaya dan mengontrol Gundam dengan baik? Well, Gaileo membuktikannya. Tapi, ini juga adalah sebuah Death Flag. Artinya, jika Hush ingin menjadi pilot Gundam, maka akan ada pilot senior di Tekkadan yang tewas.

Jujur, saya suka karakter Hush Midi. Ayo terus kerja keras Nak!



Semua mendukung keputusan Orga, kecuali Takaki. Keputusan Orga yang mengabulkan permintaan Takaki untuk berhenti, memang mengejutkan. Tapi, ini menunjukkan kedewasaan dari Orga. Jelas, Orga belajar dari tewasnya Biscuit. Dalam season satu, Biscuit sudah menyatakan kalau dia ingin berhenti, tapi Orga menahannya untuk menjalani satu pertempuran lagi. Akhirnya...

Kali ini, Orga tidak berusaha menahan Takaki lagi. Jika Takaki ingin berhenti, maka Takaki bebas untuk berhenti.

Ada momen yang menarik disini, ketika Mika mengatakan akan mengikuti apapun perintah Orga, Mika dan Kudelia saling menatap satu sama lain. Kita semua tahu sebenarnya Mika sudah menerima kekalahannya ketika pertempuran terakhir dengan Ein. Namun ketika Ein mengatakan akan menghabisi Kudelia setelah menghabisi Mika, seketika Mika bersedia menumbalkan tubuhnya kepada Barbatos.

Ada sebuah "key" yang membuat Mika akan selalu menuruti perintah Orga, dan kita duga adalah janji mereka semasa kecil dulu. Namun, jauh dalam hati Mika sendiri, dia ingin membuat keputusannya sendiri, misalnya mencium Kudelia di episode 13 season 1. Mungkinkah, episode ini sendiri memberikan "clue" kalau Kudelia bisa merubah Mika?

Ini sangat menarik karena jalan yang Kudelia tempuh (diplomasi) sangatlah berbeda dengan jalan Orga (pertempuran). Bagaimana jika suatu saat nanti, Kudelia berseberangan dengan tindakan McGillis dan Orga? Manakah yang akan Mika pilih?



"Lapor, kapal dari LafterxAkihiro siap melaut!"



Lihat bagaimana Mika merespon Orga, Mika sedikit kecewa setelah tahu tempat yang dijanjikan ternyata masih agak jauh. Semua tahu kalau cita-cita Mika sebenarnya menjadi petani di Mars. Ini artinya, Mika akan terus menjadi tukang bersih-bersih Orga selama belum mencapai tujuan mereka, Penguasa Mars.



Takaki dan kehidupan normalnya...Err, sebenarnya momen yang seperti ini membuat death flag semakin berkibar. Entah nantinya akan ada pertempuran di Abrau dan salah satu karakter di atas tewas...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar