Kamis, 27 April 2017

[ REVIEW ] Light Novel Oregairu Volume 11




Dikatakan dalam afterwords volume 10, kalau volume 10 adalah tempat sebelum panggung terakhir dari cerita ini. Jadi, panggung terakhirnya adalah volume 11? Sayangnya, cerita volume 11 ini adalah ending versi "to be continued".

Ending semacam ini pernah kita saksikan di volume 2 dan volume 5.

Ending dari volume 2 sendiri, berakhir dengan Yui yang menangis meninggalkan Hachiman. Volume 5 ditutup dengan Yukino yang memilih untuk menjaga jarak dan Hachiman yang menyalahkan dirinya sendiri.

Jadi, apakah anda siap?


Dibuka dengan dua prolog yang bisa kita tebak itu monolog dari siapa...

Setting mengambil seminggu sebelum valentine. Tobe "mengompori" Miura untuk membuat coklat valentine. Ada dua kemungkinan, mungkin untuk mengompori Miura agar membuat coklat untuk Hayama. Yang terakhir, ada kemungkinan Tobe memberi kode agar Miura membantunya untuk membujuk Ebina, membuat coklat untuknya.

Namun ajaibnya, Tobe yang sejak SMP bersama Hayama mengatakan kalau Hayama tidak pernah menerima coklat dari gadis manapun.

Alasan Miura tentang membuat coklat merepotkan baginya, jelas beda dengan alasan yang dikatakan Yui di vol 1 tentang mengapa tidak meminta bantuan Miura dan Ebina. Dari sini, saya kira Hachiman mulai curiga.

Satu-satunya alasannya tidak sinkron karena Yui memang tidak mau Miura dan Ebina tahu kalau dia membuat kuenya untuk seorang pria yang disukainya. Memangnya siapa pria yang tidak ingin Miura dan Ebina ketahui dekat dengan Yui?

Jawabannya ada di vol 9 chapter 1, Yui pamit ke Miura, sengaja pura-pura ke loker dan setelah itu ke meja Hachiman. Mengesankan kalau ada sebuah keperluan dengan Hachiman. Yep, Hachiman di titik ini pastilah berpikir kalau "jangan-jangan pria yang request waktu itu adalah aku?"

Setiap tahunnya, Hachiman selalu menerima coklat valentine dari Komachi. Sayangnya, tanggal 14 Februari tahun ini Komachi harus mengikuti ujian masuk. Jadi, Komachi tidak boleh direpotkan oleh coklat valentine dan fokus belajar. Karena itu, Hachiman berpikir untuk membelikan Komachi hadiah.

Mengajak Yui tentu pilihan tepat karena di vol 10 chapter 2 sendiri, Komachi mengatakan kalau selera belanja Yui dan Komachi sama. Artinya kalau menurut Yui bagus, maka Komachi kurang lebih akan menyukainya juga.

Hachiman yang tiba-tiba mengajak Yui pergi keluar, tentu mengagetkan Yui. Kalau kita melihat dari sisi Hachiman, tentu alasannya cukup sederhana, yaitu membeli hadiah untuk Komachi. Tapi bagaimana jika kita berada di sisi Yui?

Apakah mungkin Hachiman hendak membayar hutang kencannya? Mengapa dia tiba-tiba mau membayar hutang kencannya, bukankah dia jelas-jelas dekat dengan Yukino?

Pilihan paling aman bagi Yui adalah tidak menjawabnya lebih dulu dan melihat situasinya.

Ketika berada di Klub Relawan, sudah ada Iroha yang ternyata sedang melarikan diri dari tugas Hiratsuka-sensei untuk menyiapkan pidato sambutan dalam kelulusan siswa kelas 3 bulan depan. Tapi, lari ke Klub Relawan jelas bukan keputusan bijak karena itu adalah Klub dimana Hiratsuka-sensei menjadi pembinanya.

Jelas, Iroha ke Klub Relawan karena ada maksud tertentu.



Iroha disini mengatakan takut dengan Yukino jika hanya berduaan di Klub, karena Yukino bersikap dingin kepadanya. Ini juga mudah dipahami, Yukino cemburu dengan kedekatan Iroha-Hachiman di vol 9 chapter 5.

Sebenarnya, Iroha hanya membahas topik coklat, tapi member Klub Relawan menganggapnya topik coklat valentine Hayama. Kita bisa menebak dengan mudah maksud Iroha disini. Iroha ingin memastikan kalau Hachiman tidak masalah dengan menerima coklat valentine, lalu siapa saja saingannya.

Oke, semua pembaca bisa menebak kalau Iroha akan memberikan Hachiman coklat valentine.

Sebuah petunjuk muncul lagi, Yukino tahu alasan mengapa Hayama menolak menerima coklat dari para gadis, karena bisa menimbulkan salah paham. Yukino dan Hayama jelas satu SD.

Request datang dari Miura, dia ingin dibantu membuat coklat valentine untuk Hayama dengan alasan ini adalah valentine terakhir mereka sebagai siswa SMA. Ebina-pun berniat ikut serta dalam kegiatan tersebut.

Disini, Hachiman merasa gugup setelah tahu Ebina hendak membuat coklat valentine. Jelas, Hachiman tahu kalau di adegan atap stasiun Kyoto ketika Ebina menembaknya, adalah serius.

Saki juga datang ke Klub Relawan, meminta bantuan untuk membantunya membuat coklat yang mudah dalam level anak kecil. Alasannya karena Keika mendengar pengasuh di TK-nya membahas coklat valentine dan menginginkan untuk membuatnya juga. Jelas, ini sebenarnya alasan saja karena mana ada pengasuh TK membahas coklat valentine di depan anak asuhnya? Saki sebenarnya ingin memberikan Hachiman coklat valentine, dengan membantunya membuat dan alasan kelebihan produksi, maka Saki bisa memberikannya dengan situasi yang normal.

Seperti biasanya, Hachiman mengusulkan untuk membuat event dimana Hayama diundang sebagai tamu untuk mencicipi coklat buatan peserta. Sebenarnya, ini jebakan bagi Hayama, tapi faktanya ini adalah jebakan untuk Hachiman.

Miura bisa memberikan coklatnya dengan wajar ke Hayama.

Yukino, Yui, Iroha, Saki, Ebina, dan terakhir Kaori juga memiliki peluang itu di event nanti.

Bagaimana membuat Hayama mau datang? Mudah sekali melihat kalau itu adalah event "akal-akalan" saja. Disini sebenarnya Ebina bermain, dengan mengatakan ikut serta event tersebut. Secara otomatis jika Tobe mendengar itu, Tobe pasti ingin datang. Jelas Tobe merasa tidak nyaman jika datang sendirian, tebak siapa yang akan Tobe ajak? Hayama! Ebina melakukannya demi Miura.

Kenapa Iroha memaksa untuk menjadikannya event OSIS? Mudah, volume 10.5 chapter 3. OSIS butuh event untuk menghambur-hamburkan uang mereka sebelum akhir Februari. Dengan embel-embel event kolaborasi dengan SMA Kaihin.

Sebenarnya, mengundang SMA Kaihin tidaklah perlu, namun Iroha perlu memastikan satu hal, yaitu coklat valentinenya adalah coklat pertama yang diterima Hachiman. Masih ada saingan lagi selain Yukino, yaitu Kaori. Gadis ini tinggal satu kompleks dengan Hachiman dan cinta masa lalunya, mustahil jika tidak menganggapnya rival!

Dengan menganggap ini sebagai timbal-balik kegiatan kolaborasi Desember kemarin, maka dipastikan Kaori akan hadir. Tanggal event adalah 12 Februari.


Ada yang cukup mengejutkan dari sikap Hayama yang berinisiatif mendatangi Hachiman untuk mengobrol di depan community center. Mungkinkah Hayama sudah tidak menganggapnya sebagai rival?

Adegan menarik lainnya, perang dingin jilid dua dari Kaori vs Yukino.

Banyak hal menarik dalam event ini, salah satunya ketika Yukino melihat Hachiman kesana-kemari sambil digoda oleh Iroha, Yukino memberinya coklat bubuk yang pahit.

Cetakan kue yang kurang di meja milik Kaori. Jelas, ini sabotase dari Iroha. Yang berkuasa untuk mengatur perlengkapan adalah Yukino dan Iroha. Tapi Yukino menjadi instruktur, sehingga coklat buatannya dijamin paling lama. Jika bisa membuat pembuatan coklat Kaori lebih lama, artinya coklat Iroha adalah coklat pertama yang diterima Hachiman.

Adegan Haruno yang bertanya ke Yukino kalau Yukino akan membuat coklat untuk siapa, sama saja dengan mengatakan kalau Haruno tahu maksud diadakannya event ini. Meski Yukino membuat adonan coklat di event, kita tahu kalau dia tidak akan selesai. Mungkin, dia akan memanggangnya di apartemennya.

Tiba di kepingan terakhir masa lalu Hayama dan Yukino, ternyata awal mula bully terjadi ketika Yukino memberikan coklat ke Hayama di hari valentine. Masalahnya, Haruno juga menerima coklat serupa. Tapi karena kejadian berada di kelas 6 SD, maka pemberian coklat ke Haruno tidak terlihat karena berada di SMP. Mungkin lebih tepatnya, coklat persahabatan karena mereka adalah teman masa kecil.

Disini menariknya, Hachiman mengepalkan tangannya ketika tahu Hayama menerima coklat dari Yukino.

Lebih menarik lagi, Yui mengepalkan tangannya ketika melihat Hachiman dan Yukino hampir bersentuhan lagi seperti adegan UKS.

Oke, adegan-adegan di atas tidak ada di anime. Silakan baca LN-nya!

Iroha memberikan coklatnya ke Hachiman, dibungkus rapi. Patut diduga kalau coklat tersebut tidak dibuat di ruangan tersebut, tapi sudah dibuat di rumah. Yeah, coklat valentine pertama Hachiman berasal dari Isshiki Iroha!

Coklat valentine kedua berasal dari Saki. Sebenarnya, kita sudah menduga kalau request ini hanyalah maksud terselubung dari memberi Hachiman coklat. Dengan alasan memberikan coklat buatan Keika ke Hachiman, Saki menyelipkan coklat buatannya disana.


Hiratsuka-sensei kembali memberikan nasehatnya kepada Hachiman. Dia memakai pengandaian Hachiman dan Yukino sebagai dua orang yang sedang berjalan bersama-sama di sebuah padang pasir. Karena ada yang mengatakan Yukino pernah memberikan coklat ke Hayama, Hachiman berhenti berjalan (mengepalkan tangannya) dan mulai melihat ke arah jejak-jejak Yukino yang berarti masa lalu. Setelah lama menelusuri masa lalu Yukino, akhirnya Hachiman akan merasa dikhianati (Yukino pernah memberi coklat ke Hayama).

Di masa lalu, fakta kalau Yukino dan Hayama pernah dekat. Fakta kalau ada gosip mereka berdua berpacaran. Namun Hachiman lupa dengan monolognya sendiri di vol 10 chapter 2, masa lalu tidak bisa diubah dan masa lalu itulah yang membentuk karakter orang tersebut. Jadi apa nasehat utama Hiratsuka-sensei?

Jika Hachiman benar-benar menyukai Yukino, maka dia harus menerima Yukino beserta masa lalunya, dan fokus ke masa depan.

Tekanan berbalik ke Yui ketika Haruno mempertanyakan keinginan Hachiman untuk punya hubungan real tepat setelah Hachiman mencicipi coklat Yui. Memangnya, ada apa dengan itu?

Untuk mengetahui ada apa, kita tinggal lihat momennya. Dari sekian banyak timing, Haruno mengatakan itu tepat setelah Hachiman mencicipi kue coklat Yui. Kita semua tahu kalau ini hanya event "akal-akalan" para gadis agar bisa memberi coklat ke pria yang disukainya. Haruno saja tahu, apalagi Hachiman?

Pertama, Haruno tahu Yui menyukai Hachiman. Darimana? Ekspresi Yui di vol 5 chapter 6, festival kembang api ketika ditanya Haruno. Festival Kembang Api adalah event populer untuk kencan dan mengutarakan perasaan! Tapi, bisa saja Hachiman yang mengajak kencan, bukan Yui? Itu mungkin yang ada di pikiran kita jika kita berpikir dari view Haruno.

Dalam vol 10 chapter 6, percakapan Hachiman dan Haruno ke Stasiun, Hachiman tidak tahu kemana Yukino akan kuliah kelak. Tapi di vol 10 chapter 9, Hachiman tahu. Artinya, Hachiman sengaja datang menemui Yukino dan meminta jawaban Yukino. Karena Hachiman tidak mau memberitahu, maka Hachiman meminta jawaban Yukino atas kepentingan pribadi, yaitu agar bisa kuliah bersama.

Sederhananya, Haruno berpikir kalau jelas-jelas Hachiman menyukai adiknya. Hachiman harusnya tahu kalau event ini sebenarnya agar si gadis bisa memberikan coklat valentinenya ke si pria, bukankah harusnya Hachiman tidak menerima coklat Yui karena Hachiman menyukai Yukino?

Jawabannya sederhana : Hachiman tidak ingin Yui tersakiti, dan hubungan persahabatan Yui-Yukino juga menjadi taruhannya. Poin pertama tadi tampaknya sudah dipahami betul oleh Haruno.

Tentunya, Yui juga mulai mengerti apa yang dimaksud Haruno. Bahkan, Haruno sendiri tahu soal ini! Lucu kalau Yui masih terus mau bermain dalam permainan mickey mouse perasaan, seperti di prolog vol 11.


Tiba-tiba Yui mengajak mereka makan bersama di dekat Stasiun Makuhari. Mudah sekali menebak, kalau Yui hendak menghentikan permainan Hachiman ini dengan duduk bersama dan berkata sejujurnya. Mereka sepakat untuk makan malam bersama dan terlebih dahulu menaruh tas Yui dan Yukino di apartemen Yukino. Sayangnya, sudah menunggu Ibu Yukino disana.

Apa kejanggalan yang ada di adegan ini?

Pertama, Ibu Yukino datang karena diberitahu masalah jurusan Yukino oleh Haruno, karena itulah dia hendak membicarakannya dengan Yukino. Tapi, kita tahu ini bullshit karena setelah alasan ini diutarakan, Ibu Yukino tidak pernah membahasnya lagi. Lucunya, tentang gadis yang pergi keluar malam-malam, dibahas sampai dua kali!

Kedua, jika Ibu Yukino merasa gadis yang pergi keluar malam-malam tidak pantas, lalu apa yang dia lakukan saat ini? Bukankah dia harusnya memberi contoh? Ini sama saja mengatakan kalau itu hanya alasan yang dibuat-buat. Sebenarnya, ada alasan lain Ibu Yukino datang.

Ketiga, Ibu Yukino yang terus memperhatikan Hachiman dari balik kaca mobilnya ketika pulang dari apartemen Yukino. Apa yang istimewa? Waktu itu Hachiman bersama Yui, tapi kenapa harus Hachiman terus yang dipandangi?

Kita bisa mengambil kesimpulan disini. Besok masih masuk sekolah, jadi Yui kemungkinan tidak menginap di apartemen Yukino. Artinya, Yukino akan pulang sendirian. Jam segitu, jika benar Hachiman mencintai adiknya, maka Hachiman pasti akan mengantar Yukino setidaknya di depan apartemennya. Saki saja yang pulang lebih awal ditawari diantar sampai stasiun, apalagi Yukino yang pulang malam?

Besar kemungkinan, sepulang dari Community Center, Haruno menelpon Ibunya. Memberitahu kalau satu-satunya orang yang Yukino beritahu tentang jurusannya adalah Hachiman. Haruno juga memberitahu kalau malam ini Yukino akan diantar pulang oleh pacarnya itu. Tatapan tajam Ibu Yukino terhadap Hachiman ini sering kita alami kalau kita bertemu orangtua pacar, benar tidak?

Esoknya, tanggal 13 Februari. Jika Yukino hendak menyatakan cinta lewat coklat valentine, maka hanya hari itu yang paling memungkinkan. Tanggal 14 adalah hari libur, Yukino tidak punya nomor Hachiman, jika meminta tolong Komachi jelas merepotkan karena Komachi ujian.

Hachiman sudah tahu kalau hari itu dia akan diberi coklat valentine oleh Yukino.

Yukino memutuskan untuk memberikannya sepulang sekolah, tidak mempermasalahkan kalau Yui tahu. Disini, Yukino tidak tahu kalau Yui menyukai Hachiman juga. Yang Yukino tahu, Iroha dan Kaori yang menyukai Hachiman.

Haruno muncul dan memberitahu kalau hari ini dan ke depannya, dia akan tinggal di apartemen Yukino. Mudah saja, ini pasti gara-gara semalam. Tentu Ibu Yukino berpikir tidak bagus kalau putrinya dibiarkan tinggal sendiri di apartemen sementara putrinya punya pacar. Dikirimlah "kaki tangannya".

Tidak adanya jawaban dari Yukino memberikan situasi yang jelas kalau Yukino tidak menginginkannya. Yui berusaha membeli waktu dengan mengajak Yukino mampir ke rumahnya dan menginap disana. Well, Ibu Yui sepertinya sudah menduga kalau putrinya menyukai Hachiman.

Pembicaraan telepon, Haruno yang seharusnya berbicara ke Yui dulu sebagai tuan rumah, meminta untuk disambungkan ke Hachiman lalu diputus sepihak. Jelas, ini memberitahu kalau baik Haruno dan Hachiman saat ini berada di posisi yang berseberangan.

Pertanyaannya, bagaimana caranya untuk membuat situasinya seperti dulu?

Jika Hachiman berpikir untuk membuat situasinya seperti dulu, Yukino bisa tinggal sendirian di apartemen, maka Yukino hidup dengan selalu melarikan diri dari tirani Ibunya sendiri. Jadi, bukan membuat situasinya seperti dulu, tapi bagaimana caranya agar Yukino berhenti melarikan diri dari tirani Ibunya.

Ending chapter 7 ditutup Komachi yang memberikan Hachiman coklat. Namun, ada tamparan keras dari kata-kata Komachi kalau Hachiman yang dia kenal, adalah kakak yang tidak pandai berpura-pura.

Sayangnya, kakaknya saat ini sedang bermain sandiwara tentang perasaan Yui.

Hachiman mengalami perang batin, memaki dirinya sendiri yang berpura-pura. Pertanyaannya, apakah Hachiman memutuskan untuk mengakhiri ini semua? Jawabannya ada di chapter 8.


Dua kali Hachiman tidak memberikan jawaban atas hutang kencan volume 6, baru kali ini Hachiman menerima ajakan Yui. Singkat kata, mereka hendak berkencan di Akuarium Tokyo. Selama perjalanan, Hachiman mencoba meyakinkan kalau yang dia lakukan hanyalah membayar hutang janji. Tapi, kita tahu ini bullshit.

Selama perjalanan, Hachiman merasa yang dia lakukan ini salah. Jelas salah jika berkencan dengan Yui. Tapi Hachiman harus melakukannya. Yeah, besar kemungkinan Hachiman memutuskan akan menyelesaikan ini dengan Yui. Momennya sangat baik karena tidak ada Yukino, sehingga Yukino tidak akan shock dengan fakta kalau Yui menyukai Hachiman dan selama ini bersahabat maupun bergabung dengan Klub Relawan untuk mendekati Hachiman.

Kenyataannya, Yui mengajak Yukino. Jadi, apa yang ada di pikiran ketiga orang ini?

Hachiman awalnya hendak menyelesaikan ini dengan Yui empat mata, sehingga Yukino tidak akan tahu apa yang sebenarnya terjadi selama ini.

Yui berniat menyelesaikan ini semua secara terbuka, jadi Yukino harus tahu kebenarannya. Itu artinya segala bantahan Yui di volume 3 adalah bohong belaka, dan argumen Hachiman benar. Yui sangat beresiko dibenci Yukino, dan Yui sudah siap dengan itu.

Yukino berpikir kalau Yui dan Hachiman mungkin saja ada janji kencan. Masalahnya, Yukino menginap di rumah Yui sehingga tidak pantas jika Yui meninggalkannya di rumah. Karenanya, Yui mengajak Yukino.

Yui menemukan momen untuk membiarkan Hachiman dan Yukino berduaan, dekat arena Penguin. Yui pura-pura sibuk memfoto dan meminta Hachiman berjalan lebih dulu. Jelas ke arah Yukino, mau kemana lagi? Yui mengintip di balik pintu, Yukino benar-benar terbuka ke Hachiman mengenai masalahnya. Sedang Yukino selama ini satu atap dengannya baik di apartemen ataupun rumahnya, tidak seperti itu. Jika saya menjadi Yui, bukti ini sudah cukup. Mereka tidak harus bersandiwara lagi.

Nostalgia kembang api dari Yui bermakna ganda. Pertama, festival kembang api di Pelabuhan Chiba, dimana Yui gagal menembak Hachiman. Kedua, festival kembang api di Disney Land dimana Iroha ditolak. Namun, Yui bisa mengambil kesimpulan ending event pertama tadi jika dia mengatakan perasaannya.


Yui memberikan sebungkus kue buatannya sendiri. Yui mengatakan itu kue request dulu. Namun, karena hanya sebungkus, jelas itu bukan kue terima kasih karena harusnya ada dua.

Mudah sekali, jika itu kue request yang dulu, maka Hachiman adalah pria yang Yui sukai.

Artinya, tuduhan Hachiman di vol 3 chapter 6 kalau Yui menyukainya karena kecelakaan itu benar adanya. Di request kue, itu adalah pertemuan pertama Hachiman dengan Yui. Tapi Yui sudah menyukai Hachiman. Artinya, Yui menyukai Hachiman sebagai penyelamat anjingnya.

Sebaliknya, seluruh sanggahan Yui adalah bohong waktu itu. Tepat setelah mengetahui Hachiman juga ada di Klub Relawan, Yui mulai sering hadir ke Klub dan akhirnya menjadi member, menjadi teman Yukino. Mirip siapa? Yeah mirip Iroha. Bedanya, Yukino tahu Iroha datang kesana untuk mendekati Hachiman. Sedang Yukino sendiri, baru tahu di momen ini tentang Yui.

Masalahnya, apa jawaban Hachiman?

Hachiman menolakkan sayembara Yui. Jelas siapa yang hendak diminta Yui dari Yukino. Mengapa sayembara tersebut harus ditolak? Dari monolognya, Hachiman tidak tahu apa solusinya. Sedang Yukino, jika dia sudah punya solusinya, maka masalah ini tidak akan pernah ada. Jadi disini, terlepas solusinya benar atau tidak, atau juga ini hanya gertakan, Yui sendiri yang punya peluang menang.

Faktanya, Yui sudah menduga kalau Hachiman akan melakukannya.

Ada juga monolog Hachiman tentang cinta Yui ini. Hachiman mengatakan bisa saja dia menerima perasaan Yui itu, tapi apakah seperti ini caranya membenarkan sesuatu yang salah sejak awal?

Saya berharap request Yukino ini adalah tentang mereka bertiga agar tidak ada lagi sandiwara semacam itu. Yukino tetap menganggap Yui sebagai sahabatnya, terlepas dulu Yui dekat dengannya hanya untuk sekedar mendekati Hachiman. Hachiman harus meminta maaf ke Yui sudah membuatnya seperti itu. Terakhir, Yukino memberikan coklatnya ke Hachiman, masih di tanggal 14! Sekali lagi, itu hanya harapan saya...

Soal Yukino yang menyukai Hachiman, sudah jelas dari adegan hendak memberikan coklat di chapter 7. Artinya Yui dan Hachiman tahu.


Tapi jangan lupa, masih ada dua big boss yang harus mereka lewati. Pertama, Yukinoshita Haruno. Kunci tentang karakter ini sebenarnya sudah disebar di berbagai volume, kita tinggal menyatukannya saja.

Haruno ini sebenarnya punya impian sendiri, namun dibuyarkan oleh Ibunya dan harus menuruti jalan yang sudah dipilihkan olehnya. Dulunya terkenal menjadi pelanggar aturan di SMA Sobu, dengan nilai akademis sempurna. Mudah saja menebak kalau sekolahnya menjadi pelarian kehidupan rumahnya yang disetir Ibunya. Tertekan karena terlalu banyak aturan, dia hidup di sekolah dengan menjadi pelanggar aturan.

Di lain pihak, adiknya sendiri berbeda dengan dirinya. Adiknya berseberangan dengan Ibunya. Disinilah pertanyaannya. Haruno meyakini kalau dunia ini tidak ada yang namanya benar-benar tulus. Bahkan hubungan apapun bisa dibuat dengan dasar kepalsuan. Karena seperti itulah dirinya dibentuk oleh Ibunya. Tidak ada yang namanya Yukinoshita Haruno, yang ada adalah Yukinoshita Haruno versi Nyonya Besar.

Jika Hachiman berusaha mengembalikan situasinya dimana Yukino bisa tinggal sendirian lagi, maka Hachiman mengambil langkah mundur. Jika Hachiman benar bisa menguatkan Yukino, maka Hachiman harus membantunya mencari jalan agar Yukino bisa menjalani hidupnya seperti yang dia inginkan, tanpa lari dari pengaruh Ibunya.

Meski sudah jelas Hachiman menyukai gadis mana, kita sudah sering melihat ending LN yang aneh-aneh, jadi jangan terlalu berekspektasi. Tapi, Watari sendiri sudah membuat ending alternatif versi Yui di [A]. Jadi kita bisa eliminasi ending itu di cerita original.

Yang selalu saya ingin lihat adalah Hachiman mengutarakan kebenaran cara hidup Haruno selama ini yang lari dari kenyataan. Mungkinkah itu terjadi? Entahlah...

Ngomong-ngomong, terima kasih sudah membaca "ocehan" saya dalam bentuk review ini. Tugas setelah ini hanya merapikan translate yang terbagi menjadi "part" dan Biblia. For fun mungkin akan terus saya kerjakan. Jangan tanya saya kapan vol 12 rilis. Anggap saja tidak ada.





x x x


7 komentar:

  1. terima kasih buat agan yang udah susah suah buat ngetranslate novel ini, dari vol 1 sampe vol 8 ane masih penasaran sama masa lalu hiratsuka-sensei yang sering agan komentari, apa ada chapter khusus yang menceritakan masa lallu nya? lalu, dengan perasaan suka ebina hina, sejak kapan dia suka sama hachiman? apa penyebabnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa lalu Hiratsuka-sensei tidak pernah dibahas secara mendetail di seri ini, hanya saja Sensei pernah mengalami hal serupa dengan yang terjadi antara Hachiman-Yukino di masa lalu (vol 9 chapter 8). Pernah diceritakan kalau ayah Sensei sudah menyiapkan uang dalam jumlah banyak untuk pernikahan Sensei (vol 5 chapter 4). Menurut afterwords [A], lingkungan masa kecil Sensei tidak begitu jauh dari lingkungan Hachiman.

      Di vol 7 chapter 9, Ebina bercerita kalau dia menyukai Hachiman yang selalu melakukan dan mengucapkan apa yang dia pikirkan, alias karakter apa adanya. Namun, di vol 10 chapter 6, Ebina bilang kalau Hachiman ini sering memperhatikan grup Miura dan Hayama, alias Ebina juga sering curi-curi pandang ke Hachiman.

      Tidak ada keterangan jelas kapan Ebina menyukai Hachiman, tapi kalau kita mau menelusuri bagaimana Ebina mulai menjodohkan Hayama dengan Hachiman di vol 4, kemungkinan Ebina suka ke Hachiman antara April-Juni.

      Masalahnya sama seperti Yui, yang Ebina lihat dari Hachiman selama ini bukanlah Hachiman yang sebenarnya.

      Hapus
    2. terima kasih atas jawaban agan, ane kira ada chapter khusus yang menceritakan secara detail masa lalu hiratsuka sensei.
      keep translate gan, klo liat di anime nya ane ga bisa dapet maksud dari apa yang di sampaikan, karena banyak adegan yang ga di tayangin, apalagi yang dari season 2 nya

      Hapus
  2. Anggap saja tidak ada :'v

    BalasHapus
  3. download light novel yg season 3 dimna min

    BalasHapus
  4. Wow. Analisisnya menarik, min��.

    Ngomong-ngomong ane ada ngeliat analisis oregairu yang lain:
    http://yaharianalysis.x10host.com/index.php

    Kalo ane pikir sih analisisnya menarik untuk dibahas. Kalo mau min bisa liat, siapa tau bisa jadi rujukan ato bahan diskusi yang lebih menarik lagi��

    BalasHapus
  5. Min, buat review volume 14 dong hehheheh.


    Please

    BalasHapus