Kamis, 18 Agustus 2016

[ REVIEW ] Macross ▲ Episode 18 : Sense Emergence


x x x



  Episode ini, menjelaskan banyak hal. Maksud saya, banyak sekali hal. Jelas, Roid ini punya agenda terselubung disini.








Ada sebuah pertanyaan besar dalam kepala Cassim dan Keith ketika mendengar perintah Roid kalau mereka akan bertugas bersama tim peneliti di planet Voldor.

Bukankah tujuan perang ini adalah membebaskan mereka dari UN? Bukankah mereka harusnya membiarkan Voldor dijaga pasukannya sendiri, mereka hanya melindungi dari angkasa? Kenapa ada tim peneliti, dan dikawal oleh Aerial Knight di Voldor?

Bagi Keith sendiri, dia dengan lantang mengatakan kalau dia adalah seorang prajurit. Selama Heinz mengetahui itu dan mengijinkan, maka itu adalah perintah, tidak peduli yang menyampaikannya adalah Roid.

Tapi bagaimana dengan Cassim? Kini Windermere menurunkan tim peneliti, meneliti reruntuhan di planet Vordor. Apakah ini mirip dengan sesuatu? Yep, ini mirip dengan pasukan UN yang datang ke Windermere dan meneliti reruntuhan. Pada akhirnya, rakyat Windermere menganggap UN adalah penjajah, dan karena itulah dia memilih menjadi Aerial Knight, membela bangsanya.

Sekarang, Windermere hanya membuat Voldor sebagai tempat penelitian mereka. Ini menimbulkan tanda tanya kepada Cassim. Kenapa Voldor menjadi tempat eksperimen? Cassim berpikir menjadi bagian Aerial Knight untuk membela tanah airnya, lalu apa yang dia lakukan kali ini...Sama saja seperti UN di planetnya dulu...



Disini, terjadi percakapan yang sangat menarik. Kaname merasa Arad masih menyimpan banyak rahasia yang harusnya dia katakan, namun Arad memilih untuk menyimpannya sendiri.

Mari kita flashback di cerita yang lalu. Arad menyimpan fakta kalau Messer adalah pengidap Sindrom Var, dan suara Kaname-lah penyembuhnya. Dan terakhir, Hayate adalah putra dari atasan Arad di UN, dimana Immelman sendiri adalah pilot yang menjatuhkan bom nuklir di Windermere.

Kaname berharap Arad mau jujur akan rahasianya yang lain. Disini, Arad masih tidak mau untuk membuka dirinya. Sangat mudah untuk menyimpulkan kalau rahasia lain yang Arad pegang saat ini, jauh lebih besar dari sekedar rahasia Messer dan ayah Hayate.



Well, kita skip proses Freiya tertangkap oleh Cassim. Ternyata, keluarga Cassim tinggal tidak jauh dari Desa Freiya di Windermere. Bisa ditebak, mereka bernostalgia...



Kita skip lagi, proses Hayate tertangkap. Mereka tidak membahas tentang ayah Hayate, tapi Cassim sendiri teringat sesuatu ketika nama Immelman disebut. Apakah Cassim mengenal Immelman?

Sekedar mengingatkan, dulunya, UN bekerjasama dengan Windermere dalam militer. Sangat mungkin kalau Immelman sendiri pernah berhubungan dengan Cassim. Misalnya, Instruktur dan pilot, seperti Ernest dan Gramia di masa lalu. Atau bisa saja...Cassim tahu kalau Immelman adalah pilot yang menjatuhkan bom nuklir di Windermere.



Seperti yang sudah saya ceritakan di review sebelumnya, Mikumo ini memiliki suara yang mampu mengaktifkan reruntuhan, namun Mikumo menyimpan sendiri rahasia itu. Mikumo ini juga memiliki masa lalu yang misterius...Mungkin, beberapa episode ke depannya menceritakan tentang masa lalunya ini.



Freiya sangat senang karena Hayate meresponnya. Hayate akan terbang dan melindungi Freiya.

Tapi kita tahu, ini tipikal gombal dari seri-seri macross sebelumnya. Sudah berapa kali kita melihat MC Pilot berjanji di episode belasan ke salah satu heroine kalau dia terbang untuk melindunginya, endingnya ternyata ke gadis yang...Tidak usah jauh-jauh, mari kita flashback ke seri macross pertama dan macross sebelum delta.

Kadang, ini juga mengkhawatirkan. Maksud saya, episode yang tersisa hanyalah 7-8. Jika situasi saat ini ke arah Freiya-Hayate...Dengan sekali tikungan, maka Freiya ini bisa kehabisan episode untuk menikung balik.

Entahlah, saya masih belum melihat kalau Hayate ini merasa nyaman dengan situasinya. Maksud saya, FreiyaxHayate, tapi yang saya lihat adalah Freiya sebagai titik perhatian pairing ini. Kita semua tahu, Hayate sangat terpukul oleh fakta tentang Ayahnya. Tapi, yang kita lihat disini, semua emosi ditujukan ke Freiya, tidak ada satupun bahasan atau simpati perasaan kepada Hayate.

Well, episode masih banyak...



Saya masih yakin, Mirage ini percaya kalau Hayate sebenarnya menyukai Freiya, dan Freiya juga menyukai Hayate.

Tapi sayangnya, Mirage sendiri tidak pernah melihat fakta kalau dirinya selalu ada ketika Hayate sedang terpuruk.



Adegan klasik Keith vs Hayate...Tapi pertempuran berakhir zonk. Hayate kita tahu sendiri, dilindungi plot armor.



Masa lalu Mikumo mulai sedikit terungkap...Kemungkinan besar, Mikumo ini adalah anak-anak hasil eksperimen. Lalu, eksperimen apa?

Kita tahu, kalau petinggi UN memiliki data yang lengkap mengenai Sindrom Var. Dan Sindrom Var sejauh ini, hanya bisa lewat suara manusia Windermere.

Apakah anda tidak curiga, kalau Mikumo ini adalah kelinci percobaan UN untuk menciptakan seorang manusia bumi dengan kemampuan Wind Singer? Mikumo mengatakan dirinya tidak punya orangtua, apakah itu kebetulan?



Ini menjelaskan banyak hal.

Pertama, Hayate memiliki faktor receptor fold. Tubuhnya bisa beresonansi dengan gelombang fold.

Kedua, Freiya adalah anggota Walkure, dimana syarat utama masuk Walkure adalah suara nyanyian yang dihasilkan, adalah gelombang fold.

Ketiga, Freiya adalah gadis Windermere.

Apakah menurut anda kebetulan, jika Freiya memiliki kekuatan untuk menyebarkan sindrom var? Terutama dengan orang yang terbiasa menjadi fold receptor suaranya, misalnya Hayate?

Yeah, ini mungkin sebuah jawaban mengapa Roid mengawasi Mikumo dan Freiya. Mikumo adalah anak eksperimen UN untuk menciptakan Wind Singer. Sedang Freiya, memiliki potensi untuk menjadi Wind Singer secara alami. Jadi, jika Heinz ini fvcked up alias tidak bisa dimanfaatkan lebih jauh oleh Roid, maka dia punya calon penggantinya. Rakyat Windermere tidak keberatan, selama pemimpin mereka adalah Wind Singer.



Jujur saja, ini mulai menakutkan...Mikumo...



Yang menyedihkan di episode ini, resonansi suara yang sangat kuat dari Heinz, membuat Aerial Knight seperti bertambah tua. Garis-garis putih di tubuh Windermere ini terlihat di manusianya yang berusia 30+. Artinya, ini bisa memperpendek umur mereka. Pertanyaannya...Bagaimana efeknya kepada Heinz sebagai penyanyinya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar