Sabtu, 27 Agustus 2016

[ REVIEW ] Macross Δ Episode 21 : Yearning Secret(s)


x x x



  Ini adalah episode plot, artinya yang akan anda dapatkan adalah garis besar cerita utamanya. Semakin mendekati ending seri ini, dan saya meyakini kalau akan terjadi satu kali tikungan tajam atau special moment. Entah siapa yang akan mendapatkan Hayate...

  Berbicara tentang episode ini, ternyata kita mendapatkan info yang lebih jauh mengenai hubungan Messer dan Kaname. Memang pada dasarnya, Kaname tidak memiliki sesuatu yang spesial dengan Messer, namun Messer memiliki sesuatu itu dengan Kaname, yaitu penyelamat hidupnya dari Sindrom Var.



Hoo, ini menarik. Jadi yang diincar oleh Epsilon dan Roid adalah level suara yang setingkat lebih tinggi dari sindrom Var, delta. Gelombang suara delta bisa mempengaruhi bawah sadar manusia yang mendengarkannya secara instan, tanpa perlu mengkonsumsi apel dan air windermere.

Namun, seperti di episode 20 dimana Cassim merasakan penuaan di bagian tubuhnya ketika mendengarkan gelombang delta, kini pertanyaannya dikembalikan kepada Heinz. Bagaimana dengan nasib Heinz yang memproduksi suara itu?

Karena Epsilon ini juga bekerjasama dengan Lady M, bisa dipastikan data tentang hal ini juga dimiliki oleh oknum (atau seluruh petinggi?) UN.



Sebenarnya, adegan ini tidak begitu penting. Intinya, penjelasan gelombang suara misterius (delta) dan status Walkure yang sedang ditahan karena menerobos keamanan.



Well, saya tidak ingin membahas apa yang sudah dijelaskan di animenya. Yang saya cermati di adegan ini, animatornya menggambarkan Kaname muda dengan baik. Maksud saya, cermati Kaname di adegan ini, dia seperti gadis remaja polos, sedang Kaname yang saat ini seperti seorang gadis dewasa.



Tentu saya tidak ingin blabla tentang siapa Reina. Animatornya juga menggambarkan Reina muda yang hobi hacking dengan tampilan agak...Menarik sekali.



Makina yang tidak banyak berubah disini. Well, tapi memang agak berbeda dari Makina yang sekarang.



Bisa ditebak hasilnya, grup amatiran ini diterjunkan ke medan perang...

Namun, ini juga menarik. Karena ini adalah 'proyek' Lady M, tentu ada maksud tersembunyi dibalik terbentuknya Walkure. Juga, hasil negatif Walkure ini harus segera dibalikkan.



Ini juga adegan yang menarik, pertemuan pertama Kaname dengan Arad.



Satu hal yang saya cermati disini, bertemunya Arad dan Kaname merupakan titik balik karir Walkure yang dipimpin Kaname.



Hmm, setelah pertemuan Arad dan Kaname, karir Walkure mulai menanjak.

Saya rasa, ini mungkin yang membuat Kaname menyukai Arad. Kaname merasa adanya Arad yang melindunginya, memberikan rasa aman kepadanya dan membantu performanya. Namun, saya rasa Kaname yang sekarang, merasa Arad ini menyimpan terlalu banyak rahasia darinya.



Disini, pertemuan pertama Messer dan Kaname. Fakta kalau Kaname tidak tahu jika sebenarnya Messer ini menderita Sindrom Var, artinya dalam adegan ini ketika Messer mengatakan Kaname pernah menyelamatkan nyawanya, Kaname mungkin mengira kalau Messer ini adalah pilot-pilot UN pada umumnya. Terselamatkan oleh musuh yang mengamuk karena Var, lalu berubah normal karena nyanyian Walkure. Kaname dalam adegan ini, tidak tahu kalau Messer adalah pengidap Sindrom Var.



Setelah bongkar pasang-personel, masuklah Mikumo. Jika memang Walkure ini rencana Lady M, maka siapapun yang masuk lewat jalur belakang, merupakan inti dari rencana itu sendiri. Dan disini, orang yang masuk lewat jalur belakang itu adalah Mikumo.



Keith yang mulai curiga karena menerima laporan dari anak buahnya tentang Gramia dan Heinz, melihat langsung apa yang terjadi dengan tubuh Heinz. Ternyata, tubuh Heinz mengalami penuaan seperti manusia Windermere di usia 30-an.

Yang menarik dari adegan ini? Butuh 21 episode untuk meyakinkan Keith kalau ada yang tidak beres dengan Roid, dimana Gramia tewas oleh ulahnya dan Heinz kini bisa mati muda...



Namun, Keith tidak bisa mempermasalahkan Heinz kepada Roid, karena itu keinginan Heinz sendiri. Keith mempermasalahkan meninggalnya Gramia karena ditusuk Roid. Disini, Roid beralasan melakukan itu karena posisi Gramia sedang dalam kondisi sekarat akibat serangan Elysion. Namun, apakah itu kebenarannya? Apakah yang Roid lakukan saat ini benar-benar wasiat dari Gramia?

Rune di rambut Roid terlihat gelap ketika menjelaskan semua alasan-alasannya, jelas ada yang ditutupi oleh Roid.



Ada hal yang saya juga kurang suka dari Ernest dan Arad, mereka berdua memiliki terlalu banyak rahasia. Kemungkinan, Arad dan Ernest tahu siapa Mikumo sebenarnya, dan memilih untuk diam. Mungkin, kebenaran seperti ini yang ingin didengar oleh Kaname dari Arad.



Well, sekarang identitas Mikumo sudah jelas. Dia adalah kloning untuk eksperimen sindrom Var, dan gelombang delta.

Fakta kalau eksperimen ini berhasil, memberikan tanda tanya baru. Apakah kloning selanjutnya itu memiliki kualitas yang setara dengan Mikumo, apakah Mikumo yang kita lihat ini merupakan kloning spesial yang terjadi karena hubungannya dengan member Walkure lainnya?



Mari kita cermati adegan ini. Berger mengatakan semua ini seolah-olah senjata mereka siap untuk diproduksi dan dijual ke rekan bisnis mereka. Kemungkinan besar, ada rencana untuk memproduksi kloning Mikumo, atau juga memanfaatkan Mikumo untuk hal ini. Kita semua tahu, dengan adanya fakta kalau tubuh Heinz mengalami penuaan dengan cepat, maka yang Berger bicarakan ini tentunya pasti bukan Heinz, pastilah Mikumo ataupun kloningannya.



No comment kalau ini, kita butuh episode selanjutnya untuk memberikan kejelasan tentang apa yang Roid lihat.



  Semakin ke belakang, saya merasa kalau Roid dan Berger ini akan menjadi final boss anime ini. Mungkin, Keith dan Aerial Knight akan membelot di akhir-akhir seri, dan berbalik melawan Roid. Dengan menipisnya episode untuk 'jatah romance', saya percaya drama romance selanjutnya, adalah yang terpenting, mungkin di episode 22-24.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar