Rabu, 31 Agustus 2016

[ REVIEW ] Macross Δ Episode 22 : Extreme Brave


  Saya lupa, gambar pesawat yang tertutup salju ini sepertinya pernah saya lihat dalam sebuah scene movie atau anime terkenal. Well, kita skip saja soal itu.

  Selain episode ini, jika merunut info dari berbagai sumber, maka hanya tersisa empat episode saja untuk seri ini. Entah mengapa, saya menyukai percakapan antara Hayate dan Mikumo di episode ini.

  Juga, ada yang bertanya kepada saya, apa perbedaan kapal perang kelas Macross dengan kapal perang lainnya?

  Kapal perang kelas Macross, memiliki dua bentuk. Pertama adalah cruiser mode, untuk mobilitas dan kecepatan. Kedua, battle mode untuk pertempuran dengan kapal perang lainnya. Dalam battle mode, memiliki kemampuan untuk menyerang secara melee dengan menabrakkan 'tangan' Macross ke kapal perang musuh, lalu menembakkan misil secara masif dari dari tangan tersebut, serangan ini biasa disebut dengan macross attack. Jangan salah, macross attack ini bisa menghancurkan kapal perang yang ukurannya jauh lebih besar dari Macross sendiri.

  Selain bisa berubah menjadi dua bentuk tadi, kapal kelas Macross sendiri dilengkapi oleh sebuah meriam utama yang sangat kuat. Bisa ditembakkan dalam mode cruiser ataupun battle. Namun, kelemahan mode cruiser sendiri yaitu pembidikannya yang kaku karena harus mengubah posisi Macross secara keseluruhan, sedangkan dalam mode battle, merubah target serangan meriam utama bisa dilakukan dengan cukup mudah.








Saya tidak akan membahas blahblahblah yang sudah dijelaskan di animenya.

Satu poin yang saya cermati dalam percakapan mereka:
Mereka bersikeras untuk menjaga info soal kolapsnya Heinz agar tidak menyebar keluar istana. Bukankah ini ironis? Maksud saya, ini sama saja dengan tidak mempercayai rakyat mereka sendiri. Mereka percaya kalau kolapsnya Heinz tidak akan diketahui oleh UN.

Mari kita pakai logika, jika suara Heinz saja kekuatannya bisa mempengaruhi kesadaran orang, berarti orang yang berhasil mengalahkan suara Heinz jelas levelnya di atas Heinz. Dan pastinya, Heinz akan menerima efek tertentu karena kalah dan dipengaruhi oleh suara tersebut.

Tapi... Well, mereka hanyalah prajurit. Mereka dibayar untuk menembak, bukan untuk berpikir.



Catatan penting lagi kali ini, Mirage kembali ada disaat Hayate terpuruk. Kini, Mirage menjadikan dirinya sendiri jaminan agar Hayate bisa terbang lagi.

Harusnya, disini Freiya harus bisa berpikir jernih. Saat ini, kondisi mereka adalah sedang berperang. Adanya Hayate yang bisa terbang tentu akan sangat membantu. Freiya mungkin harusnya berpikir bagaimana caranya agar dia bisa mengontrol suaranya, bukan memutuskan untuk tidak bernyanyi sama sekali. Situasi mereka saat ini sedang dalam kondisi perang, bukan dalam kondisi damai.

Memutuskan untuk tidak bernyanyi artinya sama saja dengan mengkhianati apa yang dia perjuangkan selama ini. Menyukai bernyanyi hingga memutuskan untuk menyelundupkan diri untuk ikut seleksi Walkure. Jika Freiya terbersit untuk berhenti bernyanyi, maka dia harus merenungkan perjalanannya selama ini.



Tentunya, Hayate tahu akan situasi saat ini. Mereka dalam keadaan perang, dan tentunya tindakan Mirage ini disambut oleh Hayate dengan optimis.

Ini tentunya membuat kita nostalgia dengan Messer. Messer mengatakan kepada Mirage dan Hayate untuk menembaknya jika sindrom Varnya kambuh. Kita semua tahu, mereka berdua tidak menembak Messer. Yang mengakhiri hidup Messer adalah Keith.



Kita sudah sering melihat karakter tipikal Keith ini. Dia adalah prajurit sejati, menganggap dirinya adalah ujung dari pedang Raja. Jika Raja mengatakan untuk tidak mengusik Roid, maka Keith akan mematuhinya.

Sampai berapa lama hingga Keith sadar kalau orang yang di depannya itu adalah adiknya sendiri? Adiknya yang terancam mati muda gara-gara eksperimen Roid...Semua perang konyol ini hanya demi memuaskan segelintir pihak, tapi beresiko kehilangan adiknya sendiri...



Jika anda cermati, percakapan semacam inilah yang harusnya terjadi antara Hayate dengan best girl di anime ini. Hayate bebas mengatakan tentang dirinya sendiri, tidak terbebani apapun.

Juga jika anda cermati, ini pertamakalinya Mikumo mengobrol santai dengan seseorang.

Yey...Lama-lama saya bisa berlabuh ke Haya x Kumo...



Serius, rasa bersalah Freiya terhadap Hayate sudah masuk level annoying...



Yey!!!!!! MONSTER KONIG!!
Saya bersyukur karena bisa melihat Konig Monster di seri Delta. Buat yang belum tahu, Konig Monster adalah pesawat tempur yang bisa bertransformasi menjadi mode battle, namun berbeda dengan pesawat tempur yang biasa.
Konig Monster ini sangat lambat, tapi memiliki armor yang sangat tebal. Armamen Konig Monster adalah meriam utama kaliber kapal perang dan beberapa misil anti kapal perang. Yeah, ini adalah pesawat tempur untuk support artileri. Tapi jangan salah, jika ada satu Konig Monster lolos ke garis pertahanan musuh, maka dipastikan akan ada kapal perang musuh yang menjadi korbannya.



Ngomong-ngomong, scene menampar seperti ini di anime, terkenal dengan meme bitchslap. Untuk anime, mungkin yang paling terkenal adalah scene Amuro Rei ditampar oleh Kapten Bright Noa, Mobile Suit Gundam (1979). Untuk manga, paling terkenal adalah bitchslap Batman ke Robin, entah scene manga tahun berapa...



Tidak banyak anime yang menghadirkan pertempuran pesawat seperti Macross. Scene-scene seperti ini selalu memorable...



Well, kita semua bisa menebak kalau Mirage tidak akan menembak Hayate. Karena Messer sendiri tidak dia tembak, apalagi Hayate yang dia cintai.

Hmm...Mirage tampaknya semakin 'berani' menunjukkan perasaannya...



Pertanyaan pertama saya, mengapa Cassim menjadi orang yang paling cepat menua terkena nyanyian Heinz? Agak sulit menjawabnya...
Tapi terjawab ketika kita mengingat beberapa episode terakhir. Cassim adalah pria yang tumbuh di perkebunan apel, dalam waktu luangnya, dia selalu memakan apel Windermere (dipanggang). Kita juga ingat, kalau apel ini juga salah satu faktor mengapa suara Heinz bisa didengar jelas oleh penderita Var.


   Empat episode terakhir...Saya berharap bisa menemukan kejelasan cinta segitiga disini, tidak harus menunggu adanya rilis movie atau apalah itu...Mungkin tebakan saya benar di awal dan pertengahan seri anime ini, Roid dan Berger (epsilon) bisa menjadi final bossnya...

  Tapi siapa sih sebenarnya Lady M?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar