Senin, 25 Juli 2016

[ TRANSLATE ] Oregairu Vol R : Afterwords


x x x





  Selamat malam. Saya menulis ini di tengah-tengah kesibukan pekerjaan saya.

  Kalian sudah lama menemani saya hingga saat ini, untuk seri [A] ini. Akhirnya, dengan rilisnya volume R yang mengakhiri seri ini, tujuan saya untuk saat ini telah selesai. Bagi para pembaca semuanya, saya ingin meminta maaf karena sudah membuat kalian menunggu lama. Ini semua memang salah saya. Saya sendiri merasa malu untuk mengatakannya. Dengan kebaikan kalian semua yang sudah memberikan waktu kepada saya, akhirnya saya bisa menyelesaikan pekerjaan ini.

  Karena itulah, saya akhirnya menulis afterwords ini.

  [ A ] [ N ] [ O ] [ T ] [ H ] [ E ] [ R ]

  Begitulah kata yang dibentuk ketika kau menyusun huruf-huruf tersebut. Saya sendiri terkejut! Ternyata menjadi sebuah kata dalam Bahasa Inggris! Meski saya punya kemampuan Bahasa Inggris level bawah, saya tidak tahu apa artinya! Huruf-huruf tersebut muncul satu-persatu, agak sulit untuk mengetahui apa yang dibentuk oleh huruf-huruf tersebut. Pada volume awal, banyak sekali kata yang bisa dibentuk dari huruf awal yang muncul. Misalnya, tiap perusahaan mungkin punya budak perusahaan mereka masing-masing, tapi jika kau satukan para budak perusahaan itu, mereka bisa menjelma menjadi sebuah perusahaan hitam.

  Meski para budak perusahaan itu menyebut perusahaan mereka perusahaan hitam, cara mereka berinteraksi, cara mereka berhubungan, mungkin berbeda. Karena situasi saat ini yang berubah, maka situasi mereka di masa depan kemungkinan besar akan berubah. Ketika kau pertama kali bekerja di perusahaan itu, kau mungkin akan berharap kalau kau akan bekerja dari jam 10 pagi hingga jam 6 sore, tapi tanpa kau sadari, kau akhirnya akan menjadi pegawai yang jam kerjanya berubah-ubahsesuai tuntutan perusahaan, dan kau diperah secara maksimal oleh perusahaanmu! Saya rasa itu masih wajar dan bisa diterima jika dibandingkan dengan cara kerja perusahaan lainnya! Sebuah perubahan yang tiba-tibab dari cara perusahaan bekerja akan membuat orang lain ketakutan.

  Karena itulah, sambil menggumamkan, "Kami, hari itu, di waktu itu, di tempat itu..." saya memikirkan semua kemungkinan yang mungkin terjadi. Tapi, kalau berpikir seperti itu, tidak peduli seperti apa aku berusaha, akan ada beberapa hal yang tidak bisa berubah. Mungkin itulah yang mereka sebut dengan sifat alami manusia. Karena itulah, aku berpikir, apa yang akan berubah dan apa yang tidak akan berubah dari mereka?

  Dan yang utama, hal-hal yang tidak akan dan akan berubah tidak terbatas untuk saat ini saja. Ketika kita mulai berjalan menuju masa depan, hal-hal yang kita pikir tidak akan berubah, mungkin saja berubah.

  Dengan diliputi perasaan semacam itu, saya persembahkan kepada kalian Oregairu Volume R.

  Sekarang, saya akan menghabiskan beberapa halaman, seperti biasanya, untuk menuliskan review saya terhadap animenya. Entah yang saya katakan ini benar atau tidak, saya akan menuliskan pendapat saya mengenai episode 12 dan 13! Karena ini hanyalah pendapat pribadi saya! Mungkin akan lebih mudah jika saya katakan, saya bisa menulis apapun yang saya inginkan! Sore Aru!

  Pertama, episode 12, "Meski begitu, hal yang dia cari masih berada di luar genggamannya, dan dia tetap salah mengenali kebenarannya".

  Awalnya, kita bisa melihat Haruno-san. Dalam kata-kata Haruno, seperti sifatnya, kita bisa melihat seorang karakter yang jahat, yang suka becanda dengan yang lain, memiliki ekspresi yang hampa, dan kadangkala, dia juga memiliki sebuah keinginan tertentu. Kita bisa melihat itu dari adegan ini. Setelah berbicara dengan Haruno, kita lanjut ke bagian A, dimana diawali dengan sebuah pembukaan yang bagus.

  Kami ingin agar perasaan kami juga bisa tenang! Tapi, Tobe berisik sekali...Ooka juga berisik...Ashi-san manis...Terutama di bagian ketika dia klik lidahnya sendiri! Irohasu jelas bersikap seperti Irohasu. Hachiman terlihat licik karena dia punya data tentang ulang tahun Irohasu dan mengingatnya. Kawasesuatu-san dan Ashi-san yang berhadapan satu sama lain sangat menegangkan juga. Aku baru saja menyadari ini, bukankah belahan dada dari Kawasesuatu terlihat terlalu berlebihan?! Sial! Ini sangat erotis! Ekspresi ketika dia mengatakan, "Olahan rebusan kentang" sangat manis! Kuharap Tamasesuatu-san bisa menggerakkan tangannya lebih luwes lagi sehingga aku bisa tenang. Berkebalikan dengan suasana yang tenang ini, kita kedatangan seseorang yang punya banyak sekali waktu luang, Harunon.

  Yang lebih penting daripada kehadirannya, kita ternyata punya masalah dengan pemberian coklat di anime ini...Ada apa ini, sebuah rom-com? Oh benar, anime ini adalah anime rom-com. Sepertinya mereka mereka tidak menayangkan (atau lupa) adegan perencanaan-perencanaan untuk mengadakan event tersebut ataupun adegan-adegan persiapan eventnya.

  Sebaliknya, ketiganya tampak terkejut ketika mendengar kata-kata Haruno, dan Haruno tampak sedang bersenang-senang. Meski  begitu, siapa saja pasti bisa merasakan perasaan kesepian dari kata-kata Hiratsuka ketika melihat ke arah mereka. Suasana tidak nyaman yang baru saja terjadi, dan pertanyaan-pertanyaan yang Haruno tanyakan adalah sebuah pertanyaan yang menjadi inti anime season kedua ini.

  Kemudian, ada Ibu Yukinoshita muncul di depan trio kita. Meski begitu, apakah kalian tidak berpikir kalau kata-kata Mommy-chan ini terdengar kasar? Waktu saya SD dulu, ketika saya bermain ke rumah teman, Ibu mereka akan memberitahu saya, "Wataru-kun, kalau kau tidak pulang sekarang, bukankah orangtuamu akan khawatir? (translate: Cepat pulang sana, bocah tengik!)"

  Ngomong-ngomong, bagian-bagian penting tentang musim kedua anime ini secara keseluruhan sudah ditampilkan di episode ini.

  Bagian tentang keraguan akan "diri kami yang sebenarnya", "kami selama ini berperan sebagai siapa", dan "apa yang ingin dilihat orang lain terhadap kita". Hal-hal inilah yang akan mempertajam karakter mereka. Setelah mereka memperoleh identitas mereka yang sebenarnya, ketika mereka menghadapi masalah yang sudah sejak lama mereka hindari, saya sudah tidak berpikir kalau hubungan mereka bertiga tidak akan terpengaruh karena mereka tidak pernah membicarakannya.

        Watari malah membahas tentang luar biasanya para seiyuu dan kalimat-kalimat mereka di ep 13.

       

  Saya sangat berterimakasih atas dukungan kalian semuanya. Saat ini, pekerjaan ini sudah mencapai puncaknya dan berjalan dengan lancar. Maaf sudah membuat kalian menunggu lama untuk volume ini. Sekali lagi, saya benar-benar paham bagaimana perasaan kalian tentang betapa pentingnya pengerjaan volume ini. Dengan semua waktu yang telah kalian berikan kepada saya, saya akan memberikan yang terbaik agar bisa melebihi ekspektasi kalian. Saya akan sangat senang jika kalian tetap bersama saya sampai akhir nanti. Saya akan memberikan yang terbaik!

  Sampai jumpa di pertemuan selanjutnya!

  Suatu hari di bulan Maret, menonton mekarnya Bunga Sakura sambil ditemani Max Coffee.









  x Afterwords | END x




  Ini adalah analisis dari translator saja, pembaca tidak perlu meyakini semua tulisan di bawah adalah benar adanya. Baca jika berminat, skip jika anda punya keyakinan sendiri tentang apa yang terjadi.

       

  Empat paragraf dari Watari menceritakan tentang kehidupan seorang budak perusahaan dengan kebijakan perusahaannya yang kejam. Melihat situasi dari afterwords volume E dimana mulai membahas produser animenya yang terlihat komplain dengan review Watari yang menyindir banyak bagian animenya, saya melihat ada semacam masalah antara Watari dengan perusahaan induk penerbitan light novelnya, GaGaGa Bunko.

  Tebakan saya?

  Rilis Vol R ini bulan Maret, sedang tidak jauh dari itu Watari rilis light novel barunya, Girlish Number yang juga mendapat lampu hijau untuk diadaptasi anime, belum juga adaptasi manga yang terbit di Dengeki G Comics. Yang sedikit janggal, LN baru Watari ini diterbitkan oleh rival terbesar Shogakukan, yaitu Kadokawa. GaGaGa adalah anak cabang dari Shogakukan.

  Menurut web bisnis percetakan Jepang, Kadokawa dalam market light novel memang memegang 48% penjualan, sementara GaGaGa dari Shogakukan hanya 2%. Sekedar info, LN terbarunya itu diterbitkan oleh ASCII Media Works, anak perusahaan Kadokawa. Kemungkinan besar, ada deal-deal yang gagal dan tarik-ulur negosiasi dimana Watari merasa perusahaannya saat ini memberi harga yang 'kurang' kepada LN barunya sehingga Watari menerima tawaran rival Shogakukan. Tapi, ini hanya tebakan saja, kebenarannya entah seperti apa. Tapi menulis empat paragraf hanya berisikan keluhan budak perusahaan yang hanya menjadi sapi perah perusahaan jelas aneh, dan terlalu lucu jika disebut kebetulan.

  ...

  Watari juga masih merendah dan mengharap pembacanya percaya kalau review dari Watari tidak selalu benar. Karena kita semua tahu dalam bisnis semacam manga atau light novel, informasi langsung dari penulisnya adalah informasi yang paling akurat.

  ...

  Bandingkan dengan komentar Watari tentang Haruno di volume lainnya. Kali ini, Watari menegaskan kalau dalam arc ini, Haruno-lah penjahatnya. Juga Watari memberi clue kalau diri Haruno selama ini hampa...Mungkinkah ini menjadi petunjuk tentang ending Oregairu dimana Hachiman akan mengatakan kebenaran tentang Haruno selama ini?

  ...

  Saya yakin ada pembaca disini yang sengaja menonton ulang anime zoku episode 12 hanya untuk memastikan apakah belahan dada Saki memang benar-benar terlihat...ehemm.

  ...

  Watari menyindir masalah pemberian coklat di animenya. Jika kita jeli, hanya bermodal menonton anime episode 12, maka kita berkesimpulan kalau coklat buatan Yui adalah coklat pertama yang Hachiman terima. Faktanya, coklat pertama yang akan diterima Hachiman adalah dari Isshiki Iroha, kedua dari Kawasesuatu Saki.

  Harusnya, pak produser animenya bersin-bersin membaca ini...

  ...

  Watari kembali lagi menyindir staff animenya yang tidak menayangkan proses perencanaan event dan persiapannya. Memangnya, adakah hal yang penting dalam adegan tersebut?

  Adegan perencanaan-perencanaan event tersebut ada di volume 11 chapter 3, dimana ada fakta penting disana, monolog Hachiman. Dalam monolognya, Hachiman berkata kalau kebenaran request kue Yui di vol 1 terbongkar, maka situasi mereka bertiga tidak akan sama lagi.

  Adegan persiapan event tersebut, adakah hal penting? Ada, yaitu perang dingin antara Kaori dan Yukino ketika bertemu di Community Center.

  Sebenarnya, saya juga setuju jika kedua adegan di atas harusnya ditampilkan di animenya.

  ...

  Pertanyaan dari Haruno kepada Hachiman itu merupakan inti cerita dari season 2 anime ini.

  "Apakah ini hal genuine yang kau inginkan?"

  Saya sering menuliskan analisis kata-kata ini. Intinya, ini menyindir Hachiman yang munafik. Hachiman yang menyukai Yukino, tapi tahu kalau Yui menyukainya. Agar tidak ada yang terluka, Hachiman berpura-pura dan berharap ini akan hilang sendirinya ketika mereka lulus SMA nanti.

  Ini juga sinkron dengan adegan pertama episode 1 zoku, dimana ada Hachiman yang berada di atap gedung sekolah setelah konfrontasi dengan Sagami. Disana, Hachiman mengatakan "Mudah bukan membuat dunia dimana tidak ada satupun orang yang terluka?".

  ...

  Watari menuliskan kembali keyword cerita ini. Dalam monolog akhir episode ini, itu bercerita tentang Yukino dan Hachiman. Dimana mereka punya sebuah hubungan, dimana mereka juga tersandera orang lain sehingga mereka harus menampilkan image tertentu selama ini. Saya sudah menulis panjang lebar di analisis vol 11 chapter 6, anda bisa baca lebih lengkap disana.

  Juga, poin terpenting disebutkan oleh Watari : Jika mereka memperoleh identitas mereka, menghadapi masalah yang selama ini mereka hindari, hubungan mereka bertiga akan jelas-jelas terpengaruh.

  Ini terjelaskan sendirinya di episode 13.

  Yukino memutuskan untuk mengatakan perasaannya selama ini, yaitu dengan memberikan coklat valentine kepada Hachiman.

  Yui memutuskan untuk mengakhiri semua kepura-puraan yang disebabkan oleh eksistensi dirinya, dan dimulai dari yang paling dasar : Mengakui kalau pria penerima kue yang disukai Yui, vol 1 atau episode 1 season 1 adalah Hikigaya Hachiman.

  Ini yang tidak ada di dalam animenya, tapi tertulis jelas di LN, vol 11 chapter 7. Komachi mengingatkan kepada Hachiman kalau Onii-chan yang dia kenal adalah Onii-chan yang tidak pandai berpura-pura. Di ending chapter, Hachiman memutuskan sesuatu. Lalu di ending vol 11 chapter 8, Hachiman memutuskan untuk mengakhiri semua itu pada hari itu juga. Sayangnya, ini tidak ditampilkan di animenya.

  ...

  Tidak ada yang tahu mengapa Watari tidak membahas detail episode 13. Ada yang mengatakan kalau Watari sadar, dirinyalah penyebab episode 13 terlihat kacau. Tapi, bagaimana menurut saya sendiri?

  Pertama, kita meninjau materi LN episode 13, yaitu vol 11 chapter 7, 8, dan 9. Apakah di LN tersebut, ceritanya terasa kacau bagai pembaca LN? Jawabannya, tidak. Itu malah menjadi prolog yang bagus menuju arc terakhir. Ending LN vol 11 menggantung? Serius, bahkan ending volume 2, volume 5, volume 7 juga menggantung, tapi apakah pembaca komplain? Kesimpulannya, ending menggantung memang sering terjadi di volume sebelumnya, bedanya...Anda tidak lama kemudian bisa membaca volume lanjutannya, sedang di vol 11 anda harus menunggu entah kapan untuk membaca volume 12.

  Tapi mari kita ubah sudut pandang kita menjadi seperti ini: Jika saya selama ini hanya menonton animenya saja, tidak tahu LN-nya, atau pernah membaca LNnya tapi hanya sekedar 'membaca', apa yang kira-kira saya dapatkan dari episode 13?

  Pertanyaan pertama saya di episode 13, adalah apa alasan Haruno harus tinggal satu atap dengan Yukino. Pembaca LN pasti tahu alasannya, tapi pemirsa anime?

  Pertanyaan kedua saya, dari mana adegan Yui dan Yukino tidur di kamar berduaan? Itu jelas adegan yang tidak pernah ada di LN karena cerita LN dari sudut pandang Hachiman. Oke, ada komentar (sayangnya dihapus karena menaruh link) yang menjelaskan kalau itu berasal dari gambar ponkan8.

  Pertanyaan ketiga, kenapa Hachiman malah mau menerima tawaran kencan Yui? Bukankah di episode 11 season 1 dan episode 9 zoku berusaha menunda-nunda?

  Pertanyaan keempat, kenapa Yui membiarkan Hachiman berduaan dengan Yukino selepas atraksi penguin?

  Monolog Hachiman tentang dia mengetahui makna kue coklat pemberian Yui tersebut tidak ada. Monolog Hachiman yang mengatakan bisa saja menerima perasaan Yui, tapi itu bukanlah sesuatu yang benar...tidak ada.

  Tidak ada yang tahu pasti alasan Watari tidak membahas episode 13 secara detail, tapi melihat beberapa list di atas, episode 13 anime zoku jelas-jelas 'kacau-balau'.


*) Tolong tidak menyertakan link dalam komentar >.<, nanti saya dikira kejam menghapus-hapus komentar...

4 komentar:

  1. Msh menunggu volume 13 & 14

    BalasHapus
  2. padahal gue selalu nyambung aja meskipun anime itu genre mistery yang cukup berat tapi kalau nonton anime oregairu karena banyak yang janggal jadi..you know-lah

    BalasHapus