Rabu, 02 Agustus 2017

[ FOR FUN ] Oregairu : The Nighthawk Star





Oke, what the F is this?

Sepertinya, sudah lama sekali saya tidak membuat artikel tentang for fun. Kali ini, kita, atau tepatnya saya, akan membahas mengenai sebuah buku. Di volume 1 chapter 1, disebutkan sebuah buku yang pernah Yukino baca, dan ternyata Hachiman juga pernah membacanya. Buku ini adalah buku pertama yang disebutkan dalam light novel ini.


Dari semua buku yang ada, mengapa harus menyebutkan The Nighthawk Star sebagai buku pertama yang disebut di light novel?

Nighthawk Star adalah karya Kenji Miyazawa, yang ditulis sekitar tahun 1921. Seperti yang anda lihat di ilustrasi artikel, buku ini sudah diterjemahkan ke bahasa Inggris, artinya ini semacam buku yang populer di Jepang. Jadi, ini bercerita tentang apa?

Alkisah, ada seekor burung Cabak yang buruk rupa, namun saudara-saudaranya ternyata memiliki tampilan yang indah, tidak seperti dirinya. Tuhan memberinya nama "Nighthawk". Karena Nighthawk berbeda dari burung sejenisnya, dia dibully. Kesehariannya tidak luput dari dihina, dicaci, dll.

Bahkan, seekor Rajawali yang notabene memiliki sebutan "Hawk" merasa tidak terima ketika Nighthawk memiliki nama "Hawk" di dalamnya. Rajawali tersebut mengancam akan membunuh Nighthawk jika besok tidak merubah namanya. Nighthawk tidak mau merubah namanya, dia beranggapan kalau nama adalah pemberian, dan itu berasal dari Tuhan. Yang terpenting adalah diri makhluk itu, alias identitas diri, bukan penampilan luar.

Merasa tidak diterima oleh sosial sekitar, Nighthawk terbang ke langit yang cerah, terus menuju matahari, berharap matahari akan menerimanya sehingga tubuhnya kelak akan terbakar dan menyinari bumi, sederhananya, dia ingin dikenang sebagai sesuatu, dan mati sebagai sesuatu bagi makhluk lainnya. Matahari menolaknya karena burung Cabak adalah tipe burung senja dan malam, jadi harusnya Nighthawk ini meminta tolong ke bintang di malam hari.

Tidak putus asa, Nighthawk menunggu malam tiba dan terbang lagi, kali ini ke bintang Orion yang ada di barat. Orion tidak menghiraukan panggilan Nighthawk yang memohon kepadanya untuk membawanya serta.

Kembali, Nighthawk tidak menyerah dan pergi ke selatan, mencari bintang Canis Major. Malah, yang didapat adalah hinaan untuk tahu diri, kalau Nighthawk hanyalah burung biasa. Butuh trillyunan tahun untuk sampai ke tempatnya.

Tidak jera, Nighthawk pergi ke utara, mencari bintang Ursa Major. Sama, dia dianggap remeh dan ditolak.

Nighthawk kemudian berputar-putar empat kali, dan menuju ke bintang yang di sebelah timur, Aquila. Jawaban yang sama, namun agak berbeda. Aquila bilang Nighthawk harus mati berulangkali terlebih dahulu dan butuh banyak harta yang melimpah untuk bisa pergi bersamanya.

Karena kelelahan disertai dinginnya malam, Nighthwak jatuh, pandangannya mulai samar-samar, dan yang terlihat olehnya hanyalah langit malam, pada akhirnya pandangannya menjadi gelap seutuhnya.

Ketika membuka matanya, Nighthawk melihat tubuhnya mulai terbakar, dan menampilkan cahaya biru. Di sampingnya, terdapat bintang Cassiopea, dengan cahaya putihnya. Sampai saat ini, cahaya biru Nighthawk, terus menyinari langit malam, terus, dan terus.




What the hell did I just read?



Yeah, cerita Nighthawk ini mirip kisah Yukino. Jelas bukan kisah Hachiman karena dalam vol 1 chapter 1, Hachiman sendiri mengakui kalau dia hanyalah pria "medioker", alias seperti pada umumnya.

Yukino ini korban bully di sekolahnya. Sengaja bersekolah di luar negeri untuk lepas dari bully.

Yukino membawa nama yang diberikan oleh orangtuanya, keluarga Yukinoshita. Sejak kecil, hidup menuruti apa yang diinstruksikan ibunya, bahkan berkeinginan untuk bisa melebihi kakaknya, Haruno. Dimana, Haruno sendiri ini juga tidak lain adalah hasil "bentukan" ibunya sendiri.

Saya teringat vol 2 chapter 4 dimana diceritakan kalau ayah Yukino adalah anggota DPRD, tapi di vol 5 chapter 6 keluarga Yukino memiliki berbagai perusahaan di Chiba. Mudah untuk menebak, ibunya adalah orang yang mengontrol semua perusahaan tersebut.

Sama seperti kisah Nighthawk Star, tujuan Klub Relawan sendiri adalah untuk membantu kliennya menyelesaikan requestnya, mirip dengan keinginan Nighthawk agar bisa menerangi bumi. Namun bedanya, Klub Relawan sendiri adalah sebuah ruang isolasi, sedangkan Nighthawk terus terbang di angkasa dan cahaya menerangi bumi.

Namun, Nighthawk memiliki Cassiopea, namun apa yang dimiliki Yukino?

Dalam cerita Oregairu, ada dua karakter yang berubah drastis. Pertama, Hikigaya Hachiman. Sulit rasanya melihat Hikigaya Hachiman di volume 11 adalah seorang penyendiri. Dia kenal setidaknya tiga orang di Klub Judo. Punya teman dalam diri Totsuka dan Zaimokuza. Pengurus OSIS menghormatinya...

Karakter kedua yang berubah, adalah Yukinoshita Yukino. Setidaknya, Hachiman tahu siapa dirinya yang sebenarnya, masalah keluarganya, masalah dengan Hayama, dll. Sulit rasanya membayangkan Yukino yang ada di volume 1 dan 2 akan memberikan coklat valentine ke Hachiman di vol 11 chapter 7. Well, disitu inti cerita kita.

Seperti kata Hiratsuka-sensei, dia berharap entah Yui ataupun Hachiman di Klub Relawan, akan bisa membuka diri Yukino yang tertutup, dan mau berjalan bersamanya. Namun, akan sangat bagus jika orang itu adalah Hikigaya Hachiman. Meski mudah saja kita menebak alasannya, karena Hachiman karakternya mirip Hiratsuka-sensei semasa muda.



Jadi apa kesimpulannya?

Waktu buku ini di bahas di vol 1 chapter 1, tidak ada yang tahu latar belakang Yukino. Bahkan Yukino yang menjadi korban bully baru dibuka di vol 1 chapter 2. Meski begitu, Watari menaruh buku ini terlebih dahulu. Sedikit banyak, latar belakang Yukino terinspirasi dari cerita buku ini.

Bagi Yukino, ini adalah pencarian "Cassiopia"-nya karena meyakini identitas dia yang sebenarnya seperti apa. Namun, perlu digarisbawahi kalau Nighthawk melaluinya dengan susah payah dan banyak sekali hambatan, begitu pula Yukino disini.



Tapi, identitas Yukino yang diyakini adalah dirinya yang sebenarnya, seperti apa?


Sebenarnya, sudah dijelaskan di vol 1 chapter 1, Yukino merasa "panas" setelah Hachiman mengatakan kalau menjadi apa yang orang lain inginkan, sama saja menjadi bukan dirinya sendiri.

Yep, telak sekali. Ibunya mengatur masa depannya, Yukino sengaja mengisolasi dirinya agar tidak terjadi bully lagi. Bahkan, kakaknya sendiri yakin kalau Yukino tidak punya teman.

Namun apa yang terjadi? Secara perlahan, gadis yang idealis ini berubah. Volume 1 chapter 7, mengakui kalau Yui adalah temannya. Err, meski sebenarnya Yui berteman dengan Yukino untuk mendekati Hachiman, dan inilah yang menjadi benang kusut di cerita yang akan datang.

Gadis ini mulai jatuh cinta...Yeah, Si Ratu Es jatuh cinta.

Yukino mempertahankan keinginannya untuk kuliah di tempat yang dia kehendaki.

Yeah, Yukino berubah dan karakter Yukino yang kita temui di volume 11 mulai menjadi seperti anak gadis kebanyakan. Gadis yang menikmati masa remajanya di SMA, menikmati festivalnya, berteman, dan memiliki orang yang disukai...Secara perlahan, Yukino juga menjadi bagian komunitas sosial tersebut.

Lucunya, Hachiman yang super idealis di volume 1 sudah tidak kita lihat lagi di volume 11...Hachiman menjadi bagian komunitas sosial itu.

Lebih lucu lagi? Banyak "Hachiman wannabe" yang bersikap "sok" anti sosial, padahal Hachiman yang kita lihat di volume 11 sudah tidak seperti itu lagi...



x END x

15 komentar:

  1. Apa kelanjutan translate vn nya nggak ada lagi gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nunggu ada yang baik hati dari Jepang mau share detail adegannya di forum-forum~~~~~

      Hapus
  2. Nighthawk keren juga ceritanya.

    BalasHapus
  3. Min translate Youkoso Jitsuryoku Shijou Shugi no Kyoushitsu e dong??
    Critanya kan agak mirip" oregairu dgn filosofi ngawurnya

    BalasHapus
  4. pas baca bagian "hachiman wannabe" langsung ketawa min. :v

    BalasHapus
  5. Setelah baca nih artikel jadi pengen reread :3 btw vol 12 'katanya' 20 September!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sumber info paling valid hanya dari GaGaGa atau Watari.

      Hapus
    2. GaGaGa update setiap tanggal 18 yeah, jadi kita tunggu saja. :3

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Err mohon tidak pasang link di kolom komentar -_-, akan saya hapus kurang dari 24 jam~

      Hapus
    5. Sori sori minn, soalnya tadi ane pas banget buka web nya pas baru keluarr,setengah nangis ngeliatnya..
      Kira kira admin butuh berapa lama ya untuk mentranslate vol 12 nanti? Soalnya walaupun ane bisa baca yang translate an inggris, enakan baca disini sekalian liat analyisis dan review nyaa. Makasiih

      Hapus
  6. Min, ini hanya request aja dari saya. Admin bisa pertimbangkan untuk mentranslete LN Youkoso Jitsuryoku Shijou Shugi no Kyoushitsu e atau Hyouka? Cuma sebagai selingan update terbaru aja buat menunggu LN Oregauru vol 12 yang kelihatannya sedang mangkrak alias di tunda karena suatu alasan... Bisakah admin mempertimbangkannya?? Soalnya akan sangat menarik jika baca alur cerita aslinya seperti contoh seperti Oregairu supaya tahu kejadian aslinya yang tidak ada ataupun diubah di animenya karena alasan pihak animenya yang sengaja maupun tidak. Jadi itu saran dari saya dari sekian banyak pembaca...

    BalasHapus
  7. oregairu volume 12 ada kabar bakal rilis 20 september 2017

    BalasHapus
  8. Hachiman itu memang keren,tp jd anti sosial?? Enggak dah,karena menjadi bagian komunitas sosial itu lbh menyenangkan :v
    Mau jd sok anti sosial? Bagusan jgn deh,ane udh liat nasib orang anti sosial di lingkungan perkuliahan,gk enak dan lo gk bakalan dianggap keren gan wkwk :v
    Sumber? Ane sendiri :D :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Well, Hachiman sendiri di volume 11 sudah bukan pria antisosial lagi

      Hapus