Jumat, 17 Mei 2019

[ RANDOM OREGAIRU TALK #1 ] What Actually Happened?




Yeah, bisa dibilang ini mirip For Fun. Tapi apa bedanya? For Fun didokumentasikan, sedang ini hanyalah postingan yang akan saya biarkan tenggelam seiring berjalannya waktu.

Saya sebenarnya sering mendapatkan pertanyaan : apa yang terjadi dengan ending volume 11?

Perlu diingat, tidak ada satupun jawaban disini ataupun diluar sana yang 100% betul. Jawaban yang betul hanya yang ditulis ataupun dikatakan oleh Watari. Yeah, anggap ini sebagai selingan dikala bosan...

x X x

Saya suka membagi volume Oregairu menjadi tiga bagian.

Bagian pertama, adalah perkenalan karakter. Disini kita memperoleh info yang mendalam seperti apa karakter-karakter kita ini, dan hubungannya satu sama lain. Saya menganggap volume 1-6, plus 7.5 adalah bagian pertama cerita novel ini.

Bagian kedua, konflik mulai terjadi. Diawali dengan "bulan madu" di 6.5 spesial dan volume 7. Lalu muncul konflik identitas tentang siapa mereka, apa perasaan mereka, dan lain-lain. Puncak bagian kedua ini, adalah momen Jembatan Mihama antara Sensei dan Hachiman. Solusi sudah disajikan secara gamblang, namun apakah protagonis kita akan mengambil tawaran itu?

Bagian kedua ini, saya anggap ada di vol 6.5 special hingga 10.5. Meski konflik terkesan mereda, tapi problem terbesar masih belum terpecahkan di volume 10, yaitu Nyonya Yukinoshita seperti hendak mengontrol masa depan Yukino ketika kuliah nanti.

Yukino memutuskan untuk kuliah bersama Hachiman, di jurusan yang sama. Namun, kita melupakan masalah terbesarnya, apakah Nyonya Yukinoshita merestui keputusan itu? Volume 10.5 merupakan penyejuk untuk menurunkan tensi konflik tersebut.

Bagian ketiga alias terakhir, klimaks. Saya percaya, kalau bagian awal dari klimaks ini disajikan pada volume 11 dan 12. Pada bagian klimaks ini, Protagonis akan dipaksa atau terpaksa mengambil keputusan penting yang menentukan arah ending cerita ini.

x X x

Banyak bagian cerita yang harus disatukan agar kita bisa melihat apa yang terjadi secara utuh.

Pertama, tentang kue coklat. Baik Yukino dan Hachiman tahu kalau penerima kue coklat buatan Yui adalah orang yang Yui sukai. Silakan nostalgia lagi di volume 1 untuk membaca keseluruhan ceritanya.

Kedua, dua kali Hachiman tidak mau memberi jawaban tentang hutang kencan mereka di volume 6. Pertama di event Natal vol 6.5 special, ketika mereka mencari kado. Kedua, di Disneyland volume 9 chapter 7. Hachiman konsisten untuk tidak mau membahas itu. Tiba-tiba di vol 11 chapter 8 Hachiman setuju untuk ke Akuarium bersama Yui, dan acara itu dibuat mendadak alias di hari yang sama. Hachiman kaget melihat kedatangan Yukino, alias Hachiman menganggap kalau dia akan bertemu empat mata dengan Yui saja di lokasi.

Satu hal mengapa Hachiman menyetujui pertemuan mendadak itu, karena Hachiman memutuskan dia harus bertemu empat mata dengan Yui. Entah kapan. Dan momen itu tiba-tiba tersaji di pagi vol 11 chapter 8.

Mudah saja, Hachiman pasti menyetujui pertemuan itu.

Artinya, ada sesuatu yang terjadi antara Disneyland vol.9 chapter 7 hingga vol.11 chapter 7. Hal itu membuat Hachiman memutuskan untuk bertemu Yui empat mata.

Jelas, untuk menyelesaikan sesuatu.

Ketiga, prolog volume 11.

Prolog pertama, tentang Yui. Dia memutuskan akan mencoba menggapai yang dia inginkan, meski dia sudah tahu kebenarannya saat ini.

Prolog kedua, tentang Yukino. Dia tahu kalau ada sesuatu yang spesial, tapi dia tidak tahu apa itu.

x X x

Menurut saya, Hachiman hendak menyelesaikan masalah perasaan Yui kepada dirinya. Haruno sudah tahu soal ini pada ending event memasak coklat, dan berkaca pada ending volume 5, tinggal masalah waktu saja Haruno menceritakan ini kepada Yukino.

Artinya, ini hanya masalah antara mereka selesaikan ini secara baik-baik, atau menunggu Haruno membuat skenario aneh lagi seperti volume 8 di kencan ganda.

Yui hendak membahas ini ketika mengajak mereka bertiga makan bersama seusai event memasak coklat. Rencana kacau karena ada Nyonya Yukinoshita. Disini, saya merasa Yui akan mengatakan kebenaran tentang perasaannya dan bertanya kepada Yukino bagaimana perasaannya terhadap Hachiman, tepat di depan Hachiman sendiri.

Jika Yukino menyatakan kalau perasaannya ke Hachiman tidaklah spesial, tepat depan Hachiman, maka sebenarnya peluang Yui disini sangatlah besar. Jika sebaliknya, maka akan berlaku hukum di volume 7 tentang Tobe dan Ebina. Yui secara perlahan akan mencoba menjauh dari grup mereka, hingga menghilang.

Skenario ini membawa 2 implikasi. Hachiman kini menjadi Nice Boy dan berada di posisi Kaori semasa SMP. Lalu, Yukino akan kehilangan pertemanannya dengan Yui.

Yukino gagal memberikan coklat valentinenya kepada Hachiman karena kehadiran Haruno. Harusnya ini sudah memberi statement yang jelas kepada Yui dan Hachiman. Malamnya, Komachi mengatakan kalau Hachiman yang dia kenal, adalah orang yang jujur dengan perasaannya. Disini, mulailah Hachiman merenungkan kembali sikapnya selama ini, terutama tentang yang dia lakukan selama ini.

Saya percaya, keputusan Hachiman untuk bertemu empat mata dengan Yui terjadi pada momen tersebut. Hachiman memutuskan untuk menghapus garis itu, garis antara dirinya dan Yui. Yang membuatnya selama ini menolak momen tersebut (Yui di festival kembang api, dan ajakan kencan). Hanya semata-mata agar Yui tetap berada di belakang garis tersebut.

Hanya saja, Hachiman tidak siap untuk melihat Yukino ada di pertemuan itu...

x X x

Kemungkinan yang terjadi sebagai berikut...

Yui memberikan kue coklat buatannya itu, sebuah pernyataan kalau Yui menyukai Hachiman.

Yui memaksa Yukino untuk mengatakan perasaannya tentang Hachiman. Dari coklat valentine yang gagal diberikan tersebut, sebenarnya Yui sudah tahu jawabannya.

Setelah jawaban Yukino terkuak, sekarang dikembalikan kepada Hachiman.

Saya tekankan lagi, Hachiman dan Yukino disini masih belum tahu perasaan mereka yang sebenarnya ini apa, bentuknya apa, namanya apa (ending volume 11 chapter 6). Namun, mereka yakin kalau mereka berdua punya hal yang sama. Satunya jomblo karena sering ditolak, satunya jomblo karena dia inginnya begitu.

Yui jelas mengatakan mereka tidak bisa bersama seperti biasanya jika semua orang disana mengatakan perasaannya. Yui akan pergi secara perlahan, seperti yang ditakutkan Miura, Ebina, dan Hayama ketika Tobe hendak menembak Ebina.

x X x

Bisa saja ini didramatisasi oleh Watari dengan membuat Yukino meminta Hachiman untuk bersama Yui. Yukino yang akan menanggung semuanya sendirian. Karena sejak awal, dia memang sendiri. Yukino menganggap perasaannya saat ini tidaklah genuine, atau hanya menganggap kalau ini hanya perasaan sepihak saja.

Menurut saya, sikap di atas bisa membuat Hachiman harus mengambil keputusan sulit yang belum pernah dia lakukan sebelumnya. Jujur dengan perasaannya atau tetap seperti dirinya yang dulu. Meski, kalau dia memilih tetap seperti dirinya yang dulu, sama saja mengatakan kalau karakternya selama lebih dari 11 volume tidak ada progress sama sekali.

Bikin capek pembaca saja, haha.

Yui harus memilih antara dia hidup di sebuah utopia bersama Hachiman atau menghadapi kenyataan. Menurut saya, ini progress karakter yang bagus bagi Yui. Di grup pertemanannya, dia hanya pasif dan ikut kemana angin berembus. Kini, dia harus mengambil keputusan untuk dirinya sendiri, bukan Miura atau Ebina.

BTW saya tidak membaca volume 12 atau 13, saya tidak tahu ceritanya seperti apa. Akan saya baca sambil translate nantinya.

x X x

Lalu, romance-nya dimana?

Auk ah gelap...





21 komentar:

  1. Semangat min translatenya ane tunggu

    BalasHapus
  2. Jgan lupa Klik Iklan..
    Pinomat lah dah...

    BalasHapus
  3. hahahaha selalu support min buat translatenya, kami setia :D

    BalasHapus
  4. Haha..saya malah ketawa..
    Di tulisan akhir,admin.
    Roamnace nya di mana :v.
    Kayaknya 50:50 si hachiman berubah atau tidak berubah.

    BalasHapus
  5. Akhirnya mimin buka mulut wkwk.

    Ntar post lagi min situasi tentang Vol 12/13 kalo translatenya udah selesai.

    BalasHapus
  6. Liat v13 bikin ane mikir ulang soal ibunya yukino, dia bahkan baru tau kalo 8man itu yg ditabrak dulu. Dia kek ngerencanain sesuatu tapi ane ga bisa bilang dia bakal jadi antagonis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita tunggu saja bung apa yang direncanain ibu Yukinon. Tapi menurut gw sih, Ibu Yukinon kayak mengakui Hachiman (bisa terbilang Hachiman dianggap layak bekerja di perusahaan Yukinoshita) karena Hachiman bisa mengelabui orang-orang walaupun rencananya gak berhasil. Yang jadi pertanyaan sekarang itu, Apa keinginan Yui? Kenapa Yukino mau ngabulin keinginan Yui? Apa Hachiman bakal jadi kayak Haruno?

      Hapus
  7. Min gw tungguin lu setaun..😂

    BalasHapus
  8. Romance nya ada dimana? hmmm entahlah, aku tidak tau, kira-kira dimana ya? aku juga pengen tau

    BalasHapus
  9. gak pernah nyangka kalo cerita romance bakal sepusing ini anjir, sehat selalu pak Daniel, semoga lancar terjemahannya

    BalasHapus
  10. Ayo min selesain apa yg belum kamu selesaikan ea :v dah setahun nih aowkwkw

    BalasHapus
  11. selamat lebaran min dari saya yg nungguin setahun lamanya :D
    ditunggu vol 13 dan 14 juga makasih sudah meluangkan waktunya.

    BalasHapus
  12. btw klau dh pada ngebet pengen tau lanjutan vol 12 dan 13 bisa baca manga nya aj(eng version)... dh keluar cukup banyak chapter nya

    BalasHapus
  13. Analisis mu bener min, di vol 14 semua yg kamu analisi disini keluar, mabtap 👍👍👍, ditunggu tl an ana ya

    BalasHapus
  14. Volume 13 mana min? Kok lompat ke volume 14

    BalasHapus