Jumat, 08 September 2017

[ SPECIAL REVIEW ] Episode OVA Zoku | Best Date!




Pertama-tama, banyak adegan dalam animenya merupakan "improvisasi" ataupun "membuat sendiri". Jadi kita tanyakan kepada diri kita sendiri, kita menonton untuk mencari apa? Jika mencari hiburan, maka OVA ini sangatlah tepat. Jika mencari gambaran detail adaptasi light novel ke anime, maka anda akan siap-siap kecewa.

Jadi pastikan dahulu, anda menonton episode ini untuk sekedar hiburan semata, dan tentunya...ISSHIKI IROHA!

Ini adalah kencan terbaik dari cerita yang saya baca dari vol 1-11. Ini terjadi di volume 10.5 chapter 2. Karena materi episode ini merangkap 2 chapter dari 4 chapter vol 10.5, mungkin ada baiknya saya menjelaskan volume 10.5 secara keseluruhan.

Jadi, ada berapa adegan kencan "sih" di seri Oregairu ini?

Hmm, let see....Kalau kita artikan ini mereka berdua pergi bersama atau sejenisnya, coba kita ingat kembali...

Volume 3 chapter 4, episode 6 season 1.
Kencan Yukino dan Hachiman, di Mall Lalaport. Menjadi unik, karena ini adegan kencan pertama. Ditambah lagi, apa yang Watari tulis tentang kencan, gadis, dan lokasi idaman di afterwords volume 1 sangat cocok dengan kencan di atas. Mereka berkencan dari jam 10 pagi hingga sore.

Volume 5 chapter 6, episode 9 season 1.
Kencan Hachiman dan Yui, di Pelabuhan Chiba, Festival Kembang Api. Mood kencan kacau gara-gara Hachiman sudah memutuskan nasib Yui di adegan kereta. Parahnya lagi, Hachiman sengaja mencegah Yui mengucapkan perasaannya kepada Hachiman...Mereka pergi pada petang dan pulang sekitar jam 9-10 malam.

Volume 10 chapter 2, episode 9 zoku.
Mungkin ini penebusan "kencan aneh" Yui dan Hachiman sebelumnya. Lokasinya di area pembelanjaan dekat Stasiun Chiba. Sebenarnya, ini ada "embel-embel" membeli hadiah ulang tahun Yukino. Meski begitu, tidak mengurangi fakta kalau mereka ini sudah bisa diartikan berkencan. Yeah, saya bisa jadi dianggap tim Yui, wuahaha.

Volume 10.5 chapter 2, episode OVA zoku.
Kencan Iroha dan Hachiman. Mereka berkeliling di area yang sama dengan kencan Yui-Hachiman, yaitu sekitar Stasiun Chiba. Dimulai dari pagi, hingga petang. Kerennya, lokasi kencan adalah tempat-tempat yang disukai mereka berdua. Beda dengan Yui-Hachiman yang bertujuan membeli hadiah. Olahraga favorit mereka berdua, pingpong! Ramen bagi Hachiman! Kafe dessert favorit Iroha! Belum lagi, mereka "mencyduck" Wakil Ketua dan Sekretaris OSIS sedang kencan! Banyak adegan-adegan manis disini. Kencan terbaik!!! Err, saya pasti akan disebut tim Iroha sebentar lagi...




x x x




Animenya skip sebuah cerita di vol 10.5 chapter 1. Jadi ceritanya nih, Zaimokuza datang ke Klub Relawan karena galau, dia merasa kalau dirinya sekarang cocok untuk menjadi editor dan meminta bantuan Klub Relawan untuk mencari tahu bagaimana caranya menjadi editor setelah lulus SMA.

Klub Relawan sendiri, sebenarnya sudah punya anggota ke-4, err lebih tepatnya mengaku anggota ke-4, Isshiki Iroha. Well, namun kalau dipikir-pikir, ya kewenangan Ketua OSIS juga mengatur Klub-Klub di SMA Sobu, maka Iroha akan selalu punya alasan untuk datang kesana dan mendekati Hachiman.

Jadi apa yang menarik disini?

Jurnal Kenken! Wuahaha, serius, siapa sih dia?

Iroha memberi kode kepada Hachiman kalau dia ingin menikah dengan seorang editor (karena kaya raya), dan menyarankan Hachiman untuk menjadi editor. Ouch!

Disini adegan menariknya, Hachiman mengatakan kalau siswa SMA jika tidak punya pacar ketika SMA, maka mereka akan mencari pacar ketika kuliah nanti. Sedangkan Hachiman dan Yukino tahu kalau mereka berdua akan kuliah bersama-sama.

Lalu, tiba saatnya para gadis mengutarakan keinginan mereka ketika dewasa nanti. Yui dan Iroha berkeinginan untuk kerja di awal karir, lalu setelah menikah mereka ingin menjadi ibu rumah tangga. Menariknya? Ketika Yukino ditanya, dia mengatakan kalau dulu punya keinginan serupa dengan Yui dan Iroha, tapi saat ini dia sudah tidak yakin lagi akan keinginannya itu.

Mudah sekali menebak, "calonnya" adalah tipikal suami rumahan.

Adegan chapter 1 ini ditutup hal yang manis. Zaimokuza dan Hachiman ke perpustakaan, dan disana Hachiman memikirkan sesuatu. Hachiman memperhitungkan kalau dalam 1 tahun maka dia akan lulus SMA, lalu kuliah akan memakan waktu 4 tahun. Lalu di akhir monolognya dia mengatakan kalau saat ini dia hanya punya 5 tahun tersisa sebelum Hachiman kembali ke masyarakat.

Yeah, Hachiman berubah! Dia tidak lagi memimpikan untuk menjadi suami rumahan, alias duduk santai setiap hari di rumah. Disini, mudah sekali menebak alasannya, agar Yukino selalu punya pilihan akan masa depannya, tidak terkekang oleh keinginan dirinya menjadi suami rumahan.



x x x




Jadi, apa yang terjadi disini?

Pertama, seluruh adegan baik adegan sebelumnya tentang "editor" dan keseluruhan vol 10.5 ini berlangsung pada minggu pertama Februari. Kemungkinan besar, kencan ini berlangsung tidak lama sejak Marathon Chiba.

Sepulang sekolah, Iroha menunggu Hachiman di depan sekretariat OSIS, dan mengajaknya berbicara empat mata. Iroha "menagih" penyelesaian request yang tempo hari. Dalam kebingungannya tentang request apa, Hachiman memberikan jawaban "formal" seperti "sedang dikerjakan", dll.

Iroha lalu memaksa untuk diselesaikan pada hari libur keesokan harinya. Karena merasa dia yang berjanji untuk membantu Iroha, maka Hachiman menyetujuinya.




Satu gambar, tidak perlu penjelasan lagi...

Waktu Iroha menanyakan kabar gosip Hayama x Yukino, Iroha meminta bantuan Hachiman untuk memberitahunya spot-spot kencan yang bagus, sehingga ketika Iroha berkencan dengan Hayama, maka dia punya spot-spot yang bagus. Hachiman mengiyakan.

Ternyata, Iroha menganggap apa yang mereka lakukan hari ini adalah simulasi kencan. Buat yang belum tahu, ini pertamakalinya ada kencan tanpa keterlibatan Komachi. Kencan YuixHachiman di Festival Kembang Api? Komachi yang memaksa Hachiman untuk menemani Yui, demi dirinya.

Jadi apakah ini kencan? Sebenarnya YA!




Dalam perjalanan, mereka berdua membicarakan tentang kebiasaan Hayama. Apakah Hayama suka pergi ke tempat ini, dan ke tempat itu. Dan akhirnya kita tahu kemana ini berujung, yaitu Hachiman lebih suka berada dimana? Tentu toko buku atau perpustakaan adalah jawaban yang menarik!

Memilih film di bioskop. Mereka memilih pilihan yang berbeda. Sebenarnya cukup mudah, disini Iroha sadar kalau Hachiman benar-benar menganggap kegiatan mereka hanyalah "simulasi kencan", jadi Hachiman tidak memiliki kewajiban untuk menemani hingga ke dalam bioskop. Jika Iroha tidak melakukan sesuatu tentang itu, maka seterusnya Hachiman akan menganggap hari ini adalah seperti itu.





Disini, Iroha menurut saya cukup pintar. Dia membatalkan "nonton" dan mencari kegiatan dimana Hachiman mau tidak mau harus terlibat. Tibalah di sebuah tempat dimana pengunjungnya bisa menyewa dan bermain bowling, billiard, dan pingpong.

Namun, komentar Hachiman yang mempertanyakan apakah sepatu Iroha (heels) cocok untuk pingpong, jelas memberitahu Iroha kalau sedari tadi Hachiman benar-benar memperhatikan tampilan Iroha. Lalu, alasan Hachiman tentang tinggi yang berbeda jelas memberitahu kalau di sekolah sendiri, Hachiman memperhatikan Iroha.

Jika anda menjadi Iroha sendiri, jelas ini adalah "peluang'!




Buat yang belum tahu, kalau keluarga Hikigaya berlibur di hotel yang ada pemandian air panasnya, Hachiman dan Komachi suka bermain pingpong. Juga, Hachiman menyukai manga pingpong. Entah Iroha kebetulan atau benar-benar tahu Hachiman menyukai pingpong.

Sekedar info, Hachiman ini memiliki "fetis" atau semacam kesukaan melihat paha para gadis, sudah saya jelaskan di episode 6 zoku atau vol 9 novelnya. Jadi jangan heran dia tertarik melihat paha Iroha...




Ada adegan makan "terserah" di versi novelnya. Iroha terus memberikan jawaban "terserah" ketika Hachiman menanyakan hendak makan dimana. Karenanya, Hachiman memutuskan untuk membawa Iroha ke restoran ramen yang pernah direkomendasikan Hiratsuka-sensei.

Err, buat yang belum tahu, Hachiman ini penggemar berat ramen!

Menurut saya, ini kencan yang bagus, karena setiap pihak pergi menuju tempat favorit mereka bersama-sama. Jika Hachiman tidak menikmati kencannya hari itu, setidaknya dia benar-benar menikmati ramen tersebut!




Awalnya, Iroha tidak berminat mencoba ramen karena terlalu banyak lemaknya. Tapi setelah sekali coba...

Sekedar info saja, Iroha ini gadis kedua yang makan ramen bersama Hachiman. Pertama adalah Yukino di vol 7 atau episode 1 zoku. Err, jika kita menganggap Hiratsuka-sensei gadis, maka Hiratsuka-sensei yang pertama...

Tapi saya tidak yakin wanita yang katanya berusia 30-an tahun disebut gadis...




Iroha meminta Hachiman untuk menemaninya ke sebuah kafe. Setting kafenya "kekinian" atau mungkin lebih dikenal dengan istilah "instagrammable". Ternyata, Iroha mendapatkan info mengenai kafe ini dari si Wakil Ketua.

Tapi ini cukup mencurigakan, mengapa? Err karena Wakil Ketua ini kan sedang PDKT ke Sekretaris OSIS, kalau ada rekomendasi tempat ini bukankah artinya...




Yeah, ternyata mereka berdua sedang berkencan! Maju terus bos!





Tidak lupa juga, Iroha memastikan kalau akan ada simulasi kencan selanjutnya. Tapi jika melihat Iroha akan memberikan coklat valentine pada 14 Februari, kemungkinan lanjutan kencan tersebut tergantung jawaban Hachiman...




Hachiman dengan gambar di atas, sama saja mencari masalah dengan Yukino jika ketahuan...




Well ini adalah kencan terlama dalam seri ini, dan memang menyenangkan!

Tapi apa yang terpenting bukanlah nilainya, tapi selama kedua pihak merasa senang, maka itu kencan yang sempurna!




x x x





Mungkin masih banyak yang bingung dengan asal muasal adegan ini. Jadi ceritanya begini, akhir bulan Februari sekolah akan meminta laporan keuangan OSIS untuk evaluasi anggaran tahun ajaran berikutnya. Buat yang belum tahu, tahun ajaran berikutnya adalah April.

Masalah timbul awalnya dari kepengurusan OSIS Meguri. Harusnya, kepengurusan Meguri berakhir Oktober, tapi karena kacaunya kepanitiaan festival budaya dan tidak adanya calon ketua, Meguri meminta sekolah mengundurkan pemilihan ketua pada awal Desember. Jadi secara teknis, ada dua bulan dimana kegiatan kepengurusan OSIS vakum karena menunggu kepengurusan yang baru.

Sederhananya, bisa dipastikan laporan anggaran yang dibuat kepengurusan Iroha pada tahun ini nilainya lebih kecil daripada kepengurusan Meguri tahun lalu. Ini akan berakibat pada anggaran yang akan diterima kepengurusan OSIS pada tahun ajaran baru akan lebih kecil dari tahun sebelumnya.

Jadi, agar anggaran yang akan diterima pengurus OSIS nantinya minimal sama atau lebih besar, maka mereka harus menghamburkan dana kas mereka yang tersisa secepat mungkin, sebelum akhir bulan. Nantinya pihak sekolah akan berpikir kalau tahun ajaran berikutnya seharusnya pengurus OSIS mendapat anggaran yang lebih banyak.

Pertanyaannya, mau dihamburkan untuk kegiatan apa? Kegiatan macam apa yang bisa menghamburkan uang banyak, dalam tempo kurang dari setengah bulan, dan dalam laporan keuangan akan terlihat sebagai event yang wajar?

Ini mengingatkan Iroha akan kedatangan Zaimokuza di chapter 1 vol 10.5 ke Klub Relawan. Disana, disebutkan tentang editor dan penulis, dan salah satu contoh penerapan prakteknya di sekolah adalah koran yang dibagikan gratis ke seluruh siswa, termasuk siswa baru nantinya.

Disinilah ide tersebut muncul, bukankah ini bisa menghabiskan dana secara cepat jika harga koran yang diterima per siswa dibebankan kepada OSIS?

Masalahnya, Februari hanya memiliki empat pekan. Pekan terakhir adalah penyerahan laporan keuangan. Penerbit butuh dua minggu untuk edit dan mencetak seluruh koran tersebut. Artinya, mereka hanya punya waktu kurang dari seminggu untuk membuat artikelnya!

Mengesampingkan deadline seminggu, kini ada masalah lainnya, yaitu seluruh pengurus OSIS diminta untuk melakukan inventarisasi dan membuat laporan keuangan dari seluruh kegiatan. Dengan kata lain, pengurus OSIS tidak bisa dimintai bantuan untuk melakukan ini.

Maka jadilah ini sebuah request kepada Klub Relawan.

Sebenarnya, Yukino dan Yui sudah menolak request ini, tapi karena mereka yakin 1000% Hachiman akan menolaknya, mereka menyerahkan jawabannya kepada Hachiman. Memang benar, Hachiman menolaknya. Tapi, Iroha kemudian menunjukkan slip persewaan permainan pingpong, slip ramen, dan slip kafe kencan tempo hari.

Akhirnya, Hachiman menyetujuinya...




Jadi isi koran tersebut berupa info tentang SMA Sobu, profil Klub-Klub di SMA Sobu, spot-spot "kekinian" bagi siswa SMA Sobu untuk "hang out", juga satu halaman penuh wawancara dengan Hayama, Ketua Klub-Klub Olahraga SMA Sobu.

Klub-Klub SMA Sobu sangat menyambut baik ide ini, karena bisa mempromosikan Klub mereka untuk mendapatkan member baru, terutama karena koran ini nantinya akan dibagikan kepada siswa baru.

Sampul korannya nanti? Setelah berdebat panjang, maka diputuskan Isshiki Iroha dengan seragam lengkap SMA Sobu dengan latar belakang perpustakaan SMA Sobu. Alasannya sederhana, agar terlihat "intelektual".

Setelah itu, mereka membagi tugas. Untuk profil Klub dan foto kegiatannya, mereka harus wawancara ke Klub masing-masing. Yukino dan Yui ke Klub putri, sedang Iroha dan Hachiman ke Klub putra. Ini mudah untuk ditebak, karena Iroha ingin sekalian wawancara Hayama.

Hal menarik ketika mereka wawancara Klub Tenis putra, dengan ketuanya Totsuka Saika. Memori kamera digital yang Hachiman dan Iroha bawa ternyata full dengan gambar Totsuka...

Masuk ke sesi wawancara dengan Hayama, sebenarnya ada saling sindir antara Hachiman dengan Hayama. Sebenarnya agak rumit jika menebak ini tentang apa, tapi kalau kita teliti, ini merujuk pada Hayama yang memberikan nomor Hachiman kepada Haruno. Hachiman dalam pertemuannya dengan Haruno bahkan memaki Hayama "bajingan" karena sudah memberikan nomornya ke Haruno.

Namun, disisi lain Hachiman harus apresiasi Hayama karena mau menyelesaikan gosip HayamaxYukino, dimana Hachiman sendiri tahu Hayama menyukai Yukino.




Sekarang, menuju bagian artikel tentang tempat-tempat "kekinian". Iroha mengatakan kalau itu tidak perlu dilakukan karena dia sudah mensurvey tempat-tempat tersebut. Dan secara tidak sengaja, atau sengaja, muncul foto Hachiman dan Iroha di kafe tempo hari.

Yukino lalu memberikan hukuman kepada Hachiman sebagai penulis artikel seluruh materi koran tersebut!




Sebenarnya, ini adalah adegan yang dibuat sendiri oleh tim produksi animenya. Kata-kata Yukino tentang normalnya orang datang 5 menit sebelum janji, mengingatkan saya akan kata-kata Yukino di kencan pertama mereka, Lalaport.




Adegan di atas sebenarnya pernah terjadi di kencan Lalaport, tapi tidak tercantum di animenya. Jadi kalau anda tanya apakah staff animenya membuat OVA ini berdasarkan "fresh idea", saya jawab belum tentu. Bisa juga mereka hanya "menjiplak" adegan kencan di Lalaport yang belum diekspos.




Yep seperti dugaan anda, Hachiman yang "tertangkap basah" ini juga bagian dari kencan Lalaport mereka dulu.

Ayolah staff anime...Buat yang lebih kreatif!




Di adegan kencan Lalaport, ada adegan yang semacam ini. Tapi, awalnya Hachiman meninggalkan Yukino di kandang kucing untuk membeli ikat leher anjing di dalam toko. Dan setelahnya, dia melihat adegan yang serupa dengan adegan gambar di atas.

Aksi Hachiman ini mudah dipahami karena "fetish" Hachiman adalah paha gadis dan akan langsung merespon situasi itu. Uniknya, biasanya Hachiman berusaha mengambil keuntungan sebesar-besarnya dari situasi tersebut, misalnya saat Miura terjatuh di kencan ganda. Well, kita semua tahu jawabannya.




Well, ini semacam permainan. Yui berpikir kalau anjing tersebut bisa menjadi pasangan Sable. Caranya mengelus kepala anjing tersebut mirip kejadian paska dukungan palsu, Yui memegangi rambut Hachiman.

Intinya, "bagaimana jika Hachiman ini yang menjadi pasangan pemilik Sable? Cocok tidak?"




Ironis bila melihat kenyataan dibalik gambar bahagia di atas...

Hachiman tahu Yui menyukainya. Hachiman tahu persahabatan Yui dan Yukino diawali dari sebuah kepura-puraan, yaitu untuk mendekati dirinya.

Yui baru saja mendapati adegan kalau Yukino dan Hachiman dekat, tapi seperti apa? Mungkin saja, persahabatan mereka saat ini benar-benar tulus, benarkah begitu?

Yukino berpikir Yui memang benar-benar ingin berteman dengannya.




Bagaimana pengerjaan koran tersebut?

Hachiman dikurung dalam ruang ketua OSIS sampai selesai menulis semuanya. Awalnya, Yui datang melihat situasinya. Situasi awkward terjadi ketika Yui mulai membahas janji kencan mereka. Tentunya, dengan sedikit "tekanan" dari Yui, yaitu memijiti Hachiman yang kelelahan.

Menurut saya, Yui membutuhkan jawaban tersebut setelah melihat adegan UKS tempo hari dan kata-kata Yukino yang merubah impiannya. Karena jawaban Hachiman tersebut, akan menjelaskan duduk perkaranya.

Tapi, Hachiman tidak membahasnya lebih jauh.

Kemudian, kunjungan dari Yukino. Uniknya, Yukino membayar hutang minumannya pada request kue Yui tempo hari. Waktu itu, Yukino meminta Hachiman membelikannya Strawberry Mix. Kini, Yukino membelikannya Max Coffee! Err, sebenarnya banyak sekali adegan disini, tapi kita skip saja. Yeah, Yukino menemani Hachiman bekerja dengan tepat duduk di sampingnya.

Terakhir, kunjungan dari Iroha, hingga naskah selesai.




Sebuah pertanyaan besar akan foto ini, akankah foto ini akan menjadi kenangan yang menyakitkan setelah Hachiman dewasa nanti? Ataukah ini menjadi salah satu kenangan masa muda Hachiman yang terbaik?




Err, dua karakter di samping Sagami ini pernah tampil di arc Festival Budaya, dan Festival Olahraga. Namanya Haruka dan Yukko, entah mana yang Haruka dan mana yang Yukko. Keduanya adalah member Klub Basket SMA Sobu.

Cantik juga mereka (ahaiiiii!!!)



x Episode OVA Zoku | END x



*Saya menaruh episode OVA diantara episode 11 dan 12 zoku karena timeline episodenya benar-benar diantara dua episode tersebut.

13 komentar:

  1. mind saya minta saran rekomend LN selain oragairu Atau biblia.Thanks

    BalasHapus
  2. Saya suka translate LN oregairu yg admin kerjakan, bahasa yg mudah d mengerti serta opini atau review admin setelah translate
    Tgl 20 september infonya vol 12 rilis? Mohon maaf admin kalau boleh tau butuh berapa lama dan admin translate dari bahasa apa? (Rasa ingin tahu)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ada kerjasama dengan web translate lain untuk vol 12.

      Dari english.

      Kalau niat ya 1 chapter 1 hari.

      Saya posting disini dulu yang saya translate untuk web tersebut (estimasi mungkin 1 chapter saja). Setelah itu saya kerjakan sendiri sisanya dan posting disini.

      Terimakasih atas pujiannya ^^ *terbang-terbang*

      Hapus
  3. hayouka thanks mind..tpi saya suka yg berbau romance ..
    ngomng² Admin lgi translate Vol 12 Yah..Saya Tunggu update vol 12 nya.. Terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. volume 12 belum rilis bos, jadi kata "lagi" sepertinya kurang tepat ahahaha

      Hapus
  4. min next project jadinya translate LN apaan nih?? Klo boleh, saya ngerekomendasiin LN Youkoso Jitsuryoko Shijou. Banyak yg bilang LN nya bagus. Oh iya, animenya juga lagi tayang musim ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada beberapa kandidat, yang menahan saya untuk mengambil keputusan adalah volume 12 oregairu, jadi enggak ini......

      Hapus
  5. hahah..saya sebanarnya cuma menebak saja atau lebih tepatnya bercanda..hah..meski begitus..
    Saya tunggu Rillis And tranlatnya..Thanks mind..udh selalu update

    BalasHapus
  6. Min yang special review episode 12 ada kah?? Penasaran sm pas di adegan bikin kue

    BalasHapus
    Balasan
    1. episode 12-nya menunggu "wangsit" dari atas...

      Hapus
  7. Min, post tentang ending yg diharapkan menurut admin pribadi. (ngayal gitu)

    BalasHapus
  8. Min coba translate novel utsuro no hako, katanya sih bagus, belum baca juga sih. Lihat dirating salah satu situs nyampek 9,04

    BalasHapus