Minggu, 21 Mei 2017

[ FOR FUN ] Oregairu : Disney Land's Scene...(1/2)




Topik yang akan dibahas kali ini adalah topik Disney Land, ada di volume 9 chapter 7 dan chapter 8. Saya sengaja bagi menjadi dua bagian, dimana bagian pertama adalah tempat-tempat yang ada di adegan light novelnya. Sedang bagian kedua, kita akan mencoba membahasnya lebih jauh dari sisi cerita light novel.

Dalam light novel, Watari memakai istilah Destiny Land untuk mengganti Disney Land, tentunya kita mengetahui alasannya, yaitu perijinan. Meski begitu, kita tahu itu merujuk tempat apa.

Jadi, apakah anda siap?





LOKASI


Tokyo Disney Land berdiri pada 5 April 1983. Meski namanya memakai awalan Tokyo, sebenarnya lokasinya berada di Chiba. Stasiun Maihama terkoneksi langsung dengan gerbang masuk Disney Land.




Sebenarnya, yang dibangun adalah Tokyo Disney Resort. Nah, tempat ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu Disney Land dan Disney Sea. Secara umum, Disney Sea tempatnya atraksi-atraksi bertema lingkungan aquatik dan berbatasan dengan laut, semacam Petualangan Sinbad, Nemo & Friends, dll.

Untuk Disney Sea, bisa anda baca di seri [A] volume dan chapter terakhir. Namun, karena yang kita bahas adalah volume cerita original, kita akan membahas Disney Land.





STASIUN MAIHAMA


Oke, pertama adalah Stasiun Maihama. Memang di anime dan light novel tidak digambarkan dengan detail. Lagipula memang tidak penting untuk ditampilkan.


Stasiun ini beroperasi tahun 1988, dan total penumpang yang turun ataupun masuk ke Stasiun ini pada 2016 berjumlah 76rb. Kalau anda dari Tokyo, bisa menumpang Keiyo Line dengan tarif sekitar Rp 15.000 - Rp 60.000 dengan waktu perjalanan sekitar 19 menit. Sedang kalau dari Kota Chiba bisa menumpang Keiyo Line dengan tarif Rp 60.000 - Rp 105.000 dengan waktu tempuh 44 menit.


Yep, sebenarnya adegan di atas berada dalam perjalanan kurang lebih 44 menit. Tapi tentunya Yukino dan Yui turun lebih dulu karena Apartemen Yukino ada di dekat Stasiun Kaihin-Makuhari. Tentunya Hachiman harusnya turun disana juga dan naik bus ke rumahnya. Tapi, Iroha yang turun di stasiun kota Chiba memaksa Hachiman untuk tetap menemaninya.






GERBANG TOKYO DISNEYLAND


Sekarang, masuk ke gerbang. Disini, kita pasti punya pertanyaan, sebenarnya berapa sih tiket masuk dan jam bukanya?

Tiket masuk untuk sehari sekitar Rp 860.000, termasuk gratis beberapa atraksi. Artinya, ada beberapa atraksi yang tetap membayar untuk menikmatinya. Dalam cerita, Yukino dikatakan memiliki tiket tahunannya. Tiket tahunan untuk Disney Land saja, sekitar Rp 7.500.000, harga sama untuk tiket tahunan Disney Sea. Tapi, jika anda hendak membeli tiket tahunan dengan akses Sea dan Land, sekitar Rp 11.000.000.

Jam buka? Biasanya antara jam 8 pagi hingga jam 10 malam.





POHON NATAL RAKSASA




Soal pohon Natal raksasa, di Disney Land sendiri memang benar adanya.







ATRAKSI SPACE MOUNTAIN




Err, kurang lebih gambaran kedua tempat tersebut sama lah...






Durasi atraksi Space Mountain ini sekitar 3 menit. Satu roket bisa membawa 12 penumpang. Tobe bersama Hayama, Miura dengan Iroha, Yui dengan Yukino, dan Ebina dengan Hachiman.


Untuk di peta Disney Land, lokasi Space Mountain ada di tanda bintang.

Ini semacam atraksi dimana roketnya bergerak dengan kecepatan tinggi, dan disuguhi visual efek yang luar biasa.






PAN-SAN BAMBOO FIGHT


Meski cerita dan latarnya mirip Kungfu Panda, atraksi ini sebenarnya tidak ada.






PARTY GRAS GIFTS




Toko aksesoris yang ada di light novel dan animenya. Jika melihat setting ruangannya, kemungkinan besar itu adalah Toko Party Gras Gifts, berada di sektor Adventure Land.







Setting di anime mungkin mengambil toko ini dan mengubah dekorasinya dengan tema Pan-San.





SPLASH MOUNTAIN




Terkendala perijinan, Watari menulisnya sebagai Spride Mountain, kadang beberapa translasi tetap menulisnya sebagai Splash Mountain, seperti di Blog ini yang tetap menggunakan Disney Land daripada Destiny Land.





Atraksi ini sekitar 10 menit. Sebenarnya, perahunya muat 8 orang. Tapi dalam versi LN, Anime, atau Manga settingnya untuk 2 orang. Mungkin untuk mengesankan romantis karena durasi atraksinya sendiri cukup lama (10 menit) daripada atraksi lainnya.

Tema hiburan di atraksi ini berdasarkan film Disney yang berjudul Song of South. Versi Watari menggantikannya dengan robot2 atau sejenisnya. Ketika perahu jatuh dari air terjun, ada kamera dari pihak Disney yang mengambil gambar, jadi pengunjung bisa membeli foto tersebut ke staff Disney.





KEMBANG API KASTIL CINDERELLA




Setiap malam, ada festival kembang api yang menghiasi White Castle, Err sebenarnya ini adalah kastil Cinderella. Durasi kembang api sekitar 5 menit. Diawali dan diakhiri oleh rentetan lagu khas Disney.






THE MYTH


Oke, ini bagian paling menariknya. Ada beberapa mitos tentang Tokyo Disney Land ini. Saya coba pilihkan beberapa yang menarik.

Ada mitos kalau kencan pertama anda berada di Tokyo Disney Land, konon katanya tidak lama kemudian akan putus. Seperti kata Hachiman di vol 7 chapter 7, mungkin ini dikarenakan antrian atraksi yang panjang membuat anda dan pasangan anda frustasi.

Namun, jika anda mencium pasangan anda di kencan pertama tersebut tepat di depan kastil Cinderella, maka hubungan anda akan langgeng. Well, setidaknya ini memberikan gambaran apa yang akan dilakukan sepasang kekasih jika memilih Tokyo Disney Land sebagai lokasi kencan mereka.


Ada cerita horor tentang atraksi rumah hantunya. Konon katanya, tempat itu benar-benar berhantu dan memiliki satu hantu penunggu.




x BTW selamat berakhir pekan! x

2 komentar:

  1. Keren gan, agan bisa review sedetail itu. Agan tinggal di jepang ya??

    BalasHapus