Selasa, 30 Juni 2015

[ TRANSLATE ] Oregairu Vol 7.5 Side Story 2 : Tentunya, sifat baik Hikigaya Hachiman sedang diuji

  Translate ini akan berlanjut hingga vol 7.5 side story 3, dan diikuti translate volume 6.5 chapter 1. Vol 6.5 chapter 1 berisi awal mula Hiratsuka-sensei membuka e-mail konseling dan bagaimana sibuknya Klub Relawan pada awal mula menangani banyaknya request konsultasi tersebut. Sungguh menarik melihat sisi lain dari cerita Oregairu, dan memang kadang kala volume.5 memang mencerminkan sisi dari Rom-Com itu sendiri.



  

  Suasana musim gugur terlihat semakin kental, salah satunya dengan banyaknya daun berubah warna menjadi kemerahan. Tanda perubahan cuaca seperti itu bisa dilihat dengan mata, meski hanya sepele. Akupun bisa melihat perubahan kecil di klubku sekarang.

  "E-mail Konsultasi Permasalahan Kota Chiba~!"

  Yuigahama nampaknya sedang bersemangat, menyebut judul webnya dengan cara yang aneh. Tidak hanya menambahkan hentakan suara seperti drum, dia juga sesekali bertepuk tangan. Tetapi, diriku dan Yukinoshita hanya menatapnya dingin.

  Ini yang kumaksud tadi dengan perubahan kecil. Hiratsuka-sensei menugaskan Klub Relawan untuk menangani e-mail konsultasi yang masuk. Kegiatan ini, adalah sebuah kegiatan yang digagas sendiri olehnya.

  Tetap semangat seperti biasanya, Yuigahama membaca sebuah e-mail dengan keras-keras.

  "Mmkay, e-mail konsultasi pertama yang masuk berasal dari kota Chiba, nama pengirimnya : Aku sedang galau."

  Apa orang ini tahu gunanya fitur nama pengirim? Yang ditulis tadi seperti judul isinya saja. Disana sudah tertulis "Tolong baca petunjuknya dengan baik", nampaknya si pengirim adalah type orang yang tidak mau susah-susah untuk membaca hal seperti itu. Tch, tidak ada saran apapun untuk orang yang tidak mau mematuhi aturan dalam mengirim e-mail. Bahkan aku merasa tidak bersemangat untuk mereply-nya.

[ Aku Sedang Galau ]
Sekarang kakak tingkatku sudah pensiun dari klub, dan aku menjadi ketua dari klub tenis. Bagaimana aku membuat semua orang mengikuti instruksiku? Kalau ada hal-hal penting yang harus kuperhatikan, tolong beritahu aku. Aku sangat menantikan jawabanmu.

  ...Hahaha, aku tahu. Jadi orang ini salah paham dan mengira kolom nama pengirim adalah kolom mengisi isi surat. Ya ampun, membuat kesalahan selugu ini, kesalahan sekecil ini, tidak ragu lagi orang ini sangat imut ketika sedang galau.

  "Baiklah, ayo kita jalankan pertunjukan kita dan jawab masalah ini!"

  "Kenapa dia tiba-tiba bersemangat seperti itu..."

  Mengesampingkan keterkejutan Yuigahama, aku langsung berinisiatif untuk memulai diskusi secepatnya dan segera menemukan solusinya.

  "Oke, pertama-tama, Yukinoshita sebagai ketua Klub. Pendapatmu?"

  "...Jika tidak keberatan dengan pendapatku, beri aku waktu sejenak untuk berpikir."

  Sekali Yukinoshita, yang dari tadi hanya membaca buku dan tidak peduli dengan apa yang terjadi di ruangan ini, namanya dipanggil, dia langsung menutup bukunya dan berpose seperti orang yang sedang berpikir.

  "Pertama-tama untuk memperoleh kontrol adalah menunjukkan keunggulan dari posisimu sekarang. Setelah kau berada di puncak, ikuti dengan menekan mereka, memanipulasi informasi, dan mengadakan pembersihan politik. Jika kamu melaksanakan itu dalam setahun, seharusnya cukup untuk membuat mereka mematuhimu."

  Yukinoshita mengatakannya dengan senyum. Tahukah kamu kalau senyummu tadi sangat menakutkan?

  "Hmm, tapi bagaimana kenyataannya? Maksudku kalau tipe kepemimpinan seperti katamu barusan, memang terkesan sangat bagus, tetapi kalau kau melakukannya terlalu jauh, orang-orang di sekitarmu akan membencimu."

  "Memang benar. Maksudku, ada ketua klub di luar sana yang melakukan kegiatannya berdasarkan apa yang dia sukai dan kadangkala agak berlebihan, dan tidak mencerminkan kepemimpinan. Tidak lupa kalau dia sendiri kurang populer."

  "Bisakah kamu tidak menatapku ketika mengatakan hal barusan...?"

  Yukinoshita mengatakannya dengan cemberut. Aku terkejut, ternyata dia juga peduli dengan sikapnya selama ini...Kalau kau peduli, maka segera perbaiki sikapmu.

  "Begini saja, kita jawab saja dengan 'pemimpin itu adalah orang yang menghadapi banyak masalah untuk diselesaikan!"

  Ketika Yuigahama menengahi pembicaraan kami, dia mulai menulis jawaban e-mail tadi.

[ Reply ]
Seorang ketua klub tidak hanya harus berdiri di depan dan menjadi pemersatu anggota lainnya. Tetapi juga sebagai motivator anggotanya. Tetapi kalau kau melakukannya terlalu jauh, bisa berakibat mereka akan meninggalkanmu. Jadi, ingat itu baik-baik dan lakukan yang terbaik!

  Oke, berarti kasus ini kita anggap selesai. Lanjut ke e-mail selanjutnya, Yuigahama membacanya dengan keras-keras.

  "Umm, e-mail selanjutnya adalah... berasal dari kota Chiba, nama pengirim : Shogun yang ahli bermain pedang."

  Orang ini lagi...Karena orang ini sudah menjadi semacam pelanggan tetap, aku terlihat senang namun tidak berdaya, jadi kumohon hentikanlah mengirim e-mail.

[ Shogun Yang Ahli Bermain Pedang ]
Aku dengar dari internet, kalau menulis dalam bahasa Jepang akan membuatku meraih juara pertama Penulis Light Novel debutan terbaik tahun ini, tetapi kupikir bukan itu saja masalahnya. Sumbernya adalah aku sendiri. Tolong jelaskan secara detail bagaimana aku menjadi juara pertama.

  Setelah membaca email itu, Yukinoshita menunjukkan ekspresi wajah yang bingung.

  "Seharusnya dia memperbaiki tata bahasanya dalam menulis e-mail ini dahulu...?"

  "Apa yang ditulis di e-mail maksudnya sangat membingungkan..." kata Yuigahama.

  Aku cukup yakin tingkat bahasa Jepangnya berada di level yang sama denganmu.

  "Intinya, dia bertanya bagaimana ketika dia melakukan debut sebagai pengarang novel dan bisa terpilih menjadi penulis light novel debutan terbaik di tahun yang sama."

  Aku menjelaskan maksudnya dan membuat ekspresi kemenangan ke arah Yuigahama. Ekspresiku hendak meminta pendapatnya, tetapi dia membuat ekspresi wajah yang cukup menjengkelkan.

  "Eeeh? Bukanlah e-mail seperti ini adalah keahlian Hikki? Biar Hikki yang menjawabnya."

  Yukinoshita mengangguk, memberi tanda setuju.

  "Memberitahukan kepadanya secara jujur juga salah satu bentuk kepedulian kita."

  Setelah Yukinoshita mengatakan kalimat itu, dia mengalihkan pandangannya ke buku di tangannya dan melanjutkan kegiatan membacanya.

  Jadi, bagaimana kalau begini? Aku menggeser laptop tersebut ke dekatku dan menulis jawabannya.

[ Reply ]
Hanya karena karyamu kurang diakui oleh pembaca, bukan berarti editor light novelmu yang salah. Teruslah percaya diri dan maju ke depan dengan menjadi dirimu sendiri. Lanjutkan mengejar mimpimu sampai saat terakhir tanpa menyerah, seakan-akan kau akan hidup selamanya.

  Setelah puas menulis jawabannya, aku memperhatikan sesuatu. Arti kata yang mirip dari 'saat terakhir' dengan 'sampai mati' adalah maksud utama jawabanku tadi.

  "Oooh, sangat bagus Hikki."

  "...Kebaikanmu tadi sungguh kejam."

  Yuigahanma yang melihat jawabanku secara lugu terkejut, sedang Yukinoshita secara perlahan melihatnya dengan tatapan yang sedih.

  Hmm, mari kita katakan saja kalau tidak semuanya yang terlihat baik, itu baik.
  

3 komentar:

  1. Kenapa cuman totsuka yang nggak pernah disindir haciman
    haciman curang dia selalu membela totsuka

    BalasHapus
  2. Kenapa cuman totsuka yang nggak pernah disindir haciman
    haciman curang dia selalu membela totsuka

    BalasHapus
  3. Dasar Double-StandarMan 😂
    Kalau Totsuka itu cewe... apakah Hachiman akan berpaling dari Yukino?

    BalasHapus