Well, untuk cap 80 sendiri saya tidak memiliki target guide apapun. Namun rencana awal saya memang tidak akan menulis guide Red Dragon Nest karena merasa buang-buang waktu. Mungkin beberapa guide nest disini bisa berguna kelak di level 80 anda. Kalau hendak diskusi tentang class ataupun hal lainnya, bisa add friend FB saya disini. Untuk WhatsApp / Line / BBM sengaja saya off-kan karena Handphone saya menjadi pasien charger akibat terlalu banyak PM via aplikasi tersebut. Well, good luck on your journey!
COMPLETE GUIDE
VOLCANO NEST
Saya tidak akan menuliskan darimana anda mendapatkan tiket nest ini.
( yang benar saja! ), line up apa yang cocok anda gunakan, dan
lain-lain. Line Up party adalah hak ketua party. Akan ada efek burn
dimana-mana, dan pesta stomp di beberapa stage. Saya membuat beberapa
rekaman skill boss yang harus anda lihat, karena saya rasa penting untuk
dipelajari. Beberapa gerakan di video sangat berbahaya untuk dicoba GM
pemula, jangan ditiru kecuali anda tahu apa yang anda lakukan! Lets
start the game!
Video Full Stage
Full Run versi 'pemula'
STAGE 1
LIZZARD AND F*CKING GIANT SPYDER
WHAT YOU SHOULD KNOWS...
Lizzard dan Spyder memiliki all elemental resist 0%.
Awal stage, akan spawn
Lizzard. Ketika memasuki bar x2 party akan diteleportkan di area lain
dimana di area tersebut ada Giant Spyder ( tanpa F*CKING ). Ketika
Spyder mati, maka akan tersummon tangga menuju area dimana Lizzard
berada. Setelah itu, party akan melawan Lizzard dan 10 detik kemudian
akan spawn lagi Giant Spyder. Lizzard tewas, maka Spyder akan otomatis
mati. Apabila Spyder mati, tidak akan mempengaruhi Lizzard karena Spyder
adalah summon dari Lizzard.
Per satu bar habis akan ada mekanisme stage. Gagal berarti wipe out alias TKO.
Mekanisme stage bisa dicancel oleh Mecha Siren apabila terdapat ice layer tersisa di monster ketika cast mekanik stage. Ataupun dengan MechaShock - Electrocuted Effect.
Semua monster di stage
ini maupun di seluruh stage Volcano Nest memiliki serangan critical.
Jangan kaget apabila serangan yang seharusnya 30%-40% HP loss bisa
sekarat ataupun one hit KO.
Nyahahaha ( keterangan gambar macam apa ini! )
Lizzard
summon pillar hitam. Pillar hitam ini memberikan aura -20% defense dan
attack bagi party yang berada di AoE. Hancurkan pillar tersebut
secepatnya.
Lizzard kehilangan satu bar, siap-siap mekanik stage!
Knockback disertai time stop!
Lizzard
mengurung dirinya dengan pillar. Dalam 10 detik sejak pillar tersummon,
area luar pillar akan meledak dan one hit KO. Satu-satunya cara untuk
selamat adalah hancurkan pillar dan masuk ke dalam. Lizzard di dalam
pillar akan cast jampi-jampi, apabila kita berada di dekat Lizzard maka kita menerima buff anti ledakan.
Namun
sayangnya, tidak semua pillar bisa dihancurkan. Hanya satu pillar yang
bisa hancur, yaitu yang berwarna hitam. So, kalian harus cari dahulu
pillar yang berwarna hitam lalu hancurkan.
Masuk
dan menerima buff anti ledakan. BTW, class Bringer bisa langsung masuk
ke area ini tanpa menghancurkan pillar dengan cara lompat + Plasma Burst
ke arah tengah lingkaran pillar.
Pillar meledak, dan party selamat karena menerima buff anti ledakan.
Masuk bar kedua, mekanik lagi. Lalu setelah itu party diteleport ke daerah dimana ada Spyder.
Nyahaha
Spyder mati.
Ada tangga yang membantu kita kembali ke area atas dimana Lizzard berada.
Lizzard dan Spyder sekarang berada di satu area.
Ketika
Lizzard mati, akan ada herbal untuk cure burn satu per member party.
Herbal ini cukup membantu kita untuk cure darurat. Setiap boss stage
mati ( kecuali Phoenix ) akan ada herbal cure untuk member party. Satu
herbal per orang.
STAGE 2
ANGRY LUGA HULK
Hulk memiliki ice resist 20% dan Light / Fire / Dark resist 0%.
Gerakannya hampir mirip dengan Hulk Prof K, so lebih familiar kita sebut Hulk saja.
Stomp auto destroy summon.
Confusing run clear buff dan summon.
Burn di stage ini bisa
stack sampai 2 lapis. Per burn damagenya 190K - 220K per tics dengan
durasi 10 detik. So, kalau HP anda 1 juta dan dalam 6 detik tidak di
cure maka anda akan tewas.
Lava di sekeliling map ( batas map ) mengakibatkan burn.
Mekanisme stage per
satu bar habis. Ketika mencapai last bar, akan berulang per 40 detik
sekali setelah mekanisme pergantian bar terjadi.
Mekanisme stage yaitu
Hulk akan summon batu api di posisi jam 2 / 6 / 9 map. Ketika solo, akan
summon satu batu api di posisi random dari 2/6/9. Ketika berdua, akan
summon 2 batu api di posisi 2 dan 9. Ketika bertiga ataupun berempat,
maka batu api akan tersummon di 2/6/9. Tugas member party adalah
mendorong batu api tersebut ke pinggir map, mirip cara mendorong barrel
di awal Worm DDN. Sepuluh detik sejak tersummon, ada minimal satu batu
api masih berada di map alias tidak berada di lava pinggir map, maka
party wipe out.
Triple stomp bisa dihindari dengan iFrame, sedang Stomp biasa Hulk tidak.
Ketika Hulk teleport ke tengah map dan masih ada ice layer menempel di Hulk. Mecha Siren bisa menggagalkan mekanisme stage ini.
Mecha Shock dan Mecha Siren bisa menggagalkan mekanik stage.
Video Stomp Hulk, bagi pembaca yang ingin mencari timing lompatnya.
Triple stomp Hulk. Jangan ditiru adegan MM berikut kecuali anda tahu apa yang anda lakukan! Dodge dengan melompat!
Nyahahaha
Kaki
kanan Hulk menghentak tanah artinya summon fire tracer. Di random spot
map akan tersummon beberapa sumber api statis, efek burn dan damage
ketika menabraknya. Lalu ada 1-2 member party dikejar oleh api, mirip
tracing explosionnya Manticore DDN. Efek burn dan damage ketika ditabrak
api tersebut.
Hulk teleport ke tengah tanpa aura merah, pasti confusing roar.
Seluruh
member party akan berlari ke arah pinggir map dengan durasi 4 detik dan
bisa dicancel dengan ADAD. Namun apabila posisi anda berada di pinggir
map ketika itu terjadi, pastikan anda segera ke area aman map lalu
meminta cure atau memakan herbal cure.
Teleport ke tengah dengan aura merah, mekanik stage!
Tak ada yang istimewa, dorong batu api ke pinggir map.
STAGE 3
FLAME FLOWER STALKER
Aturan utama di stage ini... JANGAN CAST SKILL ATAU HIT KRISTAL API DI MAP.
Setiap kristal api yang
hancur, akan menaikkan bar amarah Stalker. Per 60 detik Stalker akan
cek bar amarahnya. Ketika mencapai titik tertentu, akan ada penalti ke
seluruh member party. Bar emosi si Stalker bisa diturunkan apabila
Stalker berada di genangan lava.
Ada 3 lokasi genangan
Lava di map, yaitu jam 12 / 4 / 8 map. Namun hanya ada satu lokasi
genangan yang tidak memiliki lava. Dalam tempo waktu tertentu, lava akan
muncul dan di spot lain lava akan turun dan kosong. So, member party
akan aktif berpindah tempat pertarungan. Karena pertarungan di map yang
penuh kristal api akan merugikan.
Apabila ada Bringer,
minta offkan Ninja Cat. Untuk Engineer, off Bebek. Disini, kualitas
seorang Gearmaster akan diuji dimana kemampuan handling summon yang baik
harus dilakukan. Baik cara menaruh tower ataupun kontrol akan Alpedo. Tapi apabila GM anda yakin bisa menghandle summon, silakan beri kebebasan untuk mengatur summonnya sendiri.
Kristal bisa hancur
pula oleh serangan Stalker sendiri. Pastikan anda pancing Stalker menuju
spot lava yang kosong sehingga menghindari kristal yang hancur.
Light resist Stalker 20% dan elemen lainnya 0%.
Ledakan yang diakibatkan bar - emosi Stalker, apabila ledakan bukan full bar emosi, bisa ditahan dengan menggunakan ulti dari tree LF.
Mecha Siren ( plus ice layer ) dan Mecha Shock bisa menggagalkan cek bar Stalker.
Cukup simple... apa yang akan terjadi dengan anda apabila Stalker cek bar.
Nyahahaha!
Cari Spot lava yang kosong...
Disini
saya set sendiri bagaimana cara bermain GM di stage ini. Bisa anda tiru
apabila anda user GM. Summon tower berada di pinggir, Alfredo tersummon
tanpa stomp. Dan anda HARUS benar-benar kontrol Alpedo anda agar tidak
offisde ke area kristal api.
Ketika
spot lava yang kosong ada tanda-tanda api muncul dari lantai, segera
lari ke tengah map dan mencari area kosong lagi. Karena sebentar lagi
lava akan muncul di area ini.
Stalker cek bar emosinya...
Memasuki
bar terakhir, Stalker menandai satu member party dan cast charging.
Member yang ditandai harap bersiap dan party memberikan area menghindar
yang cukup.
Charging! Skill-skill Stalker lainnya saya kira cukup mudah untuk dihindari.
STAGE 4
KRONOS
Memiliki Dark Resist 20%, elemen lainnya 0%.
Mekanisme stage per
satu bar habis. Ketika memasuki last bar, mekanik stage berulang tiap 40
detik sekali. Kronos summon 3 pillar di posisi jam 1 /5 / 10 map.
Kronos akan menembakkan bola api ke random target. Random target akan
dibidik dengan beberapa garis laser beruntun. Setelah laser terakhir,
Kronos menembakkan bola api. Bola api tersebut dapat menghancurkan
pillar. Total akan ada 3x tembakan. Karena akan ada 3 pillar, maka
apabila satu tembakan meleset alias tidak terkena pillar, maka party
akan wipe out.
Memasuki x2.5 sampai
mati, Kronos bisa summon 4 Fire Soul dan akan terdiam di posisinya.
Ketika skill ini terjadi, semua summon akan otomatis mati. Disini
triknya, hit 4 Fire Soul dahulu dengan serangan biasa. Ketika 4 Fire
Soul habis, maka Kronos akan stun dan bisa di hit lagi. Namun apabila
dalam proses ini Kronos terkena minimal satu hit antah berantah dan ada
minimal 1 Fire Soul masih hidup, maka satu party akan Wipe Out.
Memasuki x2.5 Kronos
akan cast bola hitam ke random member. Memberi aura yang akan membunuh
siapa saja yang didekat aura tersebut kecuali player yang terkena aura.
Player yang terkena aura disarankan menjauh sampai aura habis.
Alfredo / Bebek /
Kucing Ninja dapat dijadikan random target ketika mekanik stage.
Pastikan GM anda memiliki skill handling summon yang baik. SOP saya
sebagai GM di stage ini yaitu : No Mecha Duck, Stop Tower ketika hendak
ganti bar. Off Alpedo ketika mekanik di cast. Di Nest ini saatnya anda
buktikan apakah anda seorang Gearmaster oplosan atau Master of Summons.Sudah saya buktikan sendiri, tidak masalah summon apapun. Bisa cek video pertama untuk pembuktian.
Apabila mekanisme pillar gagal, anda dapat menggunakan ulti LF untuk menahan damage ledakannya. Damage yang diterima sekitar 800k - 1 juta.
Mekanisme mirror bisa digagalkan dengan Electrocuted Mecha Shock ataupun Mecha Siren ditambah Ice Layer.
Buat yang masih bingung dengan mekanisme stage ini
Salah
satu skill berbahaya Kronos. Perhatikan cara dodgenya dan tanda Kronos
akan cast skill ini selalu diawali dengan hentakan kaki. Arah Cleaves
tidak paten dari satu spot, Fire Cleaves bisa muncul dari arah mana
saja.
Kira-kira
AoE bola api sebesar 2 - 2.5 meter. Berapa jauh 2 meter? Kita taruh
simple saja, tinggi academic merupakan tinggi rata-rata usia gadis
berumur 13 tahun. Sekitar 1,3 meter.
Nyahahaha
Fire Breath... Silence + Damage
Tongkat menghujam tanah, Fire Rain!
Fire Rain mengincar posisi terakhir tiap player. Cukup mudah, bergerak terus maka akan selamat.
Mekanik stage
Fire Soul...
FINAL STAGE
PHOENIX LAVANOK
Phoenix memiliki Fire Resist 30%, elemen lainnya 0%.
Stomp... stomp... stomp everywhere!
Mekanik Stage Rotating Breath akan berulang per satu bar habis. Untuk last bar, mekanik akan berulang tiap 30 detik sekali.
Saya akan menjelaskan detail-detail via video agar lebih mudah dimengerti. Stage ini adalah horor bagi Sorceress.
Mekanik summon 3 Crocodile dan Rotating Phoenix Breath bisa dicancel Mecha Shoock - Electrocuted dan Mecha Siren dengan bantuan ice layer.
Oke basic info, seperti ini gaya si Phoenix sebelum stomp. Perhatikan timingnya.
Phoenix
terbang vertikal ada 2 kemungkinan. Pertama langsung stomp seperti
video stomp. Lalu yang kedua adalah cast Tornado. Tornado mengincar
random player, dan terkadang di tengah pengejaran Phoenix merubah
targetnya. Tornado selalu diakhiri Phoenix dengan teleport ke tengah map
dan Stomp!
Terbang
dan paruh phoenix mengeluarkan angin dengan posisi charging. Phoenix
akan menyemburkan api dari sisi kanan ke sisi kirinya. Semakin habis bar
HP Phoenix, maka AoE sudutnya semakin luas mendekati 180 derajat. Area
aman hanya di belakang Phoenix.
Phoenix charging. Efek apabila tertabrak skill ini yaitu damage dan debuff defense -20% selama 30 detik.
Memasuki
x3 sampai mati Phoenix akan mengumpulkan player di bawah kaki Phoenix plus
knockdown. Lalu memberi player buff black aura. Black aura perlahan
membesar, dan member party selain yang terkena tanda aura tersebut
berada di AoE akan instant kill ( termasuk summon ). Ketika di party 3 -
4 orang, kadang hanya 2 -3 orang saja yang terkena tanda. Namun tidak
jarang keempat-empatnya terkena tanda sekaligus. Skill ini berulang
sekitar 40 - 50 detik sekali. Simple, tugaskan 1 orang damager di party untuk tetap berada di kaki Phoenix dan melakukan free hit. Lainnya, anda perintahkan untuk saling menjauh.
Phoenix
setelah selesai Rotating Breath ( RB ) akan stop di arah jam 4 map dan
dengan cepat menuju tengah map. Setelah itu Phoenix cast stomp. Simple,
ketika fire breath berhenti anda langsung melihat ke arah jam 4 dan
lihat pergerakan Phoenix menuju map dan stomp.
Memasuki
last bar, phoenix cast invicible charging. Phoenix akan menghilang dan
bersembunyi di salah satu spot map. Summon bisa melacak posisi Phoenix.
Disini saya mencoba meletakkan standard aksi untuk GM dalam situasi ini.
Bergerak ke seluruh map dengan Mecha Duck dan Alpedo, tunggu Alpedo dan
Bebek bereaksi maka disitu posisi Phoenix bersembunyi. Summon semua
yang anda bisa. Dan jangan lupa, hindari laser Phoenix. Laser berakhir
dan Phoenix akan terlihat di map, namun tidak lama kemudian akan Stomp!
Beginilah
mekanisme RB Phoenix. Posisi paling jelek berada di C karena kita
harus memutar view hampir 180 derajat untuk melihat Phoenix. Ada pula
tips langsung melihat map apabila ada di posisi C, lihat tengah map dan
lihat gerakan Phoenix ketika telah tiba di tengah map. Posisi terbaik
berada di A karena ketika breath berakhir view anda sudah melihat ke
arah jam 4. ,maka anda bisa melihat jelas semua pergerakan Phoenix
menuju mid dan stomp. Posisi biasa yaitu di B, anda hanya perlu
menoleh ke arah kanan ketika RDB berakhir untuk mengikuti pergerakan
Phoenix. Dimana posisi anda? Tentukan secara bijak!
Nyahaha gambar macam apa ini...
Jangan khawatir, kita akan pesta stomp disini.
Shield
Crocodile selalu mengarah ke Phoenix. Namun ketika Phoenix mencapai
arah jam 4, Crocodile akan berputar tak tentu arah ( ciee ). Yang tepat,
anda ikuti sumber api RB sambil berlindung di aura anti apinya.
Dari view posisi A, saya bisa melihat gerakan Phoenix menuju tengah map.
Naik ke atas untuk stomp.
Stomp!
Invicible
Charging... Phoenix selalu cast laser dahulu baru diikuti charging
kloningannya. Phoenix yang asli tidak terlihat oleh mata di posisi map.
Namun summon bisa hit dan mencarinya.
Phoenix off dari status invisible dan langsung cast Stomp!
Stomp!
Oh satu lagi, Phoenix bisa cast clear buff 1 map. Cooldown sekitar 40 - 50 detik sekali.
Tidak
ada guide Volcano dengan GM sebagai PoV, disini saya menyusun sendiri
standard prosedur GM di VN. Kepada user GM, gunakan skill-skill yang
anda pelajari di guide 70 dan sedikit improvisasi. Akhir kata, Happy
Dragon Nest^^